2 Jam bisa baca Alqur’an, mungkinkah ?

23 Sep

Saudaraku…

Percayakah anda, dengan metode pengajaran yang menawarkan 2 jam bisa baca Alqur’an ?

Dari pengalaman saya membimbing pengajaran baca Alqur’an, dari anak-anak hingga nenek-nenek, sangat sulit untuk mewujudkan keterampilan membaca Alqur’an dalam waktu yang singkat. Apalagi hanya 2 jam bisa baca Alqur’an !  Karena baca Alqur’an itu keterampilan yang membutuhkan banyak latihan. Tanpa latihan yang banyak, sangat sulit untuk bisa cepat lancar membaca Alqur’an.

Dari beberapa kesempatan penulis mengikuti program pelatihan yang menawarkan 2 jam bisa baca Alqur’an, tampaknya itu hanyalah slogan untuk memotivasi supaya kita tertarik untuk belajar Alqur’an. Bayangkan… hanya 2 jam ! Namun untuk mencapai hasil yang memuaskan, tetaplah dibutuhkan banyak waktu untuk latihan.  Kaya apa hasil memuaskan itu ? Cukuplah disebut memuaskan bila bisa membaca Alqur’an dengan lancar, baik dan benar.

Kalau disebutkan ‘2 jam tahu cara membaca Alqur’an’, itu mungkin. Namun, ‘2 jam bisa baca Alqur’an’, itu langka ! Mengapa ? Karena konsentrasi kita terbatas. Karena ingatan kita tidak terlatih, malah cepet lupa. Karena bahasa Alqur’an itu bahasa Arab dimana kita sangat asing dengannya. Karena kita baru mengenal !  Bahkan… waktu yang dibutuhkan untuk mempretasikan program ‘2 jam bisa baca Alqur’an’ itu sendiri lebih dari 2 jam !

Namun… penulis tidak melarang anda yang ingin mencoba metode itu. Silahkan saja !

Saudaraku…

Bukan metodenya yang penting ! Tapi… niat dan kesungguhan usaha anda-lah yang lebih penting. Metode hanya sarana dan guru berperan membantu mengarahkan !  Ingat ya…. penentunya adalah diri anda sendiri! Dan… jangan melihat hasil, sementara anda baru belajar selama 2 jam ! Jangan lupa berdo’a ya ?!

Saudaraku…

Allah SWT membalas usaha kita, bukan melihat hasil ! Karena itu… tetaplah semangat, maju terus !

Mudah-mudahan Allah SWT memberikan hidayah ilmu dan amal kepada anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: