Sifat-Sifat Alqur’an

27 Sep

Saudaraku…..

Allah telah melukiskan Alqur’an dengan beberapa sifat, seperti nuur (cahaya), huda (petunjuk), syifaa’ (obat), rahmah (rahmat), mau’idhoh (nasihat), mubiin (yang menerangkan), mubaarok (yang diberkati), busyroo (kabar gembira), ‘aziiz (yang mulia), majiid (yang dihormati), basyiir (pembawa peringatan) dan nadziir (pembawa ancaman). Berikut ini adalah firman Allah SWT yang menunjukkan sifat-sifat tersebut:

1. Nuur (cahaya)

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu dan telah kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran).    (Q. S. An-Nisaa’ (4) : 174)

2-5. Hudan (petunjuk), Syifa’ (obat), Rahmah (rahmat) dan Mau’idhoh (nasihat).

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”.   (Q. S. Yunus (10) : 57)

6. Mubin (yang menerangkan)

“Hai ahli kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Alkitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan“.   (Q. S. Al-Maidah (5) : 15)

7. Mubaarok (yang diberkati)

“Dan  (Alqur’an) ini adalah kitab yang diberkati yang kami turunkan yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya”.    (Q. S. Al-An’am  (6) : 92)

8. Busyro (kabar gembira)

“Yang membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman”.   (Q. S. Al-Baqoroh (2) : 97)

9. ‘Aziiz (yang mulia)

“Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Alqur’an ketika Alqur’an itu datang kepada mereka, (mereka itu pasti akan celaka), dan sesungguhnya Alqur’an itu adalah kitab yang mulia“.   (Q. S. Fushshilat (41) : 41)

10. Majiid (yang dihormati)

“Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Alqur’an yang dihormati‘.  (Q. S. Al-Buruuj ( 85) : 21)

11-12. Basyiir (pembawa kabar gembira) dan Nadziir (pembawa peringatan)

“Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, yakni bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui, Yang membawa berita gembira dan yang membawa peringatan, tetapi kebanyakan mereka berpaling, tidak mau mendengarkan”.    (Q. S. Fushshilat (41) : 3-4)

Saudaraku…

Itulah sifat-sifat Alqur’an yang telah Allah sebutkan di dalam firman-Nya.

Mari beriman sesaat, sempatkan waktu untuk belajar Alqur’an !

Maroji:

Al-Khattan, Manna’ Kalil, Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, Pustaka Litera AntarNusa, Bogor, 2004.

Leave a comment