Cara Membaca Id-har Syafawi

9 Nov

Cara membaca Id-har Syafawi adalah sebagai berikut:

Saudaraku….

Penggalan ayat tersebut di atas terdiri atas 15 khuruf. Namun, karena ada 2 buah tanwin (yang dibaca Id-har Khalqi) maka ketukan bertambah 2 menjadi 17 ketukan.  Oleh karena penggalan ayat di atas harus dibaca dengan 17 ketukan yang rata dan konstan. Ingat … bahwa tiap khuruf mempunyai hak ketukan yang sama, dan prinsip ketukan adalah rata dan konstan.

Bacaan Id-har Syafawi terjadi pada ketukan ke-4, dimana ‘Mim Sukun’ bertemu khuruf  ‘Hamzah’. Khuruf  ‘Mim Sukun’ pada ketukan ke-4 dibaca dengan bunyi ‘M’ yang jelas. Ia mempunyai hak 1 ketukan saja.

Bacaan Id-har Syafawi juga terjadi pada ketukan ke-13, dimana ‘Mim Sukun’ bertemu khuruf  ‘Nun’. Khuruf  ‘Mim Sukun’ pada ketukan ke-13  dibaca dengan bunyi ‘M’ yang jelas. Ia mempunyai hak 1 ketukan saja.

Khuruf  ‘Mim  Sukun‘ pembacaan bunyi konsonannya akan maju ke ketukan sebelumnya, namun hak ketukan tetap diberikan kepadanya. Hal itu terjadi agar tidak ada pemanjangan suara sebelum khuruf mati. Karena bila ada mad (suara dipanjangkan) menuju khuruf mati, pembacaan seperti itu adalah SALAH.

Panduan praktek membaca  Id-har Syafawi adalah sebagai beriku:

  • Pada ketukan ke-3, anda akan mengucapkan “HUM”. Tahan bibir anda pada posisi khuruf  “M” hingga ketukan ke-4 selesai. Lepaskan bibir anda dari posisi khuruf  “M” sebelum jatuh pada  ketukan ke-5, saat anda harus mengucapkan “AJ”. Bunyi “M” pada ketukan ke-3 atau ke-4 tidak boleh dipantulkan.
  • Pada ketukan ke-12, anda akan mengucapkan “MAM”. Tahan bibir anda pada posisi khuruf  “M” hingga ketukan ke-13 selesai. Lepaskanbibir  anda dari posisi khuruf  “M” sebelum jatuh pada  ketukan ke-14, saat anda harus mengucapkan “NU”. Bunyi “M” pada ketukan ke-12 atau ke-13 tidak boleh dipantulkan.

One Response to “Cara Membaca Id-har Syafawi”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Id-har Syafawi - 10/04/2016

    […] Bagaimana cara membacanya ? […]

Comments are closed.