Dari mana harus memulai ?

23 Sep

Saudaraku…

Memulai segala sesuatu biasanya sangat berat.  Masa iya ?  Biasanya banyak dinding yang membuat dada kita merasa sesak. Bila motivasi tidak kuat, biasanya ga jadi mulai, urung melakukan sesuatu.

Demikian juga dengan keinginan untuk belajar Alqur’an.  Beratnya bukan main.  Hati kanan kita sebenarnya sangat mendorong. Namun, hati kiri kita selalu menghadirkan alasan-alasan yang mengecilkan peluang kebaikan.

“Santai dulu laaah… kamu kan cape’…., sibuk !”, begitu kata hati kiri kita. “E…. kamu ga malu, baru sekarang mau belajar ? Terlambaaaat….!  Kamu pasti dicibir temen-temen !”, tambahnya.

Saudaraku…

Mulailah dari yang kecil dan sederhana. Allah pun akan tetap menghitung kebaikan, sekalipun menurut anggapan kita itu kecil.  Saya hanya memberikan saran, penuhilah apa yang dikatakan hati kecilmu itu ! Bahwa sesungguhnya anda sangat ingin untuk belajar.  Tanya lagi sekarang, “betulkah aku mau belajar ?”.  Tuh kan… hatimu bilang, “betul, mau belajar”.

Saudaraku….

Sadarilah, keinginan hati kecilmu itu adalah hidayah dan bimbingan dari Allah ! Bersyukurlah, sambutlah hidayah itu, jangan kau abaikan, karena Allah masih menghendaki kebaikan buatmu ! Mengapa kau harus malu pada orang lain ?  Emangnya, orang lain mau menolongmu kelak ? Mengapa pula harus nunggu senggang ? Emangnya belajar itu harus berlama-lama ? Cobalah dulu, kau sambut dan kau penuhi panggilan jiwamu itu !  Belajarlah, walau hanya sesaat ! Mulailah…, sekarang….., walau terasa amat berat ! Percayalah… kau akan merasakan sesuatu yang beda setelah itu  !

Saudaraku…

Dulu aku merasakan seperti apa yang kau rasakan sekarang ! Beraaaat … !  Malu…. ! Tapi, tahukan kau….,  setelah aku memulai, aku merasakan dorongan hidayah Allah mengalir begitu besar ! Hatiku dipenuhi dengan kedamaian luar biasa, yang tidak pernah kurasakan sebelumnya !

Saudaraku….

Mulailah sekarang.  Aku akan berbagi pengalaman, supaya kau yakin, dan mulai mencobanya !

Mari beriman sesaat, sempatkan waktu untuk belajar Alqur’an ! Mudah-mudahan Allah SWT memberikan hidayah ilmu dan amal. Amiiin.

Leave a comment