Yu’… kita mulai sekarang !!!

23 Sep

Saudaraku…

Gitu dong… ! Keputusanmu untuk mulai belajar Alqur’an sangat tepat, sangat bagus ! Yang pasti, aku akan terus dukung ! Dan kalau kamu mau cepet berhasil, coba cek persiapan berikut ini:

Pertama, inilah yang paling penting. Kau harus punya NIAT yang kuat.  Niat itu kemauan. Niat yang kuat adalah kemauan yang kuat. Pikirkan, kemudian mulai jalankan ! Jangan diam bae ! Mikir mulu, ga jalan-jalan ! Itu bukan niat, itu namanya ilusi ! Jangan harap, obsesimu akan terwujud tanpa diwujudkan dengan langkah perbuatan ! Makanya, berusahalah, kau akan dapatkan apa yang kau harapkan !

Kedua, pilih orang yang kau percaya, berilmu dan berkepribadian untuk membimbingmu. Sampekan aja maksudmu. Jadi ga harus malu. Mintalah terus-terang untuk dibimbing. Setelah itu, sepakati waktu yang mungkin bagimu dan guru itu untuk ketemu. Harus tetap dan rutin. Untuk permulaan, ketemu sebulan sekali ga apa-apa. Syukur bisa ditambah seminggu sekali. Itu sudah sangat baik. Setengah jam aja dulu setiap pertemuannya, jadi ga harus lama-lama.

Ketiga, untuk yang baru mulai mau belajar, alangkah baiknya hanya memilih satu metode pembelajaran saja. Untuk metode yang terbaik, percayakan kepada guru untuk memilihkannya.

Keempat, ini kunci sukses belajar Alqur’an. Perhatikan dan patuhi trik-trik yang disampaikan guru. Harus sering latihan sendiri. Jangan sering bolos, usahakan tidak pernah absen. INGAT pesan ini baik-baik ! Kunci sukses yang paling utama dalam pembelajaran Alqur’an, ada pada dirimu sendiri. Sekali lagi… Kunci sukses ada pada dirimu sendiri. Guru dan Metode, itu hanya pendukung. Intinya, tidak boleh malas berlatih. Perbanyak sendiri, ga usah disuruh.  Latihan terus, ga usah di pantau. Metode hanya sarana. Guru hanya mengarahkan. Sehebat apapun guru dan sesempurna apapun metodenya, kalau kau malas…. kau tidak akan dapatkan apapun ! Ketahuilah… membaca Alqur’an itu keterampilan. Karena itu sangat tergantung pada latihan ! Semakin sering… insya Allah cepet bisa !

Kelima, Berdoalah… minta kepada Allah. Agar dikaruniai hidayah ilmu dan amal.  Kalau Allah berkehendak, tidak ada sesuatu yang mustahil. Berbaik sangka-lah kepada Allah, dan optimislah bahwa Allah akan memberikan apa yang kita harapkan.

Saudaraku….

Jangan ragu ! Maju terus !

Mudah-mudahan Allah memberikan hidayah Ilmu dan amal kepadamu !

Leave a comment