Kriteria Peserta Program Tahfidh

27 Sep

Saudaraku yang dimuliakan Allah SWT….

Berikut ini saya sampaikan  SYARAT  dan RUKUN  bagi peserta Program Tahfizh Al-Qur’an, yaitu sebagai berikut:

1.       Telah mengikuti (LULUS) program Tahsin;

2.       Adanya NIAT yang selalu terpupuk;

3.       Adanya GURU yang membimbing;

4.       Adanya WAKTU untuk menghafal dan muroja’ah.

Telah lulus program Tahsin, menjadi syarat wajib di program Tahfidh. Bila program Tahfidh diikuti oleh siswa yang belum lulus program Tahsin, maka proses menghafal akan tersendat kendala teknis (banyak kesalahan bacaan) sehingga kelancaran kegiatan menghafal menjadi terganggu. Apabila tetap dipaksakan, maka kualitas hafalan yang dihasilkan akan kurang memadai. Hafalan yang tidak berkualitas (karena banyak kesalahan) akan menjadi penyesalan yang berat bagi pemiliknya, kelak di kemudian hari.

Niat menjadi syarat mutlak, karena dengan niat itulah kegiatan menghafal akan dapat diwujudkan dengan baik. Bila niat menghafal hilang dari hati, maka kegiatan menghafal pasti akan terhenti. Bila niatnya kembang kempis, maka siswa program Tahfidh akan terseok-seok meniti jalan ini. Dengan sendirinya, program Tahfidh akan selesai dalam waktu yang sangat lama, aataaaaauuuuuu……… GAGAL !!!

Adanya GURU yang membimbing, juga menjadi syarat penting bagi peserta program Tahfidh. Tanpa guru, akan terjadi banyak cacat pada hafalan kita.  Tentang pentingnya seorang guru, alangkah baiknya bila dibaca lagi tulisan tentang  ‘Berguru’.

Yang terakhir, WAKTU yang cukup.  Karena proses menghafal dan mengulang-ulang hafalan membutuhkan banyak waktu. Tanpa waktu yang cukup, hasil hafalan yang telah dicapai tidak akan terawat dengan baik. Semakin banyak waktu yang teralokasikan untuk program ini, semakin berkaualitas pula hasil yang akan diperoleh.

Saudaraku….

Marilah kita tingkatkan interaksi dan kuantitas hafalan kita. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan hidayah/bimbingan ilmu dan amal kepada kita semua. Amiin.

Maroji:

Muzzammil, Ahmad, ‘Ulumul Qur’an Program Tahsin-Tahfizh, Ma’had Alqur’an Nurul Hikmah, Tangsel, 2008

Ra’uf, ‘Abdul Aziz Abdul, Kiat Sukses Menjadi Hafizh Qur’an Da’iyah, PT Syamil Cipta Media, Bandung, 2004

Leave a comment