SOP Tartil

 

Selamat datang di laman rumahku, MTQ Bina Alqur’an. Kamu beruntung karena anugerah yang agung ini. SOP Tartil Alquran ini ilmu baru. Baru ada di kolong dunia ini. Dan Alhamdulillaah, ilmu ini lahir di kolong madrasah MTQ Bina Alquran. Kalau kamu mau, kamu bisa pelajari ilmu ini dengan mudah. Tapi… hanya di Bina Alquran ya…. kamu tidak akan temukan ilmu ini di tempat lain.

Ilmu ini lahir, bermula dari kerisauanku yang mendalam. Risau gimana ? Gini.  Sama-sama ngaji quran, tapi hasil bacaannya ngga sama. Kamu rasain itu ga ? Kalau ga percaya, coba duduk 5 orang, baca quran bareng. Suratnya sama, ayatnya sama, mulainya bareng. Coba baca bareng-bareng. 1, 2, 3….. mulai !!  Jreeeng… !!  Hasilnya, suaranya beda-beda bukan ? Kudune, nek qurane siji, hasil bacaanya ya satu macam ya to ? Tapi kenapa bisa beda-beda ngono ? Berarti ada sesuatu di situ, ada miss, sehigga bacaannya ra podo.

Itulah mengapa aku risau. Aku udah ngaji di kampung sono. Di Jakarta, ternyata bacaanku ngga laku. Ngga kepake. Dikoreksi mulu. Ternyata, aku masih harus belajar tahsin supaya bacaanku menjadi bagus.

Alhamdulillaah, sejak tahun 1995 sampai kisaran tahun 2011, Allah SWT mempertemukanku dengan beberapa guru tahsin/tahfizh. Ngaji tahsin berganti ganti dari satu guru ke guru yang lain. Selama rentang waktu 1995 – 2011 itu, aku ngaji talaqqi bacaan dengan beberapa ustadz, diantaranya : Ust. Afandi Anwar (LTQ Kharisma Risalah), Ust. Nurkholis (Masjid Alfalah, Benhil), Ust. Abdus Somad (LTQ Alhikmah), Ust. Choirul Anwar (Masjid Attaqwa, Bangka 3), Ust. Ismail Tanjung (FHQ Almujahidin,Pamulang) dan lain-lain.

Setelah menggali dari guru-guru itu, diperoleh satu kesimpulan, bahwa bacaan tartil itu ada bentuknya. Ada polanya. Bisa diwujudkan. Cling ! muncullah ide kecil ini. Sebuah ide untuk membuat ukuran-ukuran (ketukan) bacaan alquran sehingga  bacaan bisa langsung terstruktur tartil. Beruntung, para ustadz tahsin selalu mengenalkanku dengan alquran tartil rasm utsmani.

Berikut ini akan kujelaskan kronologis tentang penyusunan metode ini, sehingga akhirnya menjadi SOP Tartil. Aku pake bagan untuk menjelaskan.

siklus sop

Pertama, tahap Planning. Di bagan atas, huruf P abang iku, maksude yo Planning iki. Tahap perencanaan. Di tahap ini, aku ngaji tahsin dengan para ustadz. Proses ini berlangsung sejak tahun 1995 – 2009. Selama itulah aku menggali miniatur tartil dari para ustadz.

talaqqi

Kedua, tahap Organizing. Di bagan atas, huruf O abang iku, maksude yo Organizing iki. Tahap pembuatan formula/rumus tartil dengan bahan teks alquran rasm utsmani.  Melalui pendekatan teks alquran rasm utsmani, kemudian dibandingkan dengan formasi bunyi bacaan tartil yang diperoleh dari proses talaqqi dengan para asaatidz, dipelajarilah ukuran-ukurannya, kemudian jadilah formula tartil metode ketukan.

formula SOP

Ketiga, tahap Actuating. Di bagan atas, huruf A abang iku, maksude yo Actuating iki. Tahap menguji formula ketukan yang sudah dibuat, yaitu dengan membaca alquran rasm utsmani dengan menggunakan teknik ketukan ini. Yang mencoba teknik ini ya orang lain tentunya. Aku mengajarkan tartil kepada beberapa orang, kemudian mereka mempraktekkan teknik ini, untuk membaca Alquran rasm utsmani.

tartil

Keempat, tahap Controlling. Di bagan atas, huruf C abang iku, maksude yo Controlling iki. Yaitu tahap pengawasan/penilaian. Betul ngga presisinya, teknik ketukan ini menghasilkan bunyi quran tartil.  Kalau presisi tartilnya kurang, insya Allaah akan digenapkan dengan proses talaqqi yang sesungguhnya.

Sambil menggali ilmu tartil, mulai tahun 2010, aku mencoba menulis pelajaran tajwid di internet. Untuk belajar sendiri maksudnya. Saat itu, aku minta arahan beberapa temen untuk membimbingku belajar membuat blog, sekalian latihan menulis. Maka dari itu, lahirlah blog https://binaalquran.wordpress.com ini.  Kemudian, pada tahun 2012, isi tulisan di blog ini aku kumpulin menjadi sebuah buku seperti ini. Lumayan juga, setebal 232 halaman. Semoga karya ini menambah khazanah keilmuan kreatif di bidang ilmu alquran.

sampul buku depan  sampul buku blkng

Buku tajwid ketukan di atas, itu buku teori ketukan. Setelah aku minta tolong beberapa orang untuk membacanya, responnya positif. Namun, beda teori beda pula aplikasi pengajarannya. Teorinya sudah ditulis, tapi untuk diajarkan ribed juga ya ? He he he…

Nah.. muncul ide lagi. Karena di tahapan pengajaran terasa sulit, maka aku buat buku khusus, semacam aplikasi untuk para pemula. Maka, lahirlah buku turunan, khusus untuk mengajarkan metode ketukan ini kepada para pemula. Buku ini kemudian aku beri nama sbb:

sq

Frasa ‘SQ Methode’ atau ‘Metode SQ’ itu nama, bukan singkatan. Namun, karekteristik Metode SQ ini dapat dijelaskan melalui beberapa idiom yang mirip singkatan SQ.

Pertama, SQ itu adalah sifat dari metode ini. Yaitu Sahlul Qiro’ah (SQ). Sahlu artinya mudah, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Jadi, Sahlul Qiro’ah itu berarti mudah dalam membacanya. Bentuk kemudahan dari metode ini, kamu tidak harus menghafal kaidah/teori ilmu tajwid karena ilmu tajwid sudah digantikan dengan Standard Operating Prosedur (SOP). SOP didapatkan dengan mengunci simbol-simbol dengan teknik ketukan dan diperjelas lagi dengan prosedur mengetuk secara pasti dan jelas. Hal ini membawa pesan kepadamu, bahwa belajar alqur’an itu sebenarnya mudah, tidak sulit. Metode ini dirancang dengan tahapan-tahapan teori yang mudah difahami. Untuk mendukung penguasaan teori, disuguhkan contoh yang cukup banyak dan variatif.

Kedua, SQ itu menunjukan cara pengajarannya. Yaitu melalui Shilah Qiro’ah (SQ). Shilah artinya penghubung, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Shilah Qiro’ah ini berbentuk kumpulan rumus yang tersusun menjadi 6 tingkatan rumus atau 6 kunci bacaan secara hierarki, masing-masing tingkatan rumus berhubungan dengan tingkatan rumus selanjutnya. Tidak banyak, hanya 6 rumus hierarkis yang sangat mudah difahami. Shilah Qiroah ini sebenarnya adalah simulator untuk mempelajari simbol, harga ketukan dan teknik mengetuknya. Dalam simulator ini, kamu sebenarnya hanya belajar simulasi ketukan tanwin, sukun dan tasydid. Simpel banget.

Untuk memudahkan memori otak menangkap dan mengingat Shilah Qiro’ah ini, disiapkan Senandung Qiro’ah (SQ) yang imut dan menggemaskan. Iramanya yang tergolong ‘mars dan haroki’ menyokong semangat tersendiri bagi yang mempelajarinya. Iiiih…. !!

Selain Senandung Qiro’ah, Shilah Qiro’ah ini didoktrinasikan dengan Sistem (Q)Ketukan (SQ), sehingga bacaannya terkunci, terukur dan terstruktur. Sistem (Q)Ketuk ini sangat penting dan berperan untuk membentuk pondasi bacaan tartil. Ibarat sedang mengikuti baris-berbaris, cara anda berjalan diatur sedemikian rupa sehingga tidak asal jalan. Seperti baris-berbaris yang enak ditonton, Sistem (Q)Ketuk dalam metode ini menata bacaan sehingga menjadi indah didengarkan. Amazing !

Ketiga, SQ itu adalah goal yang ditargetkan metode ini. Yaitu Standar Qur’an (SQ) dan Standar Qiro’ah (SQ). Standar Qur’an yang dimaksud di sini adalah alqur’an rasmul utsmani yang diterbitkan penerbit timur tengah. Jadi, metode ini memang dirancang supaya anda dapat membaca alqur’an rasmul utsmani. Standar Qiro’ah yang dimaksud di sini adalah bacaan standar yaitu tartil. Metode ini menuntun anda menguasai patokan baku sehingga output bacaannya tartil, terukur, terstruktur. Bimbingan bacaan tartil diberikan dengan teknik SOP tartil, yaitu dengan mempelajari simbol, harga ketukan dan cara/teknik mengetuknya.

Di buku inilah palajaran tentang SOP tartil diajarkan secara teknis. Harga sebuah simbol ditentukan ketukannya secara pasti, dan ditentukan cara mengetuknya. Bisa menjadi SOP, karena harga sebuh simbol itu sudah jelas dan cara mengetuknya pun sudah jelas dan pasti. Inilah harga simbolnya:

harga simbol

Bila kamu belajar SOP tartil ini, kamu akan dikenalkan dengan simulator ketukan (harga ketukan dan cara mengetuknya) secara detil. Inilah simulatornya:

update shilah qiroah

Langkahnya dituntun satu demi satu sehingga dapat diperoleh manual ketukan seperti ini:

manual ketukan manual ketukan1

APA ITU SOP TARTIL  ?

SOP Tartil Metode SQ adalah studi tartil dengan cara mengetuk simbol sebagai aplikasi dari hukum-hukum tajwid. Suatu simbol memiliki hak ketukan tertentu. Kemudian ditentukan cara mengetuknya. Kemudian menjadi SOP karena sudah sangat jelas harga tiap simbol dan kepastian cara mengetuknya. Outpun dari aplikasi SOP ini akan menghasilkan bacaan yang otomatis sesuai hukum tajwid, TARTIL. Sekalipun anda tidak tahu nama hukum tajwidnya.

Gambaran tentang bimbingan mengetuk simbol yang akan anda pelajari nanti adalah sebagai berikut:

Simbol bernilai 1 ketukan dan SOP pengetukannya

  k1 gabung

Simbol bernilai 2 ketukan dan SOP pengetukannya

k2-tanwin dan tasydid

Simbol bernilai 3 ketukan dan SOP pengetukannya

k3-gabung

Simbol bernilai 4 ketukan dan SOP pengetukannya

k4 gabung

Simbol bernilai 5 ketukan dan SOP pengetukannya

k5 gabung

 

Bergabung dalam bimbingan teknis ini akan menjadi pengalaman menarik tersendiri bagi anda. Tartil, tanpa ribed menghafal teori ilmu tajwid.

Untuk menjembatani keinginan kamu yang ingin belajar SOP tartil ini, aku adain pelatihan-pelatihan SOP Tartil di beberapa tempat. Di Gedung Ayam Bulungan (sudah 13 angkatan), di Sanggar Quran Asysyifa Cipulir (sudah 5 angkatan), di Gerai Tartilic Pasar Modern Pamulang, dan di markaz MTQ Bina Alquran.

Jadwal pelatihan yang akan dilakukan dalam waktu dekat, sebagai berikut:

 

cipulir

pamulang

Berikut ini adalah arsip foto kegiatan bimtek SOP Tartil di Bulungan.

Bimtek SQ 9 Blok M

Bimtek SQ 9 Bl0k Msq8a

 

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis SOP Tartil ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan SOP teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

 

Lihat Testimoni mereka yang sudah duluan mencoba SOP Tartil ini

tesqmoni

Kamu mau coba ? Call aku ya… ?! Ini nomor WA-ku   083 807 347 267 (SUPRIYONO)

%d bloggers like this: