Cara Membaca Id-har Khalqi

9 Nov

Cara membaca Id-har Khalqi adalah sebagai berikut:

 

Saudaraku….

Penggalan ayat tersebut di atas terdiri atas 9 khuruf. Oleh karena itu, ia harus dibaca dengan sembilan  ketukanyang rata dan konstan. Ingat … bahwa tiap khuruf mempunyai hak ketukan yang sama, dan prinsip ketukan adalah rata dan konstan.

Bacaan Id-har Khalqi terjadi pada ketukan ke-4, dimana ‘Nun Sukun’ bertemu khuruf  ‘Ghoin’. Khuruf  ‘Nun Sukun’ pada ketukan ke-4 dibaca dengan bunyi ‘N’ yang jelas. Ia mempunyai hak 1 ketukan saja.

Khuruf  ‘Nun Sukun‘ pembacaan bunyi konsonannya akan maju ke ketukan sebelumnya, namun hak ketukan tetap diberikan kepadanya. Hal itu terjadi agar tidak ada pemanjangan suara sebelum khuruf mati. Karena bila ada mad (suara dipanjangkan) menuju khuruf mati, pembacaan seperti itu adalah SALAH.

Panduan praktek membaca Id-har Khalqi adalah sebagai beriku:

Pada ketukan ke-3, anda akan mengucapkan “YUN”. Tahan lidah anda pada posisi khuruf  “N” hingga ketukan ke-4 selesai. Lepaskan lidah anda dari posisi khuruf  “N” sebelum jatuh pada  ketukan ke-5, saat anda harus mengucapkan “GHI”. Bunyi “N” pada ketukan ke-3 atau ke-4 tidak boleh dipantulkan.

Jadi, apabila contoh tersebut di atas dibaca keseluruhannya, akan berbunyi “Fa-Sa-Yun-     -Ghi-Dlu-     -Na”. Spasi kosong di ketukan ke-4 adalah untuk hak ketukan Id-har Khalqi, dan spasi kosong pada ketukan ke-7 adalah untuk hak ketukan Mad Thobi’i.

 

 

Pada ketukan ke-3, anda akan mengucapkan “DLON”. Tahan lidah anda pada posisi khuruf  “N” hingga ketukan ke-4 selesai. Lepaskan lidah anda dari posisi khuruf  “N” sebelum jatuh pada  ketukan ke-5, saat anda harus mengucapkan “KHA”. Bunyi “N” pada ketukan ke-3 atau ke-4 tidak boleh dipantulkan.

Jadi, apabila contoh tersebut di atas dibaca keseluruhannya, akan berbunyi “Qor-    -Dlon-     -Kha-Sa-Na-     -”.  Spasi kosong di ketukan ke-2 adalah untuk hak ketukan Ro Sukun yang konsonannya bergeser kepada Qor, spasi kosong pada ketukan ke-4 adalah untuk hak ketukan Id-har Khalqi dan spasi kosong pada ketukan ke-8 adalah untuk hak ketukan Mad ‘Iwadl.