Tag Archives: privat

Pelatihan SOP Tartil – Tanpa Menghafal Ilmu Tajwid

25 May

Marhaban Yaa Ramadhaaaan….

Ramadhan Syahrul Quran

Belajar Quran Nyo’……. !!!!

Pelatihan SOP Tartil – Tanpa Menghafal Ilmu Tajwid

Terbukti  Cepat, Praktis dan Efektif

Mudah dipahami dan diaplikasikan, kepala jadi ngga NGEBUL karena pusing menghafal teori ilmu tajwid.

(Belajar dari NOL – Khusus DEWASA)

 

HANYA 8 PERTEMUAN @ 2 JAM

 

 

Dibimbing langsung oleh Abi Supriyono

Perumus SOP Tartil Metode Ketukan

HP/WA/Telegram : 083 807 347 267

GOAL PELATIHAN:

Anda bisa membaca Alqur’an standar Internasional, Alqur’an Rasm Utsmani.

Paham dan bisa mengaplikasikan SOP Tartil

Mahir membaca Alqur’an dengan praktek Tajwid yang benar (walaupun tidak mengerti teori Ilmu Tajwid).

LAMA PELATIHAN:

8 kali tatap muka @ 2 jam

(Boleh mengulang GRATIS bila anda tertinggal atau belum menguasai pelajaran)

WAKTU BELAJAR:

Tiap Sabtu dan Minggu

Termin 1 : Pukul 09.00 – 11.00

Termin 2 : Pukul 13.00 – 15.00

(Bila pilihan waktu tersebut kurang cocok, komunikasikan kepada kami)

TEMPAT BELAJAR:

Majelis Tartil Alqur’an (MTQ) Bina Alqur’an

Jalan Curug Raya no. 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug

Kec. Bojongsari, Depok.

(Peta dan rute klik di sini)

INVESTASI

Biaya Pelatihan   Rp 350.000

(Sudah termasuk Buku SQ SOP Tartil  dan alat tulis)

Biaya pelatihan ditransfer ke Rekening Bank Mandiri nomor : 126 009 900 4953  a.n. Supriyono dengan keterangan tertulis NAMA ANDA.

 

VOLUME KELAS:

20 siswa per kelas (usia dewasa, SMA ke atas)

KURSUS KIT

Selain bimbingan teknis langsung dari Perumus SOP Tartil Metode SQ, Peserta mendapatkan perlengkapan belajar sbb:

Buku Pelajaran Utama: SQ – SOP Tartil Alqur’an Rasm Utsmani
Jus 26 – 30 dengan simbol warna dengung

PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka setiap saat. Kelas Baru mulai belajar pada setiap awal bulan.

Pendaftaran hanya dilayani melalui email :

bina.alquran@gmail.com

(Kirim email berisi data diri anda beserta nomor telepon yang bisa dihubungi.  Terntukan pilihan waktu belajarnya, pada Termin 1 atau Termin 2. Lampirkan fotokopy KTP/SIM yang masih berlaku dan bukti transfer biaya pelatihan)

Mereka yang telah lebih dahulu mencoba Metode SQ

tesqmoni

 

Bimtek SQ 9 Blok M Bimtek SQ 9 Bl0k M

OUTPUT BIMTEK

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap
Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Semua siswa akan bisa membaca dengan teknik seperti ini:

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

Program menarik ini hanya  ada di MTQ Bina Alqur’an !

Jaminan MENGULANG GRATIS apabila anda GAGAL

Sedih lho… gini hari belum bisa baca qur’an….. !

Hayooo… dapatkan sensasi kebahagiaan selepas pelatihan ini. Insya Allah kamu akan rasakan pengalaman yang sangat indah seperti pengalamanku dahulu (dari belum bisa ngaji menjadi bisa lancar baca alqur’an) seperti berikut ini:

  • Aku menjadi semangat jadi ayah dan ga pelu panggil guru privat saat anakku nanya PR pelajaran IQRO baca alqur’an.

  • Aku menjadi berani duduk di shaf shalat jamaah terdepan, ga mojok lagi di shaf paling belakang.

  • Aku ga perlu lagi melirihkan suara bacaanku saat tadarrus bareng teman-temanku.

  • Aku ga takut lagi dikasih buku Yasin saat kenduren, ga ada alasan datang belakangan.

 

Karena itu…

 

  • Bagi kamu yang tiap hari pake topi haji tapi belum bisa baca alqur’an, segeralah berangkat ikut pelatihan ini.

  • Bagi kamu yang ragu pergi haji/umroh karena belum bisa baca alqur’an, jangan lewatkan kesempatan ini !

  • Bagi kamu yang kapok karena pernah gagal belajar alqur’an, jangan sia-siakan tawaran ini ! Mentalmu ‘down’ kaaan…, kalo denger ilmu tajwid ? Suerrr…. bersama Bina Alqur’an kamu ga harus ribed ngapalin teori ilmu tajwid. Belajar jadi praktis, simple dan sangaaaaat mudah !

  • Bagi kamu yang belum PD pakai jilbab karena belum bisa baca alqur’an, kamu harus ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu sering grogi dan gemeter akan di test baca alqur’an oleh calon mertua, kamu wajib ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu yang susah cari waktu/tempat untuk bimbingan belajar ngaji,  jangan lewatkan alternatif ini !

  • Kalo kamu minder/malu sama staf bawahan karena belum bisa baca qur’an, ga akan nyesel ikut hadir di pelatihan ini !

  • Kalau kamu bingung mau ngapain selepas pensiun, ga salah memilih nongkrongin program akhirat ini. Nikmati masa pensiun dengan banyakin ibadah membaca surat cinta Ilahi.

 

Temukan Saudara baru kamu yang santun dan sangaaat kekeluargaan, hanya di basecamp boarding tartil Alqur’an, MTQ Bina Alqur’an.

Kamu pun menjadi bagian dari kami, Keluarga Bina Alqur’an, dan kami siap mendampingimu untuk bimbingan lanjutan pasca pelatihan.

Metode SQ, metode mutaakhir, metode tercepat untuk bisa lancar tartil membaca alquran.

Jangan salah bandingin ya…

Kami menginginkan anda mahir baca qur’an. Bacanya lancar dan tartil.

Emang ada si… yang nawarin 3 jam bisa baca qur’an.

Kami tidak jual iklan 3 jam bisa baca qur’an, karena nyatanya kemampuan mahir lancar tartil baca quran itu ketrampilan. Mustahil hanya dengan 3 jam belajar hal itu bisa dicapai. Kalo cuma ngerti, itu mungkin, tapi ya tetep aja bacaanya terbata-bata, gradal-grudul, apalagi bisa tartil !

Penawaran kami sangat realistis. Cukup sehari, 24 jam tatap muka, anda bisa mampu lancar tartil membaca alqur’an.

BUKTIKAN !

Advertisements

GRATIS PELATIHAN TARTIL 100 JAM

26 Feb

GRATIS……

PELATIHAN 100 JAM TARTIL ALQUR’AN

METODE SQ – SOP TARTIL MUSHAF RASM UTSMANI

(Boarding 2 Pekan)

 

Khusus Untuk Kamu,

Donatur/Peserta Wakaf Tanah/Bangunan

untuk Asrama Santri – Pesantren Bina Alqur’an

Senilai 1 M2 tanah & bangunan (Rp 4.500.000)

(Kamu dapet pahala jariyah dan ilmu sekaligus !)

 

 

Sebagai wujud ungkapan terima kasih padamu yang telah berwakaf membantu pembebasan tanah/bangunan untuk ASRAMA SANTRI, MTQ Bina Alqur’an mengadakan program pelatihan ngaji intensif 100 jam buatmu.

 

Program

:

Pelatihan Intensif 100 jam Tartil Alqur’an dengan Metode SQ, SOP Tartil Mushaf Rasm Utsmani.

Kelas

:

Dasar (Pelatihan dari NOL, dari belum bisa membaca menjadi lancar tilawah secara tartil, insya Allaah)

Lama

:

2 pekan (periode pelatihan terjadwal per angkatan)

Tempat

:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Fasilitas

:

Asrama sederhana, makan sederhana 3 x sehari, coffee break dan tool   belajar.

Metode

:

Klasikal (tutorial) 20%

Privat (praktek) 80%

Usia peserta

:

Dewasa (usia 17 – 50 tahun)

 

 

Sedih lho… gini hari belum bisa baca qur’an….. !

Hayooo… dapatkan sensasi kebahagiaan selepas pelatihan ini. Insya Allah kamu akan rasakan pengalaman yang sangat indah seperti pengalamanku dahulu (dari belum bisa ngaji menjadi bisa lancar baca alqur’an) seperti berikut ini:

  • Aku menjadi semangat jadi ayah dan ga pelu panggil guru privat saat anakku nanya PR pelajaran IQRO baca alqur’an.

  • Aku menjadi berani duduk di shaf shalat jamaah terdepan, ga mojok lagi di shaf paling belakang.

  • Aku ga perlu lagi melirihkan suara bacaanku saat tadarrus bareng teman-temanku.

  • Aku ga takut lagi dikasih buku Yasin saat kenduren, ga ada alasan datang belakangan.

Karena itu…

  • Bagi kamu yang tiap hari pake topi haji tapi belum bisa baca alqur’an, segeralah berangkat ikut pelatihan ini.

  • Bagi kamu yang ragu pergi haji/umroh karena belum bisa baca alqur’an, jangan lewatkan kesempatan ini !

  • Bagi kamu yang kapok karena pernah gagal belajar alqur’an, jangan sia-siakan tawaran ini ! Mentalmu ‘down’ kaaan…, kalo denger ilmu tajwid ? Suerrr…. bersama Bina Alqur’an kamu ga harus ribed ngapalin teori ilmu tajwid. Belajar jadi praktis, simple dan sangaaaaat mudah !

  • Bagi kamu yang belum PD pakai jilbab karena belum bisa baca alqur’an, kamu harus ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu sering grogi dan gemeter akan di test baca alqur’an oleh calon mertua, kamu wajib ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu yang susah cari waktu/tempat untuk bimbingan belajar ngajijangan lewatkan alternatif ini !

  • Kalo kamu minder/malu sama staf bawahan karena belum bisa baca qur’an, ga akan nyesel ikut hadir di pelatihan ini !

  • Kalau kamu bingung mau ngapain selepas pensiun, ga salah memilih nongkrongin program akhirat ini. Nikmati masa pensiun dengan banyakin ibadah membaca surat cinta Ilahi.

Temukan Saudara baru kamu yang santun dan sangaaat kekeluargaan, hanya di basecamp boarding tartil Alqur’an, MTQ Bina Alqur’an.

Kamu pun menjadi bagian dari kami, Keluarga Bina Alqur’an, dan kami siap mendampingimu untuk bimbingan lanjutan pasca pelatihan.

 

 

PELATIHAN 100 JAM METODE SQ

SOP Tartil Mushaf Rasm Utsmani

SIMPEL – MUDAH – CEPAT

Tanpa Menghafal Teori Ilmu Tajwid

(KHUSUS PESERTA PROGRAM DONASI WAKAF ASRAMA SANTRI 2017)

 

 banner-sq

 

Dibimbing langsung oleh:

supriyono

Supriyono, S.Sos.I.

Penyusun Metode SQ

SOP Tartil Mushaf Rasm Utsmani

 

Selama 100 jam (2 pekan) kamu akan fokus ngutek-utek ini doank:

sq-kitabah

Buku seri menghafal huruf, harakat dan pola kata bahasa arab beserta installing teknik ketukan dasar.

 

cover

Buku seri praktek/latihan tartil format khot Rasm Utsmani

 juz 30

rasm-utsmani

 

Dari Rabun Huruf, kamu akan dibimbing ampe bisa baca qur’an tartil kaya gini ni…

Insya Allaah…. Kamu  bisa… ! Mudah kok.. Ga ribed ngapalin teori ilmu tajwid. Karena kamu akan dikenalkan dengan Mushaf Alqur’an Rasm Utsmani, mushaf tartil. Belajar pun menjadi lebih mudah. Kaya’ ini niiih… mushaf Rasm Utsmani itu…

Sangat SEDERHANA rumusannya. Ilmu tajwidnya ditukar dengan hanya menghafal teknikal ketukan. Gambaran tutorialnya seperti ini:

Selepas pelatihan ini, kamu akan faham skrip Alqur’an Madinah. Kamu akan tahu Standar Operating Prosedur (SOP) Tartil, dan bahkan kamu akan bisa meng-audit bacaan yang tidak tartil sesuai SOP !

Pelatihan ini bukan uji coba. Sudah banyak yang terbantu jadi bisa ngaji tartil alqur’an. Jam pelatihannya pun sengaja ditambah, supaya makin mantap hasilnya.

Kamu pun akan bisa seperti mereka yang telah lebih dahulu belajar metode ini

 

 Testimoni

 

PROPOSAL

PROGRAM WAKAF TANAH/BANGUNAN

UNTUK ASRAMA SANTRI – PESANTREN BINA ALQUR’AN

PROFIL BANGUNAN

target2

  1. Lokasi : Persis bersebelahan dengan pesantren Bina Alquran, jalan Curug Raya nomor 33, RT 004 RW 009, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, 16517.

  2. Status : Bangunan/rumah baru, SIAP PAKAI. Bangunan ini menempel/berbatasan langsung dengan bangunan Pesantren Bina Alquran.

  3. Luas Tanah 100 M2 (surat AJB)

  4. Bangunan rumah 65 M2

  5. Sisa tanah sebagai halaman parkir 35 M2

  6. Terdiri dari 2 buah kamar tidur

  7. 1 ruang tamu

  8. 1 buah toilet /kamar mandi

  9. 1 buah dapur

  10. Atap tersusun dari baja ringan/genteng merah

  11. Listrik 1.300

  12. Sumur Bor (jet pump)

  13. Harga adalah Rp 450.000.000 (Empat ratus lima puluh juta rupiah)

 

REKENING PENAMPUNGAN DONASI

 rekening

Segera konfirmasikan donasi kamu (kirimkan struk bukti transfer wakaf dan copy KTP/SIM yang masih berlaku) dan diskusikan rencana boarding-mu melalui salah satu alamat kontak berikut:

  • WA 0838 0734 7267 (Supriyono)

  • WA 0812 8764 4889 (Agus Prayitno)

  • Email : alquran@gmail.com

 

Terima Kasih Atas Partisipasi kamu ya….

 

Mari Beramal dan Menjadi Generasi Pembelajar !!

Bersama kami menjadi batu bata peradaban qur’ani dan membangun rumah abadi di surga kelak.

Mari kita wujudkan PESANTREN TERBUKA buat orang dewasa sepertimu,

Dari kamu, Oleh kamu dan Untuk kamu !!

 

Bina Alqur’an Hadir Untukmu……!!!

 

Bina Alqur’an, kamu banget dech…. !!!

 

 

 

Pendidikan Alquran Bagi Muslim Muallaf dan Muslim Tionghoa (China)

25 Jun

LTQ Bina Alquran menerima permintaan layanan pendidikan Alquran bagi Muallaf dan muslim Tionghoa/China. Sangat diutamakan bagi mereka yang berdomisili di sekitar Parung, Depok, Sawangan, Cinere, Cirendeu, Ciputat, Pamulang dan Jakarta Selatan.

Spesifikasi layanan kami adalah:

  1. Bimbingan belajar alqur’an dari nol (untuk pemula)

  2. Bimbingan tahsin (perbaikan bacaan)

  3. Bimbingan tahfidh (menghafal) alqur’an

  4. Penataran instruktur pengajar IQRO’ (TOT)

  5. Penataran instruktur pengajar tahsin (TOT)

  6. Penataran instruktur pengajar tahfidh (TOT)

  7. Kajian ilmu tajwid sistem ketukan

Bagi anda yang membutuhakan layanan kami, silahkan hubungi melalui email :

bina.alquran@gmail.com

atau melalui nomor telepon

083 807 347 267  (SUPRIYONO)

Les Privat Ngaji Baca Alqur’an Pamulang, Parung, Sawangan, Cinere, Cirendeu, Depok, ciputat, Jakarta Selatan

8 May

Terima kasih kepada para relasi yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk pendampingan belajar Alqur’an

Masjid Al-Muhajirin, Yayasan Al-Munawwaroh, Komplek Bukit Pamulang Indah (BPI)

Karyawan PT Bangun Andalan Perkasa (BAP) Jakarta

Kantor Pusat Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI) Kuningan, Jakarta

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada:

  1. Keluarga Besar Bpk. Ubaidillah (Pamulang)

  2. Keluarga Besar Bpk. Iwan (Pamulang)

  3. Keluarga Besar Ibu Lia (Cimanggis, Depok)

  4. Keluarga Besar Bpk. Sunarto (Pamulang)

  5. Ibu Sinta(BSD)

  6. Keluarga Bpk. Ari Purnomo (Villa Mutiara Cinere)

Selama waktu/jadwal kami belum terisi, kami melayani permintaan les, privat, tot tajwid, tahsin/tahfidh alquran terutama untuk anda yang ada di wilayah pamulang, sawangan, cinere, Cirendeu, parung, depok, ciputat, jakarta selatan dan sekitarnya.

Spesifikasi layanan kami adalah:

  1. Bimbingan belajar alqur’an dari nol (untuk pemula)

  2. Bimbingan tahsin alquran

  3. Bimbingan tahfidh alqur’an

  4. Penataran instruktur pengajar IQRO’ (TOT)

  5. Penataran instruktur pengajar tahsin (TOT)

  6. Penataran instruktur pengajar tahfidh (TOT)

  7. Kajian ilmu tajwid sistem ketukan

Anda dapat memilih layanan les privat maupun kelompok, dan kami akan datang ke rumah anda untuk mendampingi belajar alqur’an keluarga anda. Kami juga melayani permintaan kerja sama dakwah alqur’an dengan ormas, DKM masjid/musholla, ROHIS, perkantoran dan perhotelan.

Bagi anda yang berdomisili di Parung, Sawangan, Cinere, Depok, Pamulang, Jakarta Selatan dan sekitarnya, anda dapat menghubungi kami melalui email :

bina.alquran@gmail.com

atau melalui nomor telepon

083 807 347 267  (SUPRIYONO)

belajar alqur’an dari NOL (Depok, Parung, Pamulang, Ciputat, Cinere, Cirendeu, Jakarta Selatan)

19 Apr

LTQ Bina Alqur’an menerima permintaan diklat, TOT, privat, les, kursus, bimbingan belajar ngaji membaca alquran:

dari

NOL

Area Depok, Parung, Pamulang, Ciputat, Cinere, Cirendeu, Sawangan dan Jakarta

Selatan

Buku Tajwid Metode Ketukan

29 Mar

Melihat minat pembaca yang cukup tinggi, penulis berinisiatif membukukan isi materi dalam blog ini. Alhamdulillah, telah tersusun buku dengan judul “PANDUAN  TAJWID APLIKATIF, Kajian Dengan Pendekatan Teknik Ketukan”. Buku ini adalah buku tajwid yang lengkap, bersifat aplikatif dengan menggunakan teknik ketukan dan contoh yang banyak, pembahasan gamblang sehingga sangat mudah difahami. Insya Allah sangat bermanfaat bagi pembacanya.

sampul tajwid

DAFTAR ISI

PRAKATA

8

1. Tentang Buku ini

8

2. Kiat sukses mengikuti program tahsin

8

a.  Ikhlash karena Alloh

9

b.  Do’a yang banyak kepada Alloh

9

c. Tsabat (teguh tidak mudah putus asa)

9

Bab I MUQODDIMAH

13

Khobar Nubuwwah

14

Adab Tilawah Alqur’an

18

Pengertian Ilmu Tajwid

19

Hukum Belajar Tajwid

20

1. Fardlu ‘Ain

20

2. Fardlu Kifayah

22

Tujuan Belajar Tajwid

22

1. Lahnu Al-Jaliy

22

2. Lahnu Al-Khofiy

23

Isti’adzah

23

Basmallah

24

Keutamaan Isti’adzah

25

Cara Menyambung Isti’adzah, Basmallah dan Surat

27

Cara Menyambung dua surat

28

Bab II MENGENAL KETUKAN BACAAN ALQUR’AN

30

Pengertian Kharokat

31

Kunci Dasar Kharokat/Ketukan

32

Ilustrasi Ketukan

34

Kaidah Umum Ketukan Bacaan Alqur’an

35

1 Huruf Mati (sukun) Tetap Mempunyai Hak 1 Ketukan

37

LATIHAN

38

Hamzah Washol ($#) dan Huruf Mad , Hilang Ketukannya Bila Diikuti Huruf Mati/Sukun

39

Huruf Bertasydid  Mempunyai Hak 2 Ketukan

40

LATIHAN

41

Bab III MAKHORIJU AL-HURUF

43

Peta Makhroj

44

Makhoriju Al-Huruf

45

Sifat-Sifat Huruf

46

Latihan Makhroj dan Sifat Huruf

52

Bab IV Ghunnah

88

Ghunnah

89

Bab V SIFAT BUNYI “N”

91

Peta Sifat Bunyi “N”

92

Idh-har Khalqiy

93

LATIHAN

94

Idghom Bilaghunnah

95

LATIHAN

96

Iqlab

97

LATIHAN

98

Idghom Bighunnah

98

LATIHAN

100

Ikhfa’ Khaqiqiy

101

LATIHAN

102

Bab VI SIFAT BUNYI “M”

109

Peta Sifat Bunyi  “M”

110

LATIHAN

111

Bab VII M  A  D

112

Pengertian Mad

113

Peta Mad

114

Mad Thobi’i

115

Mad Badal

116

Mad Tamkin

118

Mad ‘Iwadl

119

Mad Shilah Qoshiroh

120

Mad Thobi’i Kharfiy

121

Mad Wajib Muttashil

122

Mad Jaiz Munfashil

123

Mad Shilah Thowilah

124

Mad ‘Aridl Lissukun

125

Mad Layyin/Lin

126

Mad Farqi

127

Mad Lazim Mukhoffaf Kalimi

128

Mad Lazim Mutsaqol Kalimi

129

Mad Lazim Mukhoffaf Kharfiy

130

Mad Lazim Mutsaqol Kharfiy

131

Bab VIII TAFKHIM  DAN  TARQIQ

132

Pengertian Tafkhim/Tarqiq

133

1. Huruf Isti’la  dan bunyi ikhfa’-nya

133

2. Lafadh Jalalah

134

3. Huruf RO

135

Bab IX I D G H O M

141

Pengertian Idghom dan Pembagiannya

141

1. Idghom Mutamatsilain

142

2. Idghom Mutajanisain

142

3. Idghom Mutaqoribain

143

Bab X HAMZAH QOTHO’  dan HAMZAH WASHOL

144

Hamzah Qotho’  dan Hamzah Washol

145

Hamzah Qotho’

145

Hamzah Washol

146

1. Hamzah washol  di awal bacaan dibaca berbunyi “A”

147

2. Hamzah washol  di awal bacaan dibaca berbunyi “I”

148

3. Hamzah washol  di awal bacaan dibaca berbunyi “U”

149

4. Hamzah washol  tidak dibaca namun muncul bunyi “NI” karena  didahului tanda tanwin

150

5. Perkecualian

151

Bab XI W A Q O F

152

Pengertian Waqof

154

Pembagian Waqof

155

1. Waqof Ikhtibari

155

2. Waqof Intidhori

155

3. Waqof Idlthirori

155

4. Waqof Ikhtiyari

155

Cara-Cara Berwaqof

159

Berwaqof  Pada Huruf  Berbaris Fatkhah, Kasroh, Dlommah dan Sukun   (a)

159

Berwaqof  Pada Huruf  Berbaris Fatkhah, Kasroh, Dlommah dan Sukun   (b – qolqolah)

160

Berwaqof  Pada Huruf  Berbaris Fatkhah, Kasroh, Dlommah dan Sukun   (c – hams)

160

Waqof Pada Huruf Terakhir Berbaris Tanwin Dlommah

161

Waqof Pada Huruf Terakhir Berbaris Tanwin Kasroh

161

Waqof Pada Huruf Terakhir Berbaris Tanwin Fatkhah

162

Waqof  Pada Huruf Berbaris Tanwin Fatkhahnya Huruf Ta’ Marbuthoh

162

Waqof Pada Huruf  ber-Tasydid  (a)

163

Waqof Pada Huruf  ber-Tasydid (b – Qolqolah)

163

Waqof  Pada Huruf  ber-Tasydid (c – Ghunnah)

163

Waqof  Pada Bacaan Dengung

164

Waqof  Pada Huruf  Mati + Huruf di-Sukun-kan

165

Waqof  Pada Huruf  Mati + Huruf di-Sukun-kan (Qolqolah)

166

Waqof  Pada Huruf  Mati + Huruf di-Sukun-kan (Hams)

167

Waqof  Pada Mad  (2 Ketukan)

167

Waqof  Pada Mad  (4 Ketukan)

168

Waqof  Pada Mad  (6 Ketukan)

169

Tanda-tanda Waqof

169

Bab XII GHORIBUN FILQUR’AN

170

Ghoribun fil Qur’an

173

1. Sajdah  pada ayat yang bertanda kubah  ) 173
2. Saktah 175
3. Isymam 176
4. Imalah 177
5. Tashiil 177
6. Naql 177
7. Nun Wiqoyah 178
8. Shifrul Mustadir 179
9. Shifrul Mustathil Qoim 179
1o. Perhatian  (sering terjadi kesalahan bacaan) 180
Bab XIII MENGENAL MUSHKHAF ROSMU AL-UTSMANI 184
Alqur’an Rosmu Al-Ustmani 185
Bentuk Fisik Alqur’an Rosmu Al-Utsmani 186
Perbandingan Alqur’an Cetakan Indonesia Dengan Alqur’an Rosmu Al-Utsmani Cetakan Timur Tengah 187
1. Perbedaan Khot (bentuk tulisan) 187
2. Perbedaan Penulisan Simbol 194
Bab XIIv KHOTIMAH 206
Khotimah 207
Indikasi Tahsin Tilawah Yang Sukses 207
Urgensi Hifdhul  Qur’an 209
Untaian Harapan Ahlul Qur’an 219
DAFTAR PUSTAKA 223
P E N U L I S 224

Pelatihan Tajwid Metode Ketukan

28 Nov

Seiring perjalanan waktu, kami mendapati artikel dalam blog ini sangat diminati pembaca. Statistik web menunjukan  bahwa mereka masuk ke website ini dengan menggunakan kata-kata pilihan yang mengarahkannya pada artikel-artikel tajwid yang kami sajikan.

Untuk membantu pembaca yang berminat mengumpulkan artikel tajwid, kami telah mengumpul dan mencetaknya menjadi sebuah buku berjudul:

“PANDUAN TAJWID APLIKATIF, Sebuah Pendekatan Dengan Metode Ketukan”, dengan ilustrasi gambar sampul sebagai berikut:

Edisi perdana buku ini, memuat materi-materi penting Tajwid setebal 70 halaman

DAFTAR ISI

Hukum Belajar Tajwid…………………………………………………

1

Tujuan Belajar Tajwid …………………………………………………

2

Kabar Langit ………………………………………………………………

3

Cara Membaca Isti’adzah, Basmallah dan Surat …………………

4

Cara Menyambung Dua Surat ………………………………………

5

Peta Makhroj ……………………………………………………………

6

Wazan Huruf ……………………………………………………………

7

Kunci Dasar Ketukan/Harokat ………………………………………

9

Ilustrasi Ketukan ……………………………………………………….

10

Kaidah Umum Ketukan Bacaan Alqur’an …………………………

11

1 Huruf Mati (sukun) = 1 ketukan ……………………………………

13

Huruf Bertasydid = 2 ketukan …………………………………………

16

Ketukan Al-Qomariyyah ………………………………………………

17

Ketukan Al-Syamsiyyah ………………………………………………

18

Ghunnah …………………………………………………………………

19

Peta Sifat bunyi “N” ……………………………………………………

21

Idh-haar Khalqiy …………………………………………………………

22

Idghoom Bilaa Ghunnah ………………………………………………

24

Iqlaab……………………………………………………………………….

26

Idghoom Bighunnah ……………………………………………………

28

Ikhfa’ Haqiqiy………………………………………………………………

30

Peta Sifat Bunyi “M” ……………………………………………………

32

Resume : Ketukan Dengung (4 harokat) …………………………

34

Mad……………………………………………………………………………

37

Peta Mad ……………………………………………………………………

38

MadThobi’I …………………………………………………………………

39

Mad Badal …………………………………………………………………

41

Mad Tamkiin ………………………………………………………………

42

Mad “Iwadl …………………………………………………………………

43

Mad Shilah Qoshiroh ……………………………………………………

44

Mad Thobi’I Kharfiy …………………………………………………………

45

Mad Wajib Muttashil ………………………………………………………

46

Mad Jaiz Munfashil ……………………………………………………….

47

Mas Shilah Thowilah ………………………………………………………

48

Mad ‘Aaridl Lissukuun ………………………………………………………

49

Mad Layyin …………………………………………………………………

50

Mad Farqi ……………………………………………………………………

51

Mad Lazim Mukhoffaf Kalimi ………………………………………………

52

Mad Lazim Mutsaqol Kalimi ………………………………………………

53

Mad Lazim Mukhoffaf  Kharfiy ……………………………………………

54

Mad Lazim Mutsaqol Kharfiy ………………………………………………

55

Waqof Pada Huruf Berbaris Fatkhah, Kasroh, Dlommah dan Sukun

56

Waqof Pada Huruf Berbaris Tanwin Dlommah/Kasroh ………………

58

Waqof Pada Huruf Berbaris Tanwin Fatkhah ……………………………

59

Waqof Pada Huruf Berbaris Tanwin Fatkhah (Terakhit Ta’ Marbuthoh)

59

Waqof Pada Huruf Bertasydid ……………………………………………

60

Waqof Pada Huruf Bertasydid (Terakhir Qolqolah) ……………………

60

Waqof Pada Huruf Bertasydid (Terakhir Ghunnah) ……………………

61

Waqof Pada Bacaan Dengung ……………………………………………

61

Waqof Pada Dua Huruf Sukun ……………………………………………

62

Waqof Pada Dua Huruf Sukun (Terakhir Qolqolah) ……………………

63

Waqof Pada Dua Huruf Sukun (Terakhir Hams) …………………………

63

Waqof Pada Mad (2 ketukan) ……………………………………………

64

Waqof Pada Mad (4 ketukan) ……………………………………………

65

Waqof Pada Mad (6 ketukan) ……………………………………………

65

Saktah ………………………………………………………………………

66

Isymaam ……………………………………………………………………

67

Imaalah ………………………………………………………………………

67

Tas-hiil ………………………………………………………………………

67

Naql …………………………………………………………………………

67

Mad Badal Asli ………………………………………………………………

68

Nun Wiqoyah ………………………………………………………………

69

Penulis ………………………………………………………………………

70

Untuk dedikasi terbaik, kami akan terus menyempurnakan buku ini sehingga dapat menjadi manual tajwid yang lengkap dan memuaskan hasrat belajar bagi pembaca.

Bagi anda yang berminat, dapat menghubungi kami melalui email:  bina.alquran@gmail.com  atau  priyono99@gmail.com

(HP : 0813-82738045  – supriyono)

Bila diperlukan, kami melayani pelatihan bimbingan tajwid metode ketukan ini.

Mudah-mudahan bermanfaat.