Mad Kharfi

26 Oct

Saudaraku…

Mad kharfi adalah bacaan panjang pada khuruf  MUQOTHO’AH. Khuruf Muqotho’ah adalah khuruf yang dibaca sebagaimana nama khurufnya. Khuruf Muqotho’ah terdapat pada ayat pertama surat-surat tertentu sebagai pembuka surat. Oleh karena itu khuruf muqotho’ah juga disebut fawatikhus suwar.

Secara garis besar, khuruf muqotho’ah dibaca dengan 3 pola sebagai berikut:

Pertama : Tidak ada mad (pemanjangan suara) yaitu khuruf ALIF. Khuruf ALIF sebagai khuruf muqotho’ah dibaca dengan bunyi “ALIF” dengan 3 ketukan (karena terdiri dari 3 khuruf).

Kedua : Mad sepanjang 2 ketukan, terjadi pada khuruf-khuruf berikut:

Ketiga : Mad sepanjang 6 ketukan, terjadi pada khuruf-khuruf berikut:

Contoh ayat yang mengandung khuruf muqotho’ah adalah:

 

Khuruf berwarna merah dibaca dengan durasi 2 ketukan, sedangkan khuruf berwarna biru panjangnya 6 ketukan.

Saudaraku…

Bagaimana cara membedakan khuruf yang dibaca 2 ketukan dan 6 ketukan ? Perhatikan bedanya !  Khuruf-khuruf yang apabila dituliskan namanya, ia terdiri dari 2 khuruf, maka ia dibaca 2 ketukan (seperti : RO, HA, YA, THO dan KHA). Khuruf-khuruf yang apabila dituliskan namanya, ia terdiri dari 3 khuruf, maka ia dibaca 6 ketukan (seperti : NUN, QOF, SHOD,  ‘AIN, SIN, LAM, KAF dan MIM).  Hmmm…. mudah bukan ?

Secara terperinci, Mad Kharfi terdiri atas 3 macam mad: yaitu Mad Lazim Mukhoffaf Kharfi, Mad Lazim Mutsaqol Kharfi dan Mad Thobi’i Kharfi.