Apakah ‘Ulum Alqur’an itu ?

20 Sep

Ungkapan ‘Ulum Alqur’an adalah sebuah frase yang terdiri dari dua kata bahasa arab, yaitu kata ulum dan Alqur’an. Kata pertama : ‘Ulum adalah bentuk jamak dari kata ‘Ilmu yang berarti alfahmu wal idraak (faham dan mumpuni). Kata kedua: Alqur’an, maksudnya adalah sebuah kitab suci milik ummat Islam.

Dalam perkembangannya, Ulum Alqur’an menjadi nama sebuah disiplin ilmu tersendiri yang khusus membahas masalah-masalah tentang Alqur’an.

Manna’ Khalil al-Qaththaan mendefinisikan ‘Ulum Alqur’an sebagai disiplin ilmu yang mempelajari masalah-masalah yang berhubungan dengan Alqur’an dari segi asbab annuzuul, pengumpulan dan penerbitan Alqur’an, pengetahuan tentang makkiyyah dan madaniyyah, annaasikh dan mansukh, almuhkam wal mutasyaabih dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Alqur’an.

Ulum Alqur’an sebagai disiplin ilmu disebut juga sebagai Ushuul Attafsiir (dasar-dasar tafsir) karena pembahasannya meliputi masalah-masalah pokok yang harus diketahui oleh seorang ahli tafsir dalam menafsirkan Alqur’an.

Untuk melengkapi pengetahuan kita, rubrik ‘Ulum Alqur’an dalam blog ini menyajikan masalah-masalah yang dibahas dalam disiplin ilmu ‘Ulum Alqur’an itu.

Pustaka:

Al-Khattan, Manna’ Khalil, Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, Litera AntarNusa, Bogor, 2004

Leave a comment