Tag Archives: tajwid

Pelatihan SOP Tartil – Tanpa Menghafal Ilmu Tajwid

25 May

 

Pelatihan SOP Tartil – Tanpa Menghafal Ilmu Tajwid

Terbukti  Cepat, Praktis dan Efektif

Mudah dipahami dan diaplikasikan, kepala jadi ngga NGEBUL karena pusing menghafal teori ilmu tajwid.

(Belajar dari NOL – Khusus DEWASA)

 

HANYA 8 PERTEMUAN @ 2 JAM

 

 

Dibimbing langsung oleh Abi Supriyono

Perumus SOP Tartil Metode Ketukan

HP/WA/Telegram : 083 807 347 267

GOAL PELATIHAN:

Anda bisa membaca Alqur’an standar Internasional, Alqur’an Rasm Utsmani.

Paham dan bisa mengaplikasikan SOP Tartil

Mahir membaca Alqur’an dengan praktek Tajwid yang benar (walaupun tidak mengerti teori Ilmu Tajwid).

LAMA PELATIHAN:

8 kali tatap muka @ 2 jam

(Boleh mengulang GRATIS bila anda tertinggal atau belum menguasai pelajaran)

WAKTU BELAJAR:

Tiap Sabtu dan Minggu

Termin 1 : Pukul 09.00 – 11.00

Termin 2 : Pukul 13.00 – 15.00

(Bila pilihan waktu tersebut kurang cocok, komunikasikan kepada kami)

TEMPAT BELAJAR:

Majelis Tartil Alqur’an (MTQ) Bina Alqur’an

Jalan Curug Raya no. 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug

Kec. Bojongsari, Depok.

(Peta dan rute klik di sini)

 

VOLUME KELAS:

20 siswa per kelas (usia dewasa, SMA ke atas)

KURSUS KIT

Selain bimbingan teknis langsung dari Perumus SOP Tartil Metode SQ, Peserta mendapatkan perlengkapan belajar sbb:

Buku Pelajaran Utama: SQ – SOP Tartil Alqur’an Rasm Utsmani
Jus 26 – 30 dengan simbol warna dengung

PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka setiap saat. Kelas Baru mulai belajar pada setiap awal bulan.

Pendaftaran hanya dilayani melalui email :

bina.alquran@gmail.com

(Kirim email berisi data diri anda beserta nomor telepon yang bisa dihubungi.  Terntukan pilihan waktu belajarnya, pada Termin 1 atau Termin 2. Lampirkan fotokopy KTP/SIM yang masih berlaku dan bukti transfer biaya pelatihan)

Mereka yang telah lebih dahulu mencoba Metode SQ

tesqmoni

 

Bimtek SQ 9 Blok M Bimtek SQ 9 Bl0k M

OUTPUT BIMTEK

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap
Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Semua siswa akan bisa membaca dengan teknik seperti ini:

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

Program menarik ini hanya  ada di MTQ Bina Alqur’an !

Jaminan MENGULANG GRATIS apabila anda GAGAL

Sedih lho… gini hari belum bisa baca qur’an….. !

Hayooo… dapatkan sensasi kebahagiaan selepas pelatihan ini. Insya Allah kamu akan rasakan pengalaman yang sangat indah seperti pengalamanku dahulu (dari belum bisa ngaji menjadi bisa lancar baca alqur’an) seperti berikut ini:

  • Aku menjadi semangat jadi ayah/ibu dan ga pelu panggil guru privat saat anakku nanya PR pelajaran IQRO baca alqur’an.

  • Aku menjadi berani duduk di shaf shalat jamaah terdepan, ga mojok lagi di shaf paling belakang.

  • Aku ga perlu lagi melirihkan suara bacaanku saat tadarrus bareng teman-temanku.

  • Aku ga takut lagi dikasih buku Yasin saat kenduren, ga ada alasan datang belakangan.

 

Karena itu…

 

  • Bagi kamu yang tiap hari pake topi haji tapi belum bisa baca alqur’an, segeralah berangkat ikut pelatihan ini.

  • Bagi kamu yang ragu pergi haji/umroh karena belum bisa baca alqur’an, jangan lewatkan kesempatan ini !

  • Bagi kamu yang kapok karena pernah gagal belajar alqur’an, jangan sia-siakan tawaran ini ! Mentalmu ‘down’ kaaan…, kalo denger ilmu tajwid ? Suerrr…. bersama Bina Alqur’an kamu ga harus ribed ngapalin teori ilmu tajwid. Belajar jadi praktis, simple dan sangaaaaat mudah !

  • Bagi kamu yang belum PD pakai jilbab karena belum bisa baca alqur’an, kamu harus ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu sering grogi dan gemeter akan di test baca alqur’an oleh calon mertua, kamu wajib ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu yang susah cari waktu/tempat untuk bimbingan belajar ngaji,  jangan lewatkan alternatif ini !

  • Kalo kamu minder/malu sama staf bawahan karena belum bisa baca qur’an, ga akan nyesel ikut hadir di pelatihan ini !

  • Kalau kamu bingung mau ngapain selepas pensiun, ga salah memilih nongkrongin program akhirat ini. Nikmati masa pensiun dengan banyakin ibadah membaca surat cinta Ilahi.

  • Naah… bagi kamu yang muallaf dan bingung cari tempat bimbingan ngaji yang cocok, pas banget nih kalo ikut bimbingan ini

 

Temukan Saudara baru kamu yang santun dan sangaaat kekeluargaan, hanya di basecamp boarding tartil Alqur’an, MTQ Bina Alqur’an.

Kamu pun menjadi bagian dari kami, Keluarga Bina Alqur’an, dan kami siap mendampingimu untuk bimbingan lanjutan pasca pelatihan.

Metode SQ, metode mutaakhir, metode tercepat untuk bisa lancar tartil membaca alquran.

Jangan salah bandingin ya…

Kami menginginkan anda mahir baca qur’an. Bacanya lancar dan tartil.

Emang ada si… yang nawarin 3 jam bisa baca qur’an.

Kami tidak jual iklan 3 jam bisa baca qur’an, karena nyatanya kemampuan mahir lancar tartil baca quran itu ketrampilan. Mustahil hanya dengan 3 jam belajar hal itu bisa dicapai. Kalo cuma ngerti, itu mungkin, tapi ya tetep aja bacaanya terbata-bata, gradal-grudul, apalagi bisa tartil !

Penawaran kami sangat realistis. Cukup sehari, 24 jam tatap muka, anda bisa mampu lancar tartil membaca alqur’an.

BUKTIKAN !

Advertisements

GRATIS PELATIHAN TARTIL 100 JAM

26 Feb

GRATIS……

PELATIHAN 100 JAM TARTIL ALQUR’AN

METODE SQ – SOP TARTIL MUSHAF RASM UTSMANI

(Boarding 2 Pekan)

 

Khusus Untuk Kamu,

Donatur/Peserta Wakaf Tanah/Bangunan

untuk Asrama Santri – Pesantren Bina Alqur’an

Senilai 1 M2 tanah & bangunan (Rp 4.500.000)

(Kamu dapet pahala jariyah dan ilmu sekaligus !)

 

 

Sebagai wujud ungkapan terima kasih padamu yang telah berwakaf membantu pembebasan tanah/bangunan untuk ASRAMA SANTRI, MTQ Bina Alqur’an mengadakan program pelatihan ngaji intensif 100 jam buatmu.

 

Program

:

Pelatihan Intensif 100 jam Tartil Alqur’an dengan Metode SQ, SOP Tartil Mushaf Rasm Utsmani.

Kelas

:

Dasar (Pelatihan dari NOL, dari belum bisa membaca menjadi lancar tilawah secara tartil, insya Allaah)

Lama

:

2 pekan (periode pelatihan terjadwal per angkatan)

Tempat

:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Fasilitas

:

Asrama sederhana, makan sederhana 3 x sehari, coffee break dan tool   belajar.

Metode

:

Klasikal (tutorial) 20%

Privat (praktek) 80%

Usia peserta

:

Dewasa (usia 17 – 50 tahun)

 

 

Sedih lho… gini hari belum bisa baca qur’an….. !

Hayooo… dapatkan sensasi kebahagiaan selepas pelatihan ini. Insya Allah kamu akan rasakan pengalaman yang sangat indah seperti pengalamanku dahulu (dari belum bisa ngaji menjadi bisa lancar baca alqur’an) seperti berikut ini:

  • Aku menjadi semangat jadi ayah dan ga pelu panggil guru privat saat anakku nanya PR pelajaran IQRO baca alqur’an.

  • Aku menjadi berani duduk di shaf shalat jamaah terdepan, ga mojok lagi di shaf paling belakang.

  • Aku ga perlu lagi melirihkan suara bacaanku saat tadarrus bareng teman-temanku.

  • Aku ga takut lagi dikasih buku Yasin saat kenduren, ga ada alasan datang belakangan.

Karena itu…

  • Bagi kamu yang tiap hari pake topi haji tapi belum bisa baca alqur’an, segeralah berangkat ikut pelatihan ini.

  • Bagi kamu yang ragu pergi haji/umroh karena belum bisa baca alqur’an, jangan lewatkan kesempatan ini !

  • Bagi kamu yang kapok karena pernah gagal belajar alqur’an, jangan sia-siakan tawaran ini ! Mentalmu ‘down’ kaaan…, kalo denger ilmu tajwid ? Suerrr…. bersama Bina Alqur’an kamu ga harus ribed ngapalin teori ilmu tajwid. Belajar jadi praktis, simple dan sangaaaaat mudah !

  • Bagi kamu yang belum PD pakai jilbab karena belum bisa baca alqur’an, kamu harus ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu sering grogi dan gemeter akan di test baca alqur’an oleh calon mertua, kamu wajib ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu yang susah cari waktu/tempat untuk bimbingan belajar ngajijangan lewatkan alternatif ini !

  • Kalo kamu minder/malu sama staf bawahan karena belum bisa baca qur’an, ga akan nyesel ikut hadir di pelatihan ini !

  • Kalau kamu bingung mau ngapain selepas pensiun, ga salah memilih nongkrongin program akhirat ini. Nikmati masa pensiun dengan banyakin ibadah membaca surat cinta Ilahi.

Temukan Saudara baru kamu yang santun dan sangaaat kekeluargaan, hanya di basecamp boarding tartil Alqur’an, MTQ Bina Alqur’an.

Kamu pun menjadi bagian dari kami, Keluarga Bina Alqur’an, dan kami siap mendampingimu untuk bimbingan lanjutan pasca pelatihan.

 

 

PELATIHAN 100 JAM METODE SQ

SOP Tartil Mushaf Rasm Utsmani

SIMPEL – MUDAH – CEPAT

Tanpa Menghafal Teori Ilmu Tajwid

(KHUSUS PESERTA PROGRAM DONASI WAKAF ASRAMA SANTRI 2017)

 

 banner-sq

 

Dibimbing langsung oleh:

supriyono

Supriyono, S.Sos.I.

Penyusun Metode SQ

SOP Tartil Mushaf Rasm Utsmani

 

Selama 100 jam (2 pekan) kamu akan fokus ngutek-utek ini doank:

sq-kitabah

Buku seri menghafal huruf, harakat dan pola kata bahasa arab beserta installing teknik ketukan dasar.

 

cover

Buku seri praktek/latihan tartil format khot Rasm Utsmani

 juz 30

rasm-utsmani

 

Dari Rabun Huruf, kamu akan dibimbing ampe bisa baca qur’an tartil kaya gini ni…

Insya Allaah…. Kamu  bisa… ! Mudah kok.. Ga ribed ngapalin teori ilmu tajwid. Karena kamu akan dikenalkan dengan Mushaf Alqur’an Rasm Utsmani, mushaf tartil. Belajar pun menjadi lebih mudah. Kaya’ ini niiih… mushaf Rasm Utsmani itu…

Sangat SEDERHANA rumusannya. Ilmu tajwidnya ditukar dengan hanya menghafal teknikal ketukan. Gambaran tutorialnya seperti ini:

Selepas pelatihan ini, kamu akan faham skrip Alqur’an Madinah. Kamu akan tahu Standar Operating Prosedur (SOP) Tartil, dan bahkan kamu akan bisa meng-audit bacaan yang tidak tartil sesuai SOP !

Pelatihan ini bukan uji coba. Sudah banyak yang terbantu jadi bisa ngaji tartil alqur’an. Jam pelatihannya pun sengaja ditambah, supaya makin mantap hasilnya.

Kamu pun akan bisa seperti mereka yang telah lebih dahulu belajar metode ini

 

 Testimoni

 

PROPOSAL

PROGRAM WAKAF TANAH/BANGUNAN

UNTUK ASRAMA SANTRI – PESANTREN BINA ALQUR’AN

PROFIL BANGUNAN

target2

  1. Lokasi : Persis bersebelahan dengan pesantren Bina Alquran, jalan Curug Raya nomor 33, RT 004 RW 009, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, 16517.

  2. Status : Bangunan/rumah baru, SIAP PAKAI. Bangunan ini menempel/berbatasan langsung dengan bangunan Pesantren Bina Alquran.

  3. Luas Tanah 100 M2 (surat AJB)

  4. Bangunan rumah 65 M2

  5. Sisa tanah sebagai halaman parkir 35 M2

  6. Terdiri dari 2 buah kamar tidur

  7. 1 ruang tamu

  8. 1 buah toilet /kamar mandi

  9. 1 buah dapur

  10. Atap tersusun dari baja ringan/genteng merah

  11. Listrik 1.300

  12. Sumur Bor (jet pump)

  13. Harga adalah Rp 450.000.000 (Empat ratus lima puluh juta rupiah)

 

REKENING PENAMPUNGAN DONASI

 rekening

Segera konfirmasikan donasi kamu (kirimkan struk bukti transfer wakaf dan copy KTP/SIM yang masih berlaku) dan diskusikan rencana boarding-mu melalui salah satu alamat kontak berikut:

  • WA 0838 0734 7267 (Supriyono)

  • WA 0812 8764 4889 (Agus Prayitno)

  • Email : alquran@gmail.com

 

Terima Kasih Atas Partisipasi kamu ya….

 

Mari Beramal dan Menjadi Generasi Pembelajar !!

Bersama kami menjadi batu bata peradaban qur’ani dan membangun rumah abadi di surga kelak.

Mari kita wujudkan PESANTREN TERBUKA buat orang dewasa sepertimu,

Dari kamu, Oleh kamu dan Untuk kamu !!

 

Bina Alqur’an Hadir Untukmu……!!!

 

Bina Alqur’an, kamu banget dech…. !!!

 

 

 

Standard Operating Procedure (SOP) Tartil Alquran

11 Nov

Selamat datang di laman rumahku, MTQ Bina Alqur’an. Kamu beruntung karena anugerah yang agung ini. SOP Tartil Alquran ini ilmu baru. Baru ada di kolong dunia ini. Dan Alhamdulillaah, ilmu ini lahir di kolong madrasah MTQ Bina Alquran. Kalau kamu mau, kamu bisa pelajari ilmu ini dengan mudah. Tapi… hanya di Bina Alquran ya…. kamu tidak akan temukan ilmu ini di tempat lain.

Ilmu ini lahir, bermula dari kerisauanku yang mendalam. Risau gimana ? Gini.  Sama-sama ngaji quran, tapi hasil bacaannya ngga sama. Kamu rasain itu ga ? Kalau ga percaya, coba duduk 5 orang, baca quran bareng. Suratnya sama, ayatnya sama, mulainya bareng. Coba baca bareng-bareng. 1, 2, 3….. mulai !!  Jreeeng… !!  Hasilnya, suaranya beda-beda bukan ? Kudune, nek qurane siji, hasil bacaanya ya satu macam ya to ? Tapi kenapa bisa beda-beda ngono ? Berarti ada sesuatu di situ, ada miss, sehigga bacaannya ra podo.

Itulah mengapa aku risau. Aku udah ngaji di kampung sono. Di Jakarta, ternyata bacaanku ngga laku. Ngga kepake. Dikoreksi mulu. Ternyata, aku masih harus belajar tahsin supaya bacaanku menjadi bagus.

Alhamdulillaah, sejak tahun 1995 sampai kisaran tahun 2011, Allah SWT mempertemukanku dengan beberapa guru tahsin/tahfizh. Ngaji tahsin berganti ganti dari satu guru ke guru yang lain. Selama rentang waktu 1995 – 2011 itu, aku ngaji talaqqi bacaan dengan beberapa ustadz, diantaranya : Ust. Afandi Anwar (LTQ Kharisma Risalah), Ust. Nurkholis (Masjid Alfalah, Benhil), Ust. Abdus Somad (LTQ Alhikmah), Ust. Choirul Anwar (Masjid Attaqwa, Bangka 3), Ust. Ismail Tanjung (FHQ Almujahidin,Pamulang) dan lain-lain.

Setelah menggali dari guru-guru itu, diperoleh satu kesimpulan, bahwa bacaan tartil itu ada bentuknya. Ada polanya. Bisa diwujudkan. Cling ! muncullah ide kecil ini. Sebuah ide untuk membuat ukuran-ukuran (ketukan) bacaan alquran sehingga  bacaan bisa langsung terstruktur tartil. Beruntung, para ustadz tahsin selalu mengenalkanku dengan alquran tartil rasm utsmani.

Berikut ini akan kujelaskan kronologis tentang penyusunan metode ini, sehingga akhirnya menjadi SOP Tartil. Aku pake bagan untuk menjelaskan.

siklus sop

Pertama, tahap Planning. Di bagan atas, huruf P abang iku, maksude yo Planning iki. Tahap perencanaan. Di tahap ini, aku ngaji tahsin dengan para ustadz. Proses ini berlangsung sejak tahun 1995 – 2009. Selama itulah aku menggali miniatur tartil dari para ustadz.

Gambaran tentang proses talaqqi tartil adalah sebagai berikut:

talaqqi

Kedua, tahap Organizing. Di bagan atas, huruf O abang iku, maksude yo Organizing iki. Tahap pembuatan formula/rumus tartil dengan bahan teks alquran rasm utsmani.  Melalui pendekatan teks alquran rasm utsmani, kemudian dibandingkan dengan formasi bunyi bacaan tartil yang diperoleh dari proses talaqqi dengan para asaatidz, dipelajarilah ukuran-ukurannya, kemudian jadilah formula tartil metode ketukan.

formula SOP

Ketiga, tahap Actuating. Di bagan atas, huruf A abang iku, maksude yo Actuating iki. Tahap menguji formula ketukan yang sudah dibuat, yaitu dengan membaca alquran rasm utsmani dengan menggunakan teknik ketukan ini. Yang mencoba teknik ini ya orang lain tentunya. Aku mengajarkan tartil kepada beberapa orang, kemudian mereka mempraktekkan teknik ini, untuk membaca Alquran rasm utsmani.

tartil

Keempat, tahap Controlling. Di bagan atas, huruf C abang iku, maksude yo Controlling iki. Yaitu tahap pengawasan/penilaian. Betul ngga presisinya, teknik ketukan ini menghasilkan bunyi quran tartil.  Kalau presisi tartilnya kurang, insya Allaah akan digenapkan dengan proses talaqqi yang sesungguhnya.

Sambil menggali ilmu tartil, mulai tahun 2010, aku mencoba menulis pelajaran tajwid di internet. Untuk belajar sendiri maksudnya. Saat itu, aku minta arahan beberapa temen untuk membimbingku belajar membuat blog, sekalian latihan menulis. Maka dari itu, lahirlah blog https://binaalquran.wordpress.com ini.  Kemudian, pada tahun 2012, isi tulisan di blog ini aku kumpulin menjadi sebuah buku seperti ini. Lumayan juga, setebal 232 halaman. Semoga karya ini menambah khazanah keilmuan kreatif di bidang ilmu alquran.

sampul buku depan  sampul buku blkng

Buku tajwid ketukan di atas, itu buku teori ketukan. Setelah aku minta tolong beberapa orang untuk membacanya, responnya positif. Namun, beda teori beda pula aplikasi pengajarannya. Teorinya sudah ditulis, tapi untuk diajarkan ribed juga ya ? He he he…

Nah.. muncul ide lagi. Karena di tahapan pengajaran terasa sulit, maka aku buat buku khusus, semacam aplikasi untuk para pemula. Maka, lahirlah buku turunan, khusus untuk mengajarkan metode ketukan ini kepada para pemula. Buku ini kemudian aku beri nama sbb:

sq

Frasa ‘SQ Methode’ atau ‘Metode SQ’ itu nama, bukan singkatan. Namun, karekteristik Metode SQ ini dapat dijelaskan melalui beberapa idiom yang mirip singkatan SQ.

Pertama, SQ itu adalah sifat dari metode ini. Yaitu Sahlul Qiro’ah (SQ). Sahlu artinya mudah, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Jadi, Sahlul Qiro’ah itu berarti mudah dalam membacanya. Bentuk kemudahan dari metode ini, kamu tidak harus menghafal kaidah/teori ilmu tajwid karena ilmu tajwid sudah digantikan dengan Standard Operating Prosedur (SOP). SOP didapatkan dengan mengunci simbol-simbol dengan teknik ketukan dan diperjelas lagi dengan prosedur mengetuk secara pasti dan jelas. Hal ini membawa pesan kepadamu, bahwa belajar alqur’an itu sebenarnya mudah, tidak sulit. Metode ini dirancang dengan tahapan-tahapan teori yang mudah difahami. Untuk mendukung penguasaan teori, disuguhkan contoh yang cukup banyak dan variatif.

Kedua, SQ itu menunjukan cara pengajarannya. Yaitu melalui Shilah Qiro’ah (SQ). Shilah artinya penghubung, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Shilah Qiro’ah ini berbentuk kumpulan rumus yang tersusun menjadi 6 tingkatan rumus atau 6 kunci bacaan secara hierarki, masing-masing tingkatan rumus berhubungan dengan tingkatan rumus selanjutnya. Tidak banyak, hanya 6 rumus hierarkis yang sangat mudah difahami. Shilah Qiroah ini sebenarnya adalah simulator untuk mempelajari simbol, harga ketukan dan teknik mengetuknya. Dalam simulator ini, kamu sebenarnya hanya belajar simulasi ketukan tanwin, sukun dan tasydid. Simpel banget.

Untuk memudahkan memori otak menangkap dan mengingat Shilah Qiro’ah ini, disiapkan Senandung Qiro’ah (SQ) yang imut dan menggemaskan. Iramanya yang tergolong ‘mars dan haroki’ menyokong semangat tersendiri bagi yang mempelajarinya. Iiiih…. !!

Selain Senandung Qiro’ah, Shilah Qiro’ah ini didoktrinasikan dengan Sistem (Q)Ketukan (SQ), sehingga bacaannya terkunci, terukur dan terstruktur. Sistem (Q)Ketuk ini sangat penting dan berperan untuk membentuk pondasi bacaan tartil. Ibarat sedang mengikuti baris-berbaris, cara anda berjalan diatur sedemikian rupa sehingga tidak asal jalan. Seperti baris-berbaris yang enak ditonton, Sistem (Q)Ketuk dalam metode ini menata bacaan sehingga menjadi indah didengarkan. Amazing !

Ketiga, SQ itu adalah goal yang ditargetkan metode ini. Yaitu Standar Qur’an (SQ) dan Standar Qiro’ah (SQ). Standar Qur’an yang dimaksud di sini adalah alqur’an rasmul utsmani yang diterbitkan penerbit timur tengah. Jadi, metode ini memang dirancang supaya anda dapat membaca alqur’an rasmul utsmani. Standar Qiro’ah yang dimaksud di sini adalah bacaan standar yaitu tartil. Metode ini menuntun anda menguasai patokan baku sehingga output bacaannya tartil, terukur, terstruktur. Bimbingan bacaan tartil diberikan dengan teknik SOP tartil, yaitu dengan mempelajari simbol, harga ketukan dan cara/teknik mengetuknya.

Di buku inilah palajaran tentang SOP tartil diajarkan secara teknis. Harga sebuah simbol ditentukan ketukannya secara pasti, dan ditentukan cara mengetuknya. Bisa menjadi SOP, karena harga sebuh simbol itu sudah jelas dan cara mengetuknya pun sudah jelas dan pasti. Inilah harga simbolnya:

harga simbol

Bila kamu belajar SOP tartil ini, kamu akan dikenalkan dengan simulator ketukan (harga ketukan dan cara mengetuknya) secara detil. Inilah simulatornya:

update shilah qiroah

Langkahnya dituntun satu demi satu sehingga dapat diperoleh manual ketukan seperti ini:

manual ketukan manual ketukan1

 

APA ITU SOP TARTIL  ?

SOP Tartil Metode SQ adalah studi tartil dengan cara mengetuk simbol sebagai aplikasi dari hukum-hukum tajwid. Suatu simbol memiliki hak ketukan tertentu. Kemudian ditentukan cara mengetuknya. Kemudian menjadi SOP karena sudah sangat jelas harga tiap simbol dan kepastian cara mengetuknya. Outpun dari aplikasi SOP ini akan menghasilkan bacaan yang otomatis sesuai hukum tajwid, TARTIL. Sekalipun anda tidak tahu nama hukum tajwidnya.

Gambaran tentang bimbingan mengetuk simbol yang akan anda pelajari nanti adalah sebagai berikut:

Simbol bernilai 1 ketukan dan SOP pengetukannya

  k1 gabung

Simbol bernilai 2 ketukan dan SOP pengetukannya

k2-tanwin dan tasydid

Simbol bernilai 3 ketukan dan SOP pengetukannya

k3-gabung

Simbol bernilai 4 ketukan dan SOP pengetukannya

k4 gabung

Simbol bernilai 5 ketukan dan SOP pengetukannya

k5 gabung

 

Bergabung dalam bimbingan teknis ini akan menjadi pengalaman menarik tersendiri bagi anda. Tartil, tanpa ribed menghafal teori ilmu tajwid.

 

Untuk menjembatani keinginan kamu yang ingin belajar SOP tartil ini, aku adain pelatihan-pelatihan SOP Tartil di beberapa tempat. Di Gedung Ayam Bulungan (sudah 13 angkatan), di Sanggar Quran Asysyifa Cipulir (sudah 5 angkatan), di Gerai Tartilic Pasar Modern Pamulang, dan di markaz MTQ Bina Alquran.

 

 

Berikut ini adalah arsip foto kegiatan bimtek SOP Tartil di Bulungan.

Bimtek SQ 9 Blok M

Bimtek SQ 9 Bl0k Msq8a

 

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis SOP Tartil ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan SOP teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

 

Lihat Testimoni mereka yang sudah duluan mencoba SOP Tartil ini

tesqmoni

Kamu mau coba ? Call aku ya… ?! Ini nomor WA-ku   083 807 347 267 (SUPRIYONO)

teSQmoni

12 Jan

tesqmoni

?????????????

Bimtek SQ 9 Bl0k MBimtek SQ 9 Blok M

SQ angkatan 8 Blok M sq8b

 20141115_191040 20141115_190957

sq angkt 7 sq angktn 7

lihat DATA ALUMNI

Berikut ini adalah komentar dan kesaksian dari peserta  bimbingan teknis membaca Alquran Metode SQ yang diselenggarakan oleh MTQ Bina Alquran:

Raisa Anjani

Raisa Anjani, Karyawan, Jakarta, HP : 081291755037, email : anjaniraisa@gmail.com

“Alhamdulillah… segala puji saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah mempertemukan saya dengan MTQ Bina Alquran yang dipimpin oleh abi Supriyono. Di sana saya benar-benar diajarkan ilmu dasar membaca Alquran dari awal. Metodenya sangat bermanfaat bagi saya pribadi karena banyak pertanyaan tentang cara membaca Alquran yang telah terjawab sekarang setelah belajar di Bina Alquran yang salah satu pertanyannya adalah masalah harakat yang membuat saya bingung sebelumnya. Saya sudah membuktikannya, sekarang giliran sahabat yang membuktikannya sendiri. Yuk  ikut bergabung belajar di MTQ Bina Alquran, lets join and feel the spirit of learn Alquran.”

rian-susil0

Rian Yuanto Susilo, Karyawan, Jakarta, Telepon : 0816706060, email : rian.susilo@gmail.com

“Awal mengikuti pelatihan di MTQ Bina Alquran, saya pikir saya akan memerlukan usaha yang sangat keras untuk bisa membaca Alquran. Karena kalau diingat waktu kecil, sepertinya susah sekali buat saya belajar membaca Alquran, ditambah usia saya sekarang, sepertinya kesulitannya akan bertambah. Tetapi setelah saya ikuti pelatihan di MTQ Bina Alquran, tanpa sadar saya sudah bisa membaca Qur’an dan mindset saya bahwa membaca Alquran itu sulit, tiba-tiba saja hilang. Metode SQ yang digunakan Abi Supri memang efektif dan tidak bertele-tele, semuanya bisa langsung dipraktekkan tanpa kita perlu menghapal teori-teori tajwid yang membingungkan. Ditambah sikap humoris Abi Supri yang membuat belajar menjadi menarik dan suasana kekeluargaan dari team Abi Supri menjadi nilai tambah tersendiri. Mudah-mudahan saya bisa belajar Alquran lebih dalam lagi di sini. Saya tunggu program selanjutnya”.

AviantonoAviantono, Wirausaha, Rawabelong, Telepon : 087881493372, email :  aviantono@icloud.com

“Belajar Alquran untuk dewasa dengan Metode SQ ini adalah cara yang paling cepat, tepat dan mengasikkan. Karena kita belajar tehnik ketukan, bacaan panjang pendek dan dengung. Bagi yang ingin belajar Alquran dengan benar dan rapih segera bergabung ke MTQ Bina Alquran yg dibimbing langsung oleh Ustadz Supriyono. Ayo bergegas, sebelum terlambat”.

ummu HumairoUmmu Humairo, Medan, Praktisi Home Scholling, Telepon : 085310161905

“Subhaanallaah… dengan belajar metode SQ pemahaman saya tentang devinisi tartil menjadi lebih baik. Setelah 10 tahun saya belajar tajwid, ternyata masih banyak ilmu yang Allaah sempurnakan melalui belajar metode SQ ini. Setelah saya belajar metode SQ, saya merasakan dalam membaca alquran menjadi lebih berhati-hati. Metode SQ memudahkan dalam membaca alqur’an dengan tartil tanpa menghafal nama teori/hukum tajwidnya. Ingin rasanya saya memperkenalkan Metode SQ ini kepada teman-teman saya, karena sangat memudahkan dalam membaca Alqur’an”.

GegiiGegi Dharmika, Professional, DKI Jakarta, Telepon : 08159797900, email : gegi_dharmika@yahoo.com

“Sebagai seorang yang termasuk telat belajar Alquran, saya dulu selalu punya mental block, kalau belajar dan membaca Alquran itu susah. Setelah saya kenal dan mulai mempelajari Metode SQ dan dibimbing langsung oleh Abi Supri, perlahan namun pasti Alquran menjadi sangat mudah dipelajari. SOP-nya sangat mudah dimengerti, lugas dan langsung praktek. Manfaat SQ sangat terasa ketika saya semakin percaya diri mendampingi & membimbing anak saya yang baru kelas 1 SD belajar Iqro. Alhamdulillah”

Cut Dhara

Cut Dara Sari Mulia, Aceh, email :  cutdarasm@gmail.com

“Subhanallah….. dan  Mahakuasa Allah, atas ilmu-Nya yang takkan pernah habis. Syukron Ya Allah, Engkau menuntunku untuk bisa belajar metode SQ. Bila tidak, saya takkan tahu kalau bacaan Alquran saya selama ini tartil atau tidak. Metode SQ ini sangatlah cocok diterapkan ketika membaca Alquran. Insya Allah dijamin langsung tartil. Change your methode with SQ, to change you be best. Jadilah generasi yang berjiwa Qurani.  Syukran kastiran”

windarti

Windarti, Kertosono, Jawa Timur, telepon :  085773649617, email :  Windartiasus@gmail.com

“Alhamdulillah… Metode SQ dengan peta/rumus bacaan dan sistem ketukannya, menjadikan saya jatuh cinta untuk belajar membaca Alqur’an dengan tartil. Semoga Metode SQ juga bermanfaat bagi saudara muslim lainnya”.

sulaeman

Sulaeman,Tekhnikal Supervisor Data Center, Jakarta Pusat, Telepon : 087875312375, email : sulaeman7578@gmail.com
“Alhamdulillah… Setelah belajar metode SQ, yaitu bimbingan membaca Alqur’an dengan teknik ketukan, membuat saya lebih semangat membaca Alqur’an di rumah. Teknik ketukan menjadi manual tajwid yang membimbing saya seperti bertalaqqi dengan tulisan. Saya rekomendasikan untuk hamba-hamba Allah, MTQ Bina Alqur’an adalah sebuah wadah yang membuat bacaan kita terbata-bata menjadi tartil dan terbiasa. Terima kasih Ust Supri dan Ust pengajar lainnya”.

?????????????

Teguh Septiardi, Karyawan, Depok, Telepon : 085718469593, email : teguhseptiardi@gmail.com
“Belajar metode SQ di Bina Alqur’an menyenangkan. Kita jadi tahu hak-hak tiap huruf yang ada di Alqur’an dan belajar membaca Alqur’an secara tartil. Di sini kita diajari mengetuk tanda baca. Belum pernah ada metode seperti ini sebelumnya, hanya ada di Bina Alqur’an.Terima kasih banyak Usdz. Supri dan tim yang dengan sabar membimbing kami. 12 pertemuan tidak terasa karena suasana kelasnya asyik tidak bikin stress dan metodenya mudah dipelajari. Semoga Bina Alqur’an tambah sukses dan terus memberi manfaat kepada kita semua. Amin….”

Hilda Fachr1zaHilda Abdul Halim, Dosen dan Konsultan, Jakarta. Telepon : 0815 10000 707, email : hilda_fach@yahoo.com

 “Walaupun sudah beberapa kali khatam, setelah mengikuti pertemuan pertama di Bina Al-Qur’an, saya segera sadar kalau cara membaca saya selama ini sangat ‘semena-mena’, alias tidak membaca dengan tartil. Alhamdulillah setelah mengikuti beberapa kali pertemuan, saya semakin memahami bagaimana seharusnya kita memuliakan hak-hak Al-Qur’an dengan cara membacanya dengan benar. Terima kasih banyak untuk abi Supri dan tim yang selalu memotivasi para peserta untuk mampu membaca Al-Qur’an dengan benar. Semoga kelompok pencinta Al-Qur’an semakin ramai dengan bertambahnya peserta MTQ Bina Al-Qur’an. Amin.”

Hilmi Abdul AzizHilmi Abdul Aziz, Operational Manager Resto, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Telepon : 0817160758, email : hilmiabdulaziz@gmail.com

“Alhamdulillah saya telah menemukan jawaban dari apa yang saya cari selama ini di MTQ Bina Alqur’an, belajar Tartil Quran yang sangat efektif dan efisien menurut saya, dan saya sangat merekomendasikan kepada rekan-rekan semua yang masih ingin belajar Tartil Quran”

Gustina Apriyani

Gustina Apriyani, PNS, Pancoran, Jakarta Selatan, Telepon : 085316664442, email : gustina.apriyani@gmail.com

“Belajar mengaji di MTQ Bina Alqur’an sangat terasa manfaatnya. Awalnya saya hanya mengaji sebisanya saja di rumah. Kadang mengikuti alunan mp3 murottal tanpa tahu aturan dan rambu-rambunya. Karena itu ketika membaca sendiri masih banyak kepentok sana sini, ga lancar, ga tartil… Alhamdulillah, setelah mengikuti Bimbingan Teknis Tartil Alquran Metode SQ, sekarang saya lebih memahami bagaimana membaca Alqur’an dengan baik dan benar serta makna mempelajari Alqur’an yang begitu melekat di hati saya berkat bimbingan pa ustadz semuanya… Apalagi setelah habis 12 pertemuan saya masih bisa konsultasi gratis… Terima kasih banyak pa ustadz, semoga bisa terus memberi manfaat buat sesama & makin sukses.. Aamiin..”

Ina Purwantini

Ina Purwantini, PNS, Jakarta, email :  ina.purwantini@gmail.com

“DAHSYAT” that’s the only word for this method. Sangat menginspirasi dan memotivasi. Di MTQ Bina Alqur’an, kita diajarkan membaca alqur’an secara tartil dengan menggunakan alquran standar internasional rosmul utsmani. Penyampaian materi yang dilakukan secara interactive, detail dan santai, membuat kita lebih fokus dan cepat menangkap materi yang disampaikan, sehingga tidak merasa kesulitan pada saat dipraktekkan, baik tua maupun muda, baik yang mulai dari nol maupun yang sudah bisa membaca namun masih “berantakan”. Waktu belajar yang hanya 2 jam per pertemuan dirasa kurang, tau-tau sudah habis waktunya. Disini ada suasana kekeluargaan yang mungkin tidak didapat di tempat/lembaga bimbingan yang lain. Kemudian yang paling penting, Bina Alqur’an masih terus melakukan pembinaan terhadap alumni, sehingga apa yang sudah dipelajari dapat terus terjaga bahkan dapat lebih ditingkatkan. Thank you to all ustadzs….”.

muhammad suryanto pipMuhammad Suryanto, PNS, Jakarta, HP : 085728134834  email : followconscience@gmail.com

Metode SQ  yang diajarkan oleh ustad Supriyono dan team memang tergolong unik. Sebagai perintis metode tersebut dan memang ahli dalam bidangnya, beliau selalu berusaha mensugesti peserta dengan kemudahan dan keutamaan belajar Alquran. Metode ketukan dan kurikulumnya pun dibuat sedemikian rupa  untuk mendukung kemudahaan dalam proses pembelajaran tersebut. Dan Alhamdulilah setelah satu bulan belajar, sudah mulai terlihat perbaikan-perbaikan dalam bacaan saya.  Tidak hanya itu, teknik memperindah bacaan sampai dengan memperbaiki kualitas hafalan juga sudah dikantongi dan siap untuk diasah kembali demi kesempurnaan bacaan. Terima kasih Ustad Supriyono dan team, terima kasih MTQ Bina Al Quran. Alhamdulilah motivasi belajar Alquran saya bisa terus naik, semoga bisa terjaga dan lanjut sampai program Tahfidz. Terus berkarya MTQ Bina Alquran, terus aktif menjadi salah satu motor terciptanya generasi qur’ani yang kita idam-idamkan selama ini”.

Supriyatin

Supriyatin, Karyawan, Jakarta Pusat, HP 081212864416

“Metode SQ ini sangatlah banyak manfaat. Pada saat proses belajar, materi yang diajarkan mudah dipahami. Penyampaian  materinya bagus. Saya jadi tahu tata cara membaca alqur’an dengan tartil. Saya bersyukur bisa mempelajari Metode SQ. Sebelum mengenal Metode SQ bacaan alqur’an saya masih berantakan. Tapi ketika sudah mempelajari Metode SQ, ada teknik yang dapat membantu saya dalam membaca alqur’an menjadi lebih baik. Metode SQ menurut saya TOP BANGET”.

Iswidiarti

Iswidiarti, Ibu Rumah Tangga, Jakarta Pusat, Telepon : 08119890779, email : iswidiarti@gmail.com

“Alhamdulillah Allah mempertemukan saya dengan MTQ Bina Alqur’an. Saya mendapatkan banyak sekali ilmu yang Insya Allah sangat bermanfaat untuk memperbaiki bacaan Alqur’an saya.  Selama ini saya kesulitan membedakan panjang pendek dan mengenali bacaan dengung/jelas ketika membaca Alqur’an, sehingga bacaan saya dibawah standar dan kurang bagus. Setelah mengikuti program Bimbingan Teknis Tartil Metode SQ di MTQ Bina Alqur’an ini, insya Allah saya tidak kesulitan lagi karena di sini dimudahkan untuk mengenali kesulitan tersebut dan dengan banyak latihan insya Allah bacaan menjadi tartil.  Terima kasih atas kejeniusan Ust Supriyono dengan bukunya yang memberikan metode yang mudah dimengerti dan saya merasakan di sini benar-benar dibimbing sampai pesertanya benar-benar mengerti dan lancar bacaan Alqur’annya.  Terima kasih atas bimbingan para ustadz di MTQ Bina Alqur’an, semoga Allah membalas atas sharing ilmunya, amin”.

Tutik Nurhayati

Tutik Nurhayati, Wiraswasta, Cilandak, Telepon : 081319262916, email : thayati29@gmail.com


Selama belajar di MTQ Bina Alqur’an, saya jadi tahu ilmu tajwid & makhroj yang benar. Yang tadinya baca alquran tidak tahu harokat/ketukan jadi ngerti (panjang pendeknya ayat tidak asal-asalan lagi). Bagi pemula yang mau belajar alquran materi diajarkan dari awal sampai benar-benar mengerti. Ngga rugi kalo gabung belajar alquran di MTQ Bina Alqur’an”.

SuhadiSuhadi, Jakarta, email : bisniskreativ@ymail.com, HP 083870876995

“Belajar Metode SQ di Bina Alquran sangat mendetail sekali, mudah dimengerti, siapapun anda yang ingin bisa membaca alqur’an dengan benar maka segeralah bergabung di MTQ Bina Alqur’an. Tidak usah malu karena banyak temen yang dari nol pun bisa mempelajarinya dengan metode ketukan”.

MariniMarini WA, Lebak Bulus Jakarta Selatan, email : wa.marine@yahoo.co.id , HP 085777194656

“Berawal dari rasa ingin mencari tempat mengaji Alquran, saya coba browsing internet. Sampai akhirnya walhamdulilah Allah Dzat yang Abadi memudahkan dan memberikan kelancaran saya bertemu dengan  MTQ Bina Alquran. Saya merasakan senang sekali belajar Metode SQ di MTQ Bina  Alquran. Melalui bimbingan langsung ustad Supriyono yang humoris dan semangat mengajar, saya belajar teknik ketukan sehingga saya bisa membaca dengan  tartil”.

Heri Budi Susilo

Herry Budi Susilo, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Telepon  08999992098, email : putra.tulus@gmail.com

“Saya termasuk yang kurang beruntung dan menyesal karena menyia-nyiakan masa kecil saya untuk tidak tekun belajar mengaji seperti anak-anak yg lainnya. Saya mulai menyesal pada saat sudah usia tua. Hidup terasa kosong, minder, bahkan walaupun saya bisa sholat 5 waktu tapi itu tidak bisa menutupi kegelisahan dalam hati & rasa malu saya bahwa saya tidak bisa membaca Al-quran. Berawal dari rasa itulah maka saya bertekad mau belajar mengaji walaupun mungkin usia saya sudah tua. Saya browsing di google, banyak tempat kursus yang menawarkan janji-janji yang wah banget “3 jam bisa baca quran”!!! Luar biasanya iklan itu sampai saya menggelengkan kepala. Yang saya butuhkan bukan hanya bisa baca saja. Tapi saya ingin tartil membaca Al-Quran. Alhamdulillah Allah S.W.T memberikan petunjuk kepada saya sehingga saya menemukan alamat https://binaalquran.wordpress.com/
Dengan seorang pembimbing bernama Ust. Supriyono, yang humoris, sabar & telaten membimbing dari NOL. di tempat bimbingan beliau tidak menjanjikan “3 jam bs baca Al-Quran” tapi beliau memberikan jaminan akan terus membimbing sampai tartil baca Al-Quran “gratis” hingga tua.
Syukur Alhamdulillah.. akhirnya saya berkesempatan belajar lagi di usia yang sudah tua ini untuk belajar dari NOL di MTQ Bina Al-Quran. Dgn Metode SQ (pertama di indonesia) dan Al-Quran Rosmul Ustmani, guru pembimbingnya sangat kekeluargaan. Saya belajar seperti dengan saudara saya sndiri. Hidup saya seperti ada tujuan & motivasi baru bahwa saya harus bisa tartil membaca Al-Quran.
Alhamdulillah saya telah mengikuti bimbingan teknis angkatan 7, saya senang sekali sudah bisa membaca Al-Quran dan saya masih akan terus dibimbing tartil baca Al-Quran oleh pak Ust. Supriyono sampai tua. Bagi Anda yg merasa senasib dengan saya, malu, minder & merasa menyesal belum bisa membaca Al-Quran, jangan putus harapan, semua belum terlambat & tidak ada batas umur untuk belajar mengaji. Mari bergabung dgn keluarga MTQ Bina Al-Quran. Pak Ust. Supriyono dan pembimbing lainnya akan suka cita membimbing Anda baca Al-Quran dari NOL. Jangan ragu dan jangan bimbang, mari bergabung dengan kami di keluarga MTQ Bina Al-Quran.”

Amalia BPI

Ibu Amalia, Komplek Bukit Pamulang Indah, HP 08128340201, email : amalyalya@ymail.com

“Belajar alquran dengan Metode SQ itu lebih cepat,  bagus dan asyik. Ketukannya itu lho…. teknik ini ngga diajarin di tempat lain. Saya merasa  tercerahkan dengan metode ini. Sekarang kemampuan membaca alquran saya semakin membaik”.

Ida Budi

Ibu Ida Budi, Komplek Bukit Pamulang Indah, HP 08129388192

“Ngaji dengan metode SQ ini beda dengan cara ngaji saya di kampung tempo dulu. Metode SQ ini mengajarkan teknik terstruktur cara membaca alquran. Cara ngajarnya juga enak banget. Mudah diterimanya. Saya diajari dari nol dan ketika sudah sampai di juz amma saya sudah dipahamkan rumus-rumus tajwid. Dengan metode ini, kemampuan membaca alquran saya menjadi lebih baik. Saya sangat berterima kasih kepada ust. Supri dan tim pengajarnya, berkat mengikuti kajian beliau alhamdulillah saya bisa melek huruf dan bisa lebih baik kualitas bacaan saja, walaupun belum sempurna”.

Bayumi

Bapak Bayuni Syafei (78 tahun), Jama’ah Masjid Al-Muhajirin, Perumahan Bukit Pamulang Indah

Pada pertengahan tahun 2014, DKM Masjid Al Muhajirin Bukit Pamulang Indah, Pamulang, membuka peluang bagi jamaah untuk belajar membaca Al Qur’an dengan cara yang benar dan dibimbing oleh Bapak Supriyono S.Sos I, dibantu oleh 2 asisten.

Saya terlahir tahun 1937 dengan dasar pendidikan dibawah binaan Gereja Methodist semenjak dari taman kanak-kanak sampai menengah atas. Dan lulus tahun 1958. Masa kecil saya hanya belajar mengaji di perkampungan dengan cara masal, jadi tidak bisa membaca Al Qur’an dengan sempurna disamping peluang untuk belajarpun tidak ada karena tuntutan hidup. Maka pada peluang ini tidak saya sia-siakan walaupun cara saya membaca kurang sempurna. Para pembimbing dengan sabar mengajarkan saya agar dapat membaca yang semestinya mengingat usia saya sudah lanjut. Sewaktu saya dinas di Irian Jaya, saya sempat belajar  secara otodidak membaca Al Qur’an dengan panduan buku IQRO tetapi kurang sempurna.

Beruntung disini saya ada kesempatan diajarkan cara membaca Al Qur’an dengan  cara mudah, Cepat , Lancar dan Tartil dengan methode SQ dengan ketukan dimulai dengan belajar Fattah, Kasrah, Dhammah. Beruntung saya telah mengenal huruf huruf hijaiyah sebelumnya.

Pada kesempatan ini, saya menganjurkan kepada peminatbelajar membaca AL Qur’an agar belajar alquran dengan baik dan benar walaupun liang lahat telah menanti. Semoga amal ibadah para pembimbing serta fasilitas yang saya dapatkan menjadikan amal yang dapat diterima Allah subhanawataala. Amin.

ichsan Rahman

M. Ichsan Rahman, Pengasuh Tahsin Rohis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,  HP 08999364562, email : ichsan_agri@yahoo.co.id

“Metode SQ terbilang unik, saya diajarkan untuk membaca alqur’an dengan rapih dan terukur menggunakan alqur’an standard internasional, rosmul utsmani. Pengalaman saya belajar alqur’an dan bertalaqqi langsung dengan beberapa orang ustadz hingga gabung dengan lembaga tahsin lainnya, permasalahan soal kerapihan dan keterukuran bacaan alqur’an kurang diperhatikan. Dan saya baru menemukan metode aplikatif seperti ini hanya di MTQ Bina Alqur’an, melalui pembelajaran Metode SQ, metode yang relatif sederhana dan sangat mudah dipahami. Penasaran ? Ayo gabung dengan Keluarga Bina Alqur’an… !”

widiyawati

Widiyanti, advokat, Perumahan Bukit Pamulang Indah, HP 0816881833, email : widiyanti8504@gmail.com

“Saya mulai belajar alqur’an saat sudah mulai tua begini. Karena pingin bisa banget, saya coba macem-macem metode. Tapi ko’ saya ngga bisa bisa ya ? Apa otak saya yang bebel ? Saya denger di masjid Muhajirin komplek Bukit Pamulang Indah (BPI) ada kajian metode SQ. awalnya saya malu kalo ikut ngaji rame-rame. Tapi setelah ketemu langsung dengan pembimbingnya, ust. Supriyono, saya langsung tertarik. Dan ternyata ngaji metode SQ itu teknis banget. Seperti diajari cara melangkah satu demi satu. Tapi bagi saya itu malah mudah banget. Kalo ada orang yang paling bahagia, ya saya ini. Sekarang saya sudah bisa mbaca alqur’an. Sekarang saya sudah hafal surat Annaba dan Annaazi’at. Minta doanya ya temen-temen… sedang ngapalin surat ‘abasa. Buat ust. Supriyono dan team, maju terus pak ustad…… ! Terima kasih sudah mengantarkan saya bisa baca alqur’an”.

kurniawan

Kurniawan, Guru, Aliandong-Bojongsari-Depok, HP 08892560637, email : kurniawan0502@gmail.com

“Sesuai namanya, metode SQ menjadikan mudah dan cepat untuk bisa membaca alqur’an. Ditambah dengan sistem ketukannya sehingga seseorang tidak hanya mampu membaca alqur’an dengan mudah dan cepat tapi juga dengan bacaan yang lancar mengalir dan tartil. Subhaanallooh… “

 sandiyu nuryono

Sandiyu Nuryono, Wartawan, Kebayoran Lama – Jaksel,  HP  08561218781, email : sandiyunuryono@gmail.com

“Alhamduillah, dengan belajar Quran di Bina Alquran kemampuan membaca Quran saya menjadi lebih canggih. Metode pengajaran yang sederhana namun sistematis memudahkan saya membaca Al Quran dengan baik dan benar. Terima kasih Bina Alquran.  BRAVO!!!”

Nurherman SukamtoNurherman Sukamtodesain engineering  migas, Jakarta Selatan,  HP  085227181980 Email  : nh.sukamto@gmail.com

 “Saya sukamto dari Cilacap, bekerja di bidang desain engineering bidang migas. Bertahun-tahun merantau di Jakarta n sambil  cari-cari tempat bimbingan Alqur’an, alhamdulillahirobbil ‘alamiin….  Allah SWT menganugerahkan petunjuknya dan memberikan kemudahan kepada saya untuk bersilaturahim dan belajar memahami bacaan Alqur’an di MTQ Bina Alqur’an di Bulungan ( Blok M, Jkt ). Dengan jadwal bimbingan yang fleksibel, belajar Alqur’an Metode SQ  yang diterapkan mudah dipahami juga mudah diaplikasikan dan alhamdulillah…. dalam waktu yang relatif singkat pemahaman bacaan Alqur’an saya membaik serta bacaannya tidak terbata-bata lagi. Dan yang sangat mengesankan adalah  all ust. pembimbing tetap keep smile dan smart dalam mengajar serta setiap peserta benar-benar diarahkan untuk paham betul tentang bacaan Alqur’an. Semoga segala ilmu  Alqur’an yang diajarkan oleh Ust. Supriyono dan para pembimbing lainnya bermanfaat lahir batin di dunia dan akhirat serta kita semua keluarga besar  MTQ Bina Al Qur’an kan tetap terjaga tali silaturahimnya, dianugerahi keselamatan, kesehatan juga kekuatan lahir-batin, dunia-akhirat, dimudahkan dalam hajat-hajatnya dan dilimpahkan rizqi yang berlimpah serta barokah, aamiin…”

keluarga mas giandi M. Giandi Budicahyo (karyawan) & Verawati (guru), 34 tahun, Persada Cinere Townhouse, Cinere Depok, HP 081287509794

“Belajar di Bina Quran sangat enak dan nyaman karena langsung dibimbing pakarnya SQ pa Ust. Supriyono. Kami sekeluarga jadi ga buta ttg quran utsmani dan ilmu tajwid. Metode ketukannya sgt sgt membantu meski awalnya susah karena ga terbiasa dan jd lambat baca qurannya. Tp justru jd lebih teratur kami dalam membaca alquran. Kami kalo datang rombongan sekeluarga plus pembantu. Karena metode SQ sangat pas buat kita semua juga buat keluarga,  so I suggest for all of us to study quran using SQ method, and try to be hafidz and hafidzah, insya Allaah, Amiiin…..”

iwan_pothoIwan Setiawan, karyawan, Jl. Sempor IV no.5 RT 7 RW 11, Kelapa Dua, Tangerang, HP  +6285710333883, E-mail : iwan.dst@gmail.com 

“Sebelumnya saya banyak googling di internet untuk tempat belajar membaca Alquran yang praktis dan bisa cepat untuk dipelajari. Saya ketemu dengan web binaalquran@wordpress.com, dengan Ustadz  Supriyono sebagai pengajar. Cara belajar Bina Alquran ini terbilang unik karena mengunakan sistem ketukan  di setiap bacaan huruf. Dengan sistem ketukan ini bisa diketahui panjang pendeknya bacaan secara teratur.  Alhamdulillah setelah belajar di Bina Alquran saya bisa memperbaiki bacaan Alquran saya, yang sebelumnya masih acak-acakan, panjang pendek, dan juga pengucapan huruf yang kurang benar, dengan bimbingan Ustadz Supriyono, Alhamdulillah sedikit demi sedikit bisa diperbaiki. Saya sangat merekomendasikan bagi rekan-rekan, bapak-ibu, yang ingin belajar memperbaiki bacaannya bisa belajar di Bina Alquran ini. Insya Allah semoga niat baik kita ini bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Amin. Semoga kedepannya nanti Bina Alquran mempunyai tempat yang lebih besar dan lebih flexible waktunya.  Karena kalau saya sendiri tempat tinggalnya agak jauh dari Blok M, pulang ke rumah bisa kemalaman. Trima  kasih Bina Alquran cc: Ustadz Supriyono, semoga tetap semangat mencetak generasi  Qurani. Allahu Akbar”.

AmirAmirrulloh bin M. Sholeh bin Zaman, Karyawan, Kreo, Ciledug, HP 085779537394

“Saya amir, umur 25 tahun pekerjaan roomboy, saya senang sekali bisa belajar di MTQ Bina Alqur’an bagi temen2 yang ingin gabung jangan malu2 nanti telat… di sini kita di bimbing oleh guru yg baik, tempat belajar yg nyaman, temen2 yg menyenangkan.Saran untuk Abi Supri, kalo saya ingin sekali hatam alquran 3x dng dibimbing oleh ust. Agus atau siapapun, bahkan abi sendiri, baru saya berani untuk menghafal, terima kasih untuk semuanya…. ! Sekali lg buat temen2 yg mau gabung ayo datang secepatnya…”.
Rizqi RahmanA’Rizqi Rachman, Karyawan, HP 081519567217, Gg. Mandala RT 001/002 Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta timur,Email : master.afier@gmail.com
“Karyawan ???Bisnisman ??? Pedagang??? Profesional ??? Apapun Jobdesknya di dalam hati pasti ada keinginan untuk memperbaiki bacaan Alquran. Saya adalah salah satu orang yang pernah membaca Alquran. Saking pernahnya megang Alquran itu 1 tahun sekali sudah alhamdulillah. Bacaan saya itu, ibarat orang jalan yang melewati banyak poldur. Pokoknya tidak terbayang berantakannya.
Di Bina Alquran saya mengikuti beberapa kali pertemuan, dari 2 x pertemuan setiap minggunya banyak ilmu tentang bacaan Alquran yang saya dapat dari sini. Idgham bigunnah, idzhar, ikhfa, iqlab, saktah dan masih banyak lagi. Tidak ada satupun yang saya mengerti dari kata kata itu apa maksudnya. Tapi di Bina Alquran saya mendapati itu semua. Lalu ilmu yang saya dapat di sini saya terapi di rumah. Alhamdulillah sedikit demi sedikit bacaan saya menjadi lebih baik. Yang bisa merasakan ya Saya sendiri.
“Seperti pemain sirkus” yang mana mereka dapat menunjukan pertunjukan terbaik mereka. Dari mana ??? Ya belajar. Dengan siapa ??? Ya dengan guru yang dapat memberikan semangat, memberikan evaluasi, memberikan pencerahan di saat kita sedang hilang semangat membaca. Gagal lagi bangun lagi. Gagal lagi bangun lagi. Gagal lagi bangun lagi dst. Sampai tidak bisa bangun lagi. 
Begitulah belajar di Bina AlQuran. Gabung dengan kita di keluarga Bina AlQuran. setelah belajar dasarnya kita diteruskan dengan program OYOJ (One Year One Juz). Jadi  tidak akan berakhir sampai kitanya yang mengakhirinya sendiri”.

 ???????????????????????????????Kadirin, Karyawan, usia 35 tahun, tinggal di H. Jian, Cipete Utara, HP  081281180226, Email : kadirinssu@gmail.com

“Assalamualaikum ww. Allahuma Sholiala Muhammad wa Ali Muhammad. Awal ana cari2x or browsing tempat kursus buat anak ana, tapi kok hati ada rasa beda setelah nemu blognya Ustd. Supri MTQ Bina Alqur’an, belajar membaca Alqur’an dengan SQ metode. Jadilah ana kursus MTQ Bina Alquran Blok M karena di tempat ini not for children. Indahnya punya anak hafal surat An-Naba, lebih indah lagi jika kita yg mampu hafal surat An-Naba atas izin Alloh. Alhamdulillah dari baca bletak bletok ngak jelas kini ana sudah hafal surat An-Naba dan surat2x yg lain, dengan Kursus di Bina Alquran Bulungan kita dapet Bonus bimbingan tahsin dan tahfidh pasca kursus MAnTaP Alhamdulillah gratis. Disini enak ana ngak ada rasa canggung karena malu atau ngak enak, karena dibimbing oleh Ustd. Supri yg humoris dan sabaris hhehee maaf sabar maksud ana Ustd….. Ana nggak iklan tapi dengan kita ngaji kita jadi tau bagaimana cara membaca Alqur’an, tunggu apa lagi, kapan lagi ayo jadi keluarga Bina Alqur’an. Oh ya saran ana buat Ustd. Supri selain punya tempat sendiri yg lebih luas, mohon kiranya pasca kursus buat dapat lebih terjadwal dalam belajar ilmu tajwid/tahsinnya misalnya minggu pertama dapat diberi waktu buat belajar tajwid setelah setoran dan bermurojaah agar para sahabat pasca kursus tetap berasa masih seperti kursus asyik”.

Kurnias1hKurniasih (Lilis), Guru, Cipondoh, Tangerang, HP  085959679306,  email : niagirl90@yahoo.com

“Namaku Lilis, 17 tahun dan 9  he he he. Alhamdulillah saya bisa menjadi bagian dari Bina Alquran. Setelah beberapa kali pertemuan, sekarang bacaan Alquran saya sudah lebih baik dari sebelumnya (mulai dari makhroj, tajwid, panjang/pendek bacaan, dll). Dan otomatis itu juga berpengaruh terhadap bacaan sholat saya. Kalau baca Alqurannya benar, Insha Allah bacaan sholatnya juga benar. Thanks to all Ustadz sudah mengajarkan saya dengan baik dan sabar”.

kusmanto

Kusmanto, ST,  Guru International Baccalaureate School, Perumahan Permata Mansion Serua, Bojongsari, Depok – HP 081574868587,  email : kusmanto.dna@gmail.com

“Cukup lama saya tidak mengupdate bacaan Alquran saya. Dengan niat ingin memperbaiki bacaan Alquran saya, maka saya mencari tempat pengajian yang khusus orang dewasa di internet. Alhamdulillah saya menemukan blog tentang pengajian Alquran untuk orang dewasa dengan metode SQ. Sebelumnya, saya pernah belajar Alquran dengan beberapa metode lainnya. Akan tetapi setelah saya menemukan metode SQ ini, saya sangat berbahagia karena inilah metode yang saya cari-cari, yaitu lebih lengkap dari metode yang pernah saya belajar, lebih tartil, kita diajarkan untuk dapat mengukur sendiri bacaan kita dan orang lain, serta dilanjutkan dengan menghafalkan Alquran. Di metode SQ ini, kita tidak hanya belajar bagaimana membaca Alquran dengan tartil, akan tetapi juga menghafalkannya. Metode SQ menggunakan Alquran Rosm Ustmani, Alquran ini lebih lengkap dan sesuai dengan Alquran waktu pertama kali di cetak oleh sahabat nabi Ustman Ibnu Affan, dimana kita lebih mudah membaca dengan tartil. Mudah-mudahan metode SQ ini dapat bermanfaat bagi semua umat Islam. Mari kita ajak saudara, teman dan handai taulan untuk dapat membaca Alquran lebih tartil serta memindahkan Alquran ke dalam diri kita dengan menghafalkannya dengan metode SQ”

Cara Mudah, Cepat, Tartil Baca Alquran

7 Jan

KELAS BARU

MULAI 1 MARET 2014

Jadilah anda orang pertama yang turut menguji dan merasakan manfaat Metode SQ, sebuah tesis baru untuk mudah, cepat, lancar tartil membaca Alquran

cover buku metode SQ

Tebal buku : 98 halaman ukuran folio, landscape

Isi : 10 Bab dengan 15 Yel-Yel untuk jembatan pengingat

Masa diklat : 5 – 10 pertemuan

Stadium : Pra Tahsin (masih membutuhkan pelatihan Tahsin bila peserta ingin menghafal alquran)

Anda hanya bisa mendapatkan materi ini di LTQ Bina Alquran

Belajar Yu’…..   !!!

Informasi Pendaftaran:

Tiap Sabtu/Minggu di LTQ Bina Alquran

Langsung Tes Penempatan Kelas

Pilihan Waktu Belajar :

Sabtu Pagi pkl. 09.00 – 11.00

Sabtu sore pkl. 15.00 – 17.00

Minggu Pagi pkl. 09.00 – 11.00

Minggu Sore pkl. 15.00 – 17.00

Biaya ?

Biaya pendaftaran Rp 100.000, untuk pengembangan LTQ Bina Alquran. Pendaftaran tersebut, sekaligus membuka akses bagi anda untuk mendapatkan pendidikan tahsin/tahfidz alquran cuma-cuma.

FASILITAS BELAJAR:

Tempat milik sendiri

Space parkir cukup, insya Allah

Ruang kelas, tempat bersuci (wudhu, toilet)

White Board, Infocus Projector

Buku/Modul Metode SQ

INFO LENGKAP:

Sapalah sahabatmu ini

supriyono

Supriyono,  Penyusun Metode SQ

083 807 347 267

7599FECA

supriyono999   on skype

priyono99@gmail.com / bina.alquran@gmail.com

PETA DAN RUTE

7 Jan

PETA LOKASI

MTQ BINA ALQURAN

Plang

plang bina alquran1

Papan Nama MTQ Bina Alqur’an. Ada di sebelah kiri jalan bila datang dari arah Sawangan/Parung atau sebelah kanan jalan apabila datang dari arah Pamulang/Cinangka.

google map MTQ BQ

Alamat Markaz

MTQ Bina Alquran,Jalan Curug Hilir No. 30  RT 004 RW 009 Kel. Curug, Kec. Bojongsari, Depok, 16517

(Google Street View – klik di sini)

RUTE KENDARAAN UMUM:

Dari PARUNG

Naik angkot biru D.25 turun di jalan Curug. Setelah kurang lebih masuk 4,5 km dari arah Sawangan, anda akan mendapati papan nama MTQ Bina Alquran di sebelah kiri jalan.

Dari CIPUTAT

Naik angkot biru 29 jurusan Parung, turun di Apotek Roxy Cinangka (Tukon). Terus naik angkot D.25 arah Perumahan Reni Jaya, turun di jalan Curug. Setelah kurang lebih masuk 5 km dari arah Tukon, anda akan mendapati papan nama MTQ Bina Alquran di sebelah kanan jalan.

Dari LEBAK BULUS, CIRENDEU

Naik angkot biru 106 jurusan Parung, turun di Apotek Roxy Cinangka (Tukon). Terus naik angkot D.25 arah Perumahan Reni Jaya, turun di jalan Curug. Setelah kurang lebih masuk 5 km dari arah Tukon, anda akan mendapati papan nama MTQ Bina Alquran di sebelah kanan jalan.

Dari SAWANGAN, DEPOK

Naik angkot biru 03 jurusan Parung, turun di Alfamart Curug Topik. Setelah kurang lebih masuk 4,5 km dari Curug Topik, anda akan mendapati papan nama MTQ Bina Alquran di sebelah kiri jalan.

Dari Universitas Pamulang (UNPAM)

Waah… ngga ada angkot tuh…. Jadi, anda harus naik ojeg ke arah Curug. Setelah kurang lebih  6 km dari UNPAM, anda akan mendapati papan nama MTQ Bina Alquran di sebelah kanan jalan.

 

Naik OJEG ON-LINE

Ketik: MTQ Bina Alqur’an di form tujuan pada aplikasi Ojeg On-Line anda.

Pendidikan Alquran Bagi Muslim Muallaf dan Muslim Tionghoa (China)

25 Jun

LTQ Bina Alquran menerima permintaan layanan pendidikan Alquran bagi Muallaf dan muslim Tionghoa/China. Sangat diutamakan bagi mereka yang berdomisili di sekitar Parung, Depok, Sawangan, Cinere, Cirendeu, Ciputat, Pamulang dan Jakarta Selatan.

Spesifikasi layanan kami adalah:

  1. Bimbingan belajar alqur’an dari nol (untuk pemula)

  2. Bimbingan tahsin (perbaikan bacaan)

  3. Bimbingan tahfidh (menghafal) alqur’an

  4. Penataran instruktur pengajar IQRO’ (TOT)

  5. Penataran instruktur pengajar tahsin (TOT)

  6. Penataran instruktur pengajar tahfidh (TOT)

  7. Kajian ilmu tajwid sistem ketukan

Bagi anda yang membutuhakan layanan kami, silahkan hubungi melalui email :

bina.alquran@gmail.com

atau melalui nomor telepon

083 807 347 267  (SUPRIYONO)

Les Privat Ngaji Baca Alqur’an Pamulang, Parung, Sawangan, Cinere, Cirendeu, Depok, ciputat, Jakarta Selatan

8 May

Terima kasih kepada para relasi yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk pendampingan belajar Alqur’an

Masjid Al-Muhajirin, Yayasan Al-Munawwaroh, Komplek Bukit Pamulang Indah (BPI)

Karyawan PT Bangun Andalan Perkasa (BAP) Jakarta

Kantor Pusat Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI) Kuningan, Jakarta

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada:

  1. Keluarga Besar Bpk. Ubaidillah (Pamulang)

  2. Keluarga Besar Bpk. Iwan (Pamulang)

  3. Keluarga Besar Ibu Lia (Cimanggis, Depok)

  4. Keluarga Besar Bpk. Sunarto (Pamulang)

  5. Ibu Sinta(BSD)

  6. Keluarga Bpk. Ari Purnomo (Villa Mutiara Cinere)

Selama waktu/jadwal kami belum terisi, kami melayani permintaan les, privat, tot tajwid, tahsin/tahfidh alquran terutama untuk anda yang ada di wilayah pamulang, sawangan, cinere, Cirendeu, parung, depok, ciputat, jakarta selatan dan sekitarnya.

Spesifikasi layanan kami adalah:

  1. Bimbingan belajar alqur’an dari nol (untuk pemula)

  2. Bimbingan tahsin alquran

  3. Bimbingan tahfidh alqur’an

  4. Penataran instruktur pengajar IQRO’ (TOT)

  5. Penataran instruktur pengajar tahsin (TOT)

  6. Penataran instruktur pengajar tahfidh (TOT)

  7. Kajian ilmu tajwid sistem ketukan

Anda dapat memilih layanan les privat maupun kelompok, dan kami akan datang ke rumah anda untuk mendampingi belajar alqur’an keluarga anda. Kami juga melayani permintaan kerja sama dakwah alqur’an dengan ormas, DKM masjid/musholla, ROHIS, perkantoran dan perhotelan.

Bagi anda yang berdomisili di Parung, Sawangan, Cinere, Depok, Pamulang, Jakarta Selatan dan sekitarnya, anda dapat menghubungi kami melalui email :

bina.alquran@gmail.com

atau melalui nomor telepon

083 807 347 267  (SUPRIYONO)

Guru Datang Ke Rumah (Depok, Parung, Cinere, Cirendeu, Sawangan, Pamulang, Ciputat, Jakarta Selatan)

7 May

Pembaca yang budiman….

Untuk membantu anda yang ingin belajar Alqur’an, guru dari kami siap datang ke rumah anda, bila anda membutuhkannya. Dengan metode dan pengalaman yang cukup baik, insya Allah kami akan membantu anda dan keluarga dalam belajar alqur’an.

Spesifikasi layanan kami adalah:

  1. Bimbingan belajar alqur’an dari nol (untuk pemula)
  2. Bimbingan tahsin alquran
  3. Bimbingan tahfidh alqur’an
  4. Penataran instruktur pengajar IQRO’ (TOT)
  5. Penataran instruktur pengajar tahsin (TOT)
  6. Penataran instruktur pengajar tahfidh (TOT)
  7. Kajian ilmu tajwid sistem ketukan

Anda dapat memilih layanan les privat maupun kelompok, dan kami akan datang ke rumah anda untuk mendampingi belajar alqur’an keluarga anda. Kami juga melayani permintaan kerja sama dakwah alqur’an dengan ormas, DKM masjid/musholla, ROHIS, perkantoran dan perhotelan.

Bagi anda yang berdomisili di Parung, Sawangan, Cinere, Cirendeu, Depok, Pamulang, Ciputat, Jakarta Selatan dan sekitarnya, anda dapat menghubungi kami melalui email :

bina.alquran@gmail.com

priyono99@gmail.com

atau melalui nomor telepon  083 807 347 267  (SUPRIYONO).

KAMI Siap melayani Les Privat, Kursus, Diklat, Bimbingan TOT Tajwid dan Bimbingan Ngaji Membaca Alqur’an (Tahsin/Tahfidh) bagi Pribadi, Masjid, Ormas, Majelis Taklim dll, untuk wilayah Depok, Pamulang, Parung, Ciputat, Cirendeu, Cinere, Sawangan, Jakarta dan sekitarnya

30 Mar

KAMI Siap melayani Les Privat, Kursus, Diklat, Bimbingan TOT Tajwid dan Bimbingan Ngaji Membaca Alqur’an (Tahsin/Tahfidh) bagi Pribadi, Masjid, Ormas, Majelis Taklim dll, untuk wilayah Depok, Pamulang, Parung, Cinere, Cirendeu, Sawangan, Ciputat, Jakarta Selatan dan sekitarnya.