Apakah TAJWID itu ?

4 Oct

Saudaraku…

Devinisi  asal dari kata TAJWID adalah ‘membaguskan’.

Ada kalimat : Membaca Alqur’an wajib/harus mempraktekkan tajwidTajwid dalam dalam kalimat ini berarti : mengeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya dengan memberikan hak dan mustahaknya.

Yang dimaksud dengan hak huruf adalah sifat asli yang selalu muncul bersama huruf tersebut, seperti: jahr, isti’la, istifal, qolqolah dan lain sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan mustahak huruf adalah sifat yang tampak sewaktu-waktu, seperti tafkhim, tarqiq, ikhfa’ dan sebagainya.

Tajwid sebagai sebuah disiplin ilmu adalah ilmu yang membahas tentang cara-cara mpembaca Alqur’an yang apabila cara-cara tersebut dipraktekkan, maka akan dihasilkan bacaan Alqur’an yang sesuai dengan bacaan aslinya sebagaimana Alqur’an pertama kali diturunkan. Ilmu tajwid dibuat untuk melindungi keaslian Alqur’an dari sisi pembacaannya. Oleh karena itu, ilmu tajwid menentukan standarisasi makhroj (tempat keluar) huruf supaya keaslian bunyinya tetap terjaga dan tidak  tercampur dialek lainnya. Selain itu, ilmu tajwid juga menentukan standarisasi mad (bacaan panjang), standarisasi suara dengung, standarisasi penebalan dan penipisan suara huruf tertentu, cara waqof dan lain sebagainya.

Leave a comment