Archive | Rosmul Utsmani RSS feed for this section

Pelatihan SOP Tartil – Tanpa Menghafal Ilmu Tajwid

25 May

Marhaban Yaa Ramadhaaaan….

Ramadhan Syahrul Quran

Belajar Quran Nyo’……. !!!!

Pelatihan SOP Tartil – Tanpa Menghafal Ilmu Tajwid

Terbukti  Cepat, Praktis dan Efektif

Mudah dipahami dan diaplikasikan, kepala jadi ngga NGEBUL karena pusing menghafal teori ilmu tajwid.

(Belajar dari NOL – Khusus DEWASA)

 

HANYA 8 PERTEMUAN @ 2 JAM

 

 

Dibimbing langsung oleh Abi Supriyono

Perumus SOP Tartil Metode Ketukan

HP/WA/Telegram : 083 807 347 267

GOAL PELATIHAN:

Anda bisa membaca Alqur’an standar Internasional, Alqur’an Rasm Utsmani.

Paham dan bisa mengaplikasikan SOP Tartil

Mahir membaca Alqur’an dengan praktek Tajwid yang benar (walaupun tidak mengerti teori Ilmu Tajwid).

LAMA PELATIHAN:

8 kali tatap muka @ 2 jam

(Boleh mengulang GRATIS bila anda tertinggal atau belum menguasai pelajaran)

WAKTU BELAJAR:

Tiap Sabtu dan Minggu

Termin 1 : Pukul 09.00 – 11.00

Termin 2 : Pukul 13.00 – 15.00

(Bila pilihan waktu tersebut kurang cocok, komunikasikan kepada kami)

TEMPAT BELAJAR:

Majelis Tartil Alqur’an (MTQ) Bina Alqur’an

Jalan Curug Raya no. 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug

Kec. Bojongsari, Depok.

(Peta dan rute klik di sini)

INVESTASI

Biaya Pelatihan   Rp 350.000

(Sudah termasuk Buku SQ SOP Tartil  dan alat tulis)

Biaya pelatihan ditransfer ke Rekening Bank Mandiri nomor : 126 009 900 4953  a.n. Supriyono dengan keterangan tertulis NAMA ANDA.

 

VOLUME KELAS:

20 siswa per kelas (usia dewasa, SMA ke atas)

KURSUS KIT

Selain bimbingan teknis langsung dari Perumus SOP Tartil Metode SQ, Peserta mendapatkan perlengkapan belajar sbb:

Buku Pelajaran Utama: SQ – SOP Tartil Alqur’an Rasm Utsmani
Jus 26 – 30 dengan simbol warna dengung

PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka setiap saat. Kelas Baru mulai belajar pada setiap awal bulan.

Pendaftaran hanya dilayani melalui email :

bina.alquran@gmail.com

(Kirim email berisi data diri anda beserta nomor telepon yang bisa dihubungi.  Terntukan pilihan waktu belajarnya, pada Termin 1 atau Termin 2. Lampirkan fotokopy KTP/SIM yang masih berlaku dan bukti transfer biaya pelatihan)

Mereka yang telah lebih dahulu mencoba Metode SQ

tesqmoni

 

Bimtek SQ 9 Blok M Bimtek SQ 9 Bl0k M

OUTPUT BIMTEK

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap
Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Semua siswa akan bisa membaca dengan teknik seperti ini:

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

Program menarik ini hanya  ada di MTQ Bina Alqur’an !

Jaminan MENGULANG GRATIS apabila anda GAGAL

Sedih lho… gini hari belum bisa baca qur’an….. !

Hayooo… dapatkan sensasi kebahagiaan selepas pelatihan ini. Insya Allah kamu akan rasakan pengalaman yang sangat indah seperti pengalamanku dahulu (dari belum bisa ngaji menjadi bisa lancar baca alqur’an) seperti berikut ini:

  • Aku menjadi semangat jadi ayah dan ga pelu panggil guru privat saat anakku nanya PR pelajaran IQRO baca alqur’an.

  • Aku menjadi berani duduk di shaf shalat jamaah terdepan, ga mojok lagi di shaf paling belakang.

  • Aku ga perlu lagi melirihkan suara bacaanku saat tadarrus bareng teman-temanku.

  • Aku ga takut lagi dikasih buku Yasin saat kenduren, ga ada alasan datang belakangan.

 

Karena itu…

 

  • Bagi kamu yang tiap hari pake topi haji tapi belum bisa baca alqur’an, segeralah berangkat ikut pelatihan ini.

  • Bagi kamu yang ragu pergi haji/umroh karena belum bisa baca alqur’an, jangan lewatkan kesempatan ini !

  • Bagi kamu yang kapok karena pernah gagal belajar alqur’an, jangan sia-siakan tawaran ini ! Mentalmu ‘down’ kaaan…, kalo denger ilmu tajwid ? Suerrr…. bersama Bina Alqur’an kamu ga harus ribed ngapalin teori ilmu tajwid. Belajar jadi praktis, simple dan sangaaaaat mudah !

  • Bagi kamu yang belum PD pakai jilbab karena belum bisa baca alqur’an, kamu harus ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu sering grogi dan gemeter akan di test baca alqur’an oleh calon mertua, kamu wajib ikut pelatihan ini !

  • Bagi kamu yang susah cari waktu/tempat untuk bimbingan belajar ngaji,  jangan lewatkan alternatif ini !

  • Kalo kamu minder/malu sama staf bawahan karena belum bisa baca qur’an, ga akan nyesel ikut hadir di pelatihan ini !

  • Kalau kamu bingung mau ngapain selepas pensiun, ga salah memilih nongkrongin program akhirat ini. Nikmati masa pensiun dengan banyakin ibadah membaca surat cinta Ilahi.

 

Temukan Saudara baru kamu yang santun dan sangaaat kekeluargaan, hanya di basecamp boarding tartil Alqur’an, MTQ Bina Alqur’an.

Kamu pun menjadi bagian dari kami, Keluarga Bina Alqur’an, dan kami siap mendampingimu untuk bimbingan lanjutan pasca pelatihan.

Metode SQ, metode mutaakhir, metode tercepat untuk bisa lancar tartil membaca alquran.

Jangan salah bandingin ya…

Kami menginginkan anda mahir baca qur’an. Bacanya lancar dan tartil.

Emang ada si… yang nawarin 3 jam bisa baca qur’an.

Kami tidak jual iklan 3 jam bisa baca qur’an, karena nyatanya kemampuan mahir lancar tartil baca quran itu ketrampilan. Mustahil hanya dengan 3 jam belajar hal itu bisa dicapai. Kalo cuma ngerti, itu mungkin, tapi ya tetep aja bacaanya terbata-bata, gradal-grudul, apalagi bisa tartil !

Penawaran kami sangat realistis. Cukup sehari, 24 jam tatap muka, anda bisa mampu lancar tartil membaca alqur’an.

BUKTIKAN !

Advertisements

Murottal Teknik Ketukan

30 Sep

Bacaan Murottal Dengan Navigasi Teknik Ketukan

Khusus Mushaf Rasm Al-Utsmani (Alquran Madinah)

Berikut ini adalah contoh video bacaan murottal dengan navigasi teknik ketukan. Tempo bacaan dibuat pelan (rata 0,40 detik per harakat) dengan tujuan agar mudah diikuti oleh pelajar pemula.

Anda akan dibimbing step by step dari nol untuk dapat menguasai teknik bacaan sebagaimana tayangan video di bawah ini.

Tahapan belajar yang akan anda tempuh adalah sebagai berikut:

Pertama, anda akan dibimbing untuk mengetuk semua simbol tanda baca dengan tujuan untuk menghafal hak ketukan setiap simbol.

Kedua, setelah anda menguasai dengan baik nilai-nilai simbol, anda akan dibimbing mengetuk dengan perasaan (outo ketuk). Pada tahapan ini, anda masih mengetuk, tapi bukan pada simbol tanda baca.

Ketiga, anda akan dibimbing untuk membaca dengan melepaskan ketukan sama sekali, dengan output bacaan rapih sebagaimana kondisi ketika anda mengetuk simbol pada tahap awal.

Keempat, anda akan dibimbing talaqqi (tera bacaan) sambil menjalani studi tahsin, sebelum anda menuju kelas menghafal alquran/tahfizh.

  1. 001-Surat Alfatihah

  1. 096-Surat Al-‘Alaq

  1. 097-Surat Alqodar

  1. 098-Surat Albayyinah

  1. 099-Surat Azzalzalah

  1. 100-Surat Al-‘Aadiyaat

  1. 101-Surat Al-Qoori’ah

  1. 102-Surat Attakaatsur

  1. 103-Surat Al-‘Ashr

  1. 104-Surat Al-Humazah

Video ini diterbitkan oleh:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Jalan Curug Hilir nomor 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug

Kec. Bojongsari, Kota Depok – 16517

HP  083 807 347 267

Google Map, Alamat dan Rute klik di sini

Murottal Teknik Ketukan

18 Sep

Bacaan Murottal Dengan Navigasi Teknik Ketukan

Khusus Mushaf Rasm Al-Utsmani (Alquran Madinah)

Berikut ini adalah contoh video bacaan murottal dengan navigasi teknik ketukan. Tempo bacaan dibuat pelan (rata 0,40 detik per harakat) dengan tujuan agar mudah diikuti oleh pelajar pemula.

Anda akan dibimbing step by step dari nol untuk dapat menguasai teknik bacaan sebagaimana tayangan video di bawah ini.

Tahapan belajar yang akan anda tempuh adalah sebagai berikut:

Pertama, anda akan dibimbing untuk mengetuk semua simbol tanda baca dengan tujuan untuk menghafal hak ketukan setiap simbol.

Kedua, setelah anda menguasai dengan baik nilai-nilai simbol, anda akan dibimbing mengetuk dengan perasaan (outo ketuk). Pada tahapan ini, anda masih mengetuk, tapi bukan pada simbol tanda baca.

Ketiga, anda akan dibimbing untuk membaca dengan melepaskan ketukan sama sekali, dengan output bacaan rapih sebagaimana kondisi ketika anda mengetuk simbol pada tahap awal.

Keempat, anda akan dibimbing talaqqi (tera bacaan) sambil menjalani studi tahsin, sebelum anda menuju kelas menghafal alquran/tahfizh.

SURAT LAINNYA

KLIK SURAT LAINNYA

  1. 001-Surat Alfatihah

.01-fatihah

  1. 105-Surat al-Fiil

.02-alfiil

  1. 106-Surat al-Quroisy

.03-quroisy

  1. 107-Surat al-Maa’uun

.04-almaun

  1. 108-Surat al-Kautsar

.05-kautsar

  1. 109-Surat Al Kafirun

.06-kafiruun

  1. 110- Surat an-Nashr

.07-annashr

  1. 111-Surat Allahab

.08-allahab

  1. 112-Surat Al-Ikhlash

.09-alikhlash

  1. 113-Surat Alfalaq

.10-alfaaq

  1. 114-Surat Annaas

.11-annas

KLIK SURAT LAINNYA

KLIK SURAT LAINNYA

Video ini diterbitkan oleh:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Jalan Curug Hilir nomor 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug

Kec. Bojongsari, Kota Depok – 16517

HP  083 807 347 267

Google Map, Alamat dan Rute klik di sini

Testimoni Belajar Dari NOL

22 Feb

Dari NOL, Dalam 2 Bulan Saya Sudah Lancar Baca Alqur’an

Siti Sumarni Sinulingga

Siti Sumarni Sinulingga, dari Munte, Karo, Medan, Sumatera Utara

 

Alhamdulillah, mungkin ini memang jalan yang telah Allah tunjukkan kepada diri saya pribadi. Awal mulanya saya mempunyai kemauan keras untuk dapat membaca Al-Qur’an. Cari-mencari di “Google” bimbingan belajar membaca Al-Qur’an belum juga ada yang cocok, hingga di bulan Desember 2015 lalu saya menemukan website  MTQ Bina Al-Qur’an. Setelah saya hubungi Abi Supriyono via sms, ternyata ada cabangnya di Blok M. “Pucuk dicinta ulam pun tiba”, inilah saat-saat yang saya nanti. Tanpa berpikir panjang, kemudian saya mengikuti kursus membaca Al-Qur’an disana selama 12 pertemuan, kira-kira satu bulan lebih. Saya terdaftar sebagai siswa kursus (Bimtek SOP Tartil Alquran Metode SQ) angkatan 14 dengan masa belajar mulai 19 Desember 2015 s.d. 24 Januari 2016.

Pertama mengikuti kursus ini, saya merasa bingung. Karena semula saya memang sudah mengatakan kepada Abi Supriyono, bahwa saya masih belum mengenal sama sekali huruf hijaiyah. Tiba-tiba sudah berhadapan dengan rumus-rumus Metode SQ (Shilah Qiroah) yang ditulis oleh beliau. Salah satu cara mudah membaca Al-Qur’an dengan tartil menggunakan Al-Qur’an Rosm Al-Utsmani.

Dipertemuan kedua, saya mulai mengerti. Dan ternyata tidak sesulit yang saya pikirkan sebelumnya. Ada rumus-rumus pula untuk menghafal huruf-huruf hijaiyah, yang dikelompokkan menjadi lima bagian. Yakni diantaranya, Huruf Perahu, Huruf Pancing, dan lain sebagainya. Disetiap pertemuan saya dikenalkan dengan satu kelompok huruf yang sudah dibagi-bagi tersebut, sampai dipertemuan keenam saya sudah menghafal 28 huruf hijaiyah dengan mudah.

Dipertemuan selanjutnya hanya empat kali pertemuan, saya sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan menggunakan rumus Shilah Qiroah (SQ). Itu artinya saya dapat membaca Al-Qur’an hanya dengan 10 kali pertemuan, yang saat itu pula sudah mulai membaca Juz Amma (Juz 30) sampai pertemuan ke 12.

Dan saat ini saya masih belajar membaca Al-Qur’an di Markas MTQ Bina Al-Qur’an, Curug, Bojongsari, Depok. Karena dari awal Abi Supriyono sudah menawarkan kepada saya untuk menginap di sini supaya lebih maksimal belajar membaca Al-Qur’an.
Hampir 3 minggu saya disini, insya Allah rencana sampai tiga bulan.  Banyak ilmu yang saya dapatkan dari para pembimbing, terutama Abi Surpiyono. Sehingga menjadikan saya cinta kepada Al-Qur’an.

Dari pengalaman saya, belajar memang perlu menggunakan suatu metode. Jadi tidak asal belajar yang akhirnya asal jadi, jadi salah. Tapi bagaimanapun proses belajar tidak bergantung kepada guru atau suatu metode, melainkan pada diri sendiri yang slalu telaten mengulang-ulang apa yang telah dipelajari. Intinya belajar, belajar dan belajar.

Mudah-mudahan Metode SQ ini juga bermanfaat untuk orang-orang yang mau belajar Al-Qur’an dengan tartil .

Terimakasih Abi Supriono dan para pembimbing yang dengan sabar mendampingi saya belajar. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan-kebaikan di akherat kelak. Aamiin.

Bimtek SOP Tartil Alquran Metode SQ

2 Dec

Merasa SULIT Belajar Alqur’an ?

Bongkar MENTAL BLOK di otak anda  !

 

SEGERA IKUTI…. !!!

BIMBINGAN TEKNIS STANDAR OPERATING PROCEDUR (SOP)  TARTIL  ALQUR’AN

Tanpa Menghafal Ilmu Tajwid  !!

(Khusus DEWASA)

 

 

Dibimbing langsung oleh Abi Supriyono

Penyusun SOP Tartil Metode SQ

Abi Supriyono

Abi Supriyono

Deskripsi Bimtek:

 Supriyono, “Mewujudkan bacaan tartil itu ternyata mudah. Tartil ternyata ada rumusnya. Mudah… Sangaat Mudah !  Anda tinggal ikuti saja manualnya, maka bacaan anda pun mendadak berubah tartil. Ikuti Standar Operating Tartilnya, maka anda pun bisa mandiri, membaca seluruh teks Alqur’an dengan tartil, tanpa kecuali !”

 

 

Lama Pertemuan :

12 kali tatap muka @ 2 jam

 

 

Jadwal Kelas Baru:

cipulir

pamulang

 

 

KURSUS KIT

Selain bimbingan teknis langsung dari Penyusun SOP Tartil Metode SQ, Peserta mendapatkan perlengkapan belajar sbb:

SQ

Buku SQ Methode, Cara Mudah Cepat Lancar Tartil Membaca Alqur’an (4 jilid)

juz 30

Buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30

juz amma yatasaa alun

Tampilan Isi buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30, untuk pemula, dengan panduan simbol bacaan dengung 4 ketukan berarsiran warna merah

sampul tajwid

Buku Panduan Tajwid Aplikatif, Kajian Dengan Pendekatan SOP Teknik Ketukan (232 halaman)

Mushafrasmutsmani

Mushaf Alquran 30 juz Rasm Utsmani (rupa sampul tidak mengikat, bisa berubah-ubah sesuai ketersediaan stok)

Peserta dibimbing untuk mengenali bacaan dengung dengan teknik mewarnai bacaan dengung pada juz 29, 28, 27 dan 26  sehingga mahir. Peserta dibekali dengan materi yang komprehensif

 

 

APA ITU SOP TARTIL  ?

SOP Tartil Metode SQ adalah studi tartil dengan cara mengetuk simbol sebagai aplikasi dari hukum-hukum tajwid. Suatu simbol memiliki hak ketukan tertentu. Kemudian ditentukan cara mengetuknya. Kemudian menjadi SOP karena sudah sangat jelas harga tiap simbol dan kepastian cara mengetuknya. Outpun dari aplikasi SOP ini akan menghasilkan bacaan yang otomatis sesuai hukum tajwid, TARTIL. Sekalipun anda tidak tahu nama hukum tajwidnya.

Gambaran tentang bimbingan mengetuk simbol yang akan anda pelajari nanti adalah sebagai berikut:

Simbol bernilai 1 ketukan dan SOP pengetukannya

  k1 gabung

Simbol bernilai 2 ketukan dan SOP pengetukannya

k2-tanwin dan tasydid

Simbol bernilai 3 ketukan dan SOP pengetukannya

k3-gabung

Simbol bernilai 4 ketukan dan SOP pengetukannya

k4 gabung

Simbol bernilai 5 ketukan dan SOP pengetukannya

k5 gabung

 

Bergabung dalam bimbingan teknis ini akan menjadi pengalaman menarik tersendiri bagi anda. Tartil, tanpa ribed menghafal teori ilmu tajwid.  Daftar Yuk !!

 

PENDAFTARAN

Pendaftaran hanya dilayani melalui email :

bina.alquran@gmail.com

Mereka yang telah lebih dahulu mencoba Metode SQ

tesqmoni

Inilah Suasana Kelas BIMTEK/Kursus SOP Tartil Metode SQ, di Gedung Ayam, Bulungan, Jakarta Selatan

Bimtek SQ 9 Blok M Bimtek SQ 9 Bl0k M

sq8C

sq8b

sq angkt 7

OUTPUT BIMTEK

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

Program menarik ini hanya  ada di MTQ Bina Alqur’an !

Metode SQ, metode mutaakhir, metode tercepat untuk bisa lancar tartil membaca alquran.

Jangan salah bandingin ya…

Kami menginginkan anda mahir baca qur’an. Bacanya lancar dan tartil.

Emang ada si… yang nawarin 3 jam bisa baca qur’an.

Kami tidak jual iklan 3 jam bisa baca qur’an, karena nyatanya kemampuan mahir lancar tartil baca quran itu ketrampilan. Mustahil hanya dengan 3 jam belajar hal itu bisa dicapai. Kalo cuma ngerti, itu mungkin, tapi ya tetep aja bacaanya terbata-bata, gradal-grudul, apalagi bisa tartil !

Penawaran kami sangat realistis. Cukup sehari, 24 jam tatap muka, anda bisa mampu lancar tartil membaca alqur’an.

BUKTIKAN !

Standard Operating Procedure (SOP) Tartil Alquran

11 Nov

Selamat datang di laman rumahku, MTQ Bina Alqur’an. Kamu beruntung karena anugerah yang agung ini. SOP Tartil Alquran ini ilmu baru. Baru ada di kolong dunia ini. Dan Alhamdulillaah, ilmu ini lahir di kolong madrasah MTQ Bina Alquran. Kalau kamu mau, kamu bisa pelajari ilmu ini dengan mudah. Tapi… hanya di Bina Alquran ya…. kamu tidak akan temukan ilmu ini di tempat lain.

Ilmu ini lahir, bermula dari kerisauanku yang mendalam. Risau gimana ? Gini.  Sama-sama ngaji quran, tapi hasil bacaannya ngga sama. Kamu rasain itu ga ? Kalau ga percaya, coba duduk 5 orang, baca quran bareng. Suratnya sama, ayatnya sama, mulainya bareng. Coba baca bareng-bareng. 1, 2, 3….. mulai !!  Jreeeng… !!  Hasilnya, suaranya beda-beda bukan ? Kudune, nek qurane siji, hasil bacaanya ya satu macam ya to ? Tapi kenapa bisa beda-beda ngono ? Berarti ada sesuatu di situ, ada miss, sehigga bacaannya ra podo.

Itulah mengapa aku risau. Aku udah ngaji di kampung sono. Di Jakarta, ternyata bacaanku ngga laku. Ngga kepake. Dikoreksi mulu. Ternyata, aku masih harus belajar tahsin supaya bacaanku menjadi bagus.

Alhamdulillaah, sejak tahun 1995 sampai kisaran tahun 2011, Allah SWT mempertemukanku dengan beberapa guru tahsin/tahfizh. Ngaji tahsin berganti ganti dari satu guru ke guru yang lain. Selama rentang waktu 1995 – 2011 itu, aku ngaji talaqqi bacaan dengan beberapa ustadz, diantaranya : Ust. Afandi Anwar (LTQ Kharisma Risalah), Ust. Nurkholis (Masjid Alfalah, Benhil), Ust. Abdus Somad (LTQ Alhikmah), Ust. Choirul Anwar (Masjid Attaqwa, Bangka 3), Ust. Ismail Tanjung (FHQ Almujahidin,Pamulang) dan lain-lain.

Setelah menggali dari guru-guru itu, diperoleh satu kesimpulan, bahwa bacaan tartil itu ada bentuknya. Ada polanya. Bisa diwujudkan. Cling ! muncullah ide kecil ini. Sebuah ide untuk membuat ukuran-ukuran (ketukan) bacaan alquran sehingga  bacaan bisa langsung terstruktur tartil. Beruntung, para ustadz tahsin selalu mengenalkanku dengan alquran tartil rasm utsmani.

Berikut ini akan kujelaskan kronologis tentang penyusunan metode ini, sehingga akhirnya menjadi SOP Tartil. Aku pake bagan untuk menjelaskan.

siklus sop

Pertama, tahap Planning. Di bagan atas, huruf P abang iku, maksude yo Planning iki. Tahap perencanaan. Di tahap ini, aku ngaji tahsin dengan para ustadz. Proses ini berlangsung sejak tahun 1995 – 2009. Selama itulah aku menggali miniatur tartil dari para ustadz.

Gambaran tentang proses talaqqi tartil adalah sebagai berikut:

talaqqi

Kedua, tahap Organizing. Di bagan atas, huruf O abang iku, maksude yo Organizing iki. Tahap pembuatan formula/rumus tartil dengan bahan teks alquran rasm utsmani.  Melalui pendekatan teks alquran rasm utsmani, kemudian dibandingkan dengan formasi bunyi bacaan tartil yang diperoleh dari proses talaqqi dengan para asaatidz, dipelajarilah ukuran-ukurannya, kemudian jadilah formula tartil metode ketukan.

formula SOP

Ketiga, tahap Actuating. Di bagan atas, huruf A abang iku, maksude yo Actuating iki. Tahap menguji formula ketukan yang sudah dibuat, yaitu dengan membaca alquran rasm utsmani dengan menggunakan teknik ketukan ini. Yang mencoba teknik ini ya orang lain tentunya. Aku mengajarkan tartil kepada beberapa orang, kemudian mereka mempraktekkan teknik ini, untuk membaca Alquran rasm utsmani.

tartil

Keempat, tahap Controlling. Di bagan atas, huruf C abang iku, maksude yo Controlling iki. Yaitu tahap pengawasan/penilaian. Betul ngga presisinya, teknik ketukan ini menghasilkan bunyi quran tartil.  Kalau presisi tartilnya kurang, insya Allaah akan digenapkan dengan proses talaqqi yang sesungguhnya.

Sambil menggali ilmu tartil, mulai tahun 2010, aku mencoba menulis pelajaran tajwid di internet. Untuk belajar sendiri maksudnya. Saat itu, aku minta arahan beberapa temen untuk membimbingku belajar membuat blog, sekalian latihan menulis. Maka dari itu, lahirlah blog https://binaalquran.wordpress.com ini.  Kemudian, pada tahun 2012, isi tulisan di blog ini aku kumpulin menjadi sebuah buku seperti ini. Lumayan juga, setebal 232 halaman. Semoga karya ini menambah khazanah keilmuan kreatif di bidang ilmu alquran.

sampul buku depan  sampul buku blkng

Buku tajwid ketukan di atas, itu buku teori ketukan. Setelah aku minta tolong beberapa orang untuk membacanya, responnya positif. Namun, beda teori beda pula aplikasi pengajarannya. Teorinya sudah ditulis, tapi untuk diajarkan ribed juga ya ? He he he…

Nah.. muncul ide lagi. Karena di tahapan pengajaran terasa sulit, maka aku buat buku khusus, semacam aplikasi untuk para pemula. Maka, lahirlah buku turunan, khusus untuk mengajarkan metode ketukan ini kepada para pemula. Buku ini kemudian aku beri nama sbb:

sq

Frasa ‘SQ Methode’ atau ‘Metode SQ’ itu nama, bukan singkatan. Namun, karekteristik Metode SQ ini dapat dijelaskan melalui beberapa idiom yang mirip singkatan SQ.

Pertama, SQ itu adalah sifat dari metode ini. Yaitu Sahlul Qiro’ah (SQ). Sahlu artinya mudah, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Jadi, Sahlul Qiro’ah itu berarti mudah dalam membacanya. Bentuk kemudahan dari metode ini, kamu tidak harus menghafal kaidah/teori ilmu tajwid karena ilmu tajwid sudah digantikan dengan Standard Operating Prosedur (SOP). SOP didapatkan dengan mengunci simbol-simbol dengan teknik ketukan dan diperjelas lagi dengan prosedur mengetuk secara pasti dan jelas. Hal ini membawa pesan kepadamu, bahwa belajar alqur’an itu sebenarnya mudah, tidak sulit. Metode ini dirancang dengan tahapan-tahapan teori yang mudah difahami. Untuk mendukung penguasaan teori, disuguhkan contoh yang cukup banyak dan variatif.

Kedua, SQ itu menunjukan cara pengajarannya. Yaitu melalui Shilah Qiro’ah (SQ). Shilah artinya penghubung, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Shilah Qiro’ah ini berbentuk kumpulan rumus yang tersusun menjadi 6 tingkatan rumus atau 6 kunci bacaan secara hierarki, masing-masing tingkatan rumus berhubungan dengan tingkatan rumus selanjutnya. Tidak banyak, hanya 6 rumus hierarkis yang sangat mudah difahami. Shilah Qiroah ini sebenarnya adalah simulator untuk mempelajari simbol, harga ketukan dan teknik mengetuknya. Dalam simulator ini, kamu sebenarnya hanya belajar simulasi ketukan tanwin, sukun dan tasydid. Simpel banget.

Untuk memudahkan memori otak menangkap dan mengingat Shilah Qiro’ah ini, disiapkan Senandung Qiro’ah (SQ) yang imut dan menggemaskan. Iramanya yang tergolong ‘mars dan haroki’ menyokong semangat tersendiri bagi yang mempelajarinya. Iiiih…. !!

Selain Senandung Qiro’ah, Shilah Qiro’ah ini didoktrinasikan dengan Sistem (Q)Ketukan (SQ), sehingga bacaannya terkunci, terukur dan terstruktur. Sistem (Q)Ketuk ini sangat penting dan berperan untuk membentuk pondasi bacaan tartil. Ibarat sedang mengikuti baris-berbaris, cara anda berjalan diatur sedemikian rupa sehingga tidak asal jalan. Seperti baris-berbaris yang enak ditonton, Sistem (Q)Ketuk dalam metode ini menata bacaan sehingga menjadi indah didengarkan. Amazing !

Ketiga, SQ itu adalah goal yang ditargetkan metode ini. Yaitu Standar Qur’an (SQ) dan Standar Qiro’ah (SQ). Standar Qur’an yang dimaksud di sini adalah alqur’an rasmul utsmani yang diterbitkan penerbit timur tengah. Jadi, metode ini memang dirancang supaya anda dapat membaca alqur’an rasmul utsmani. Standar Qiro’ah yang dimaksud di sini adalah bacaan standar yaitu tartil. Metode ini menuntun anda menguasai patokan baku sehingga output bacaannya tartil, terukur, terstruktur. Bimbingan bacaan tartil diberikan dengan teknik SOP tartil, yaitu dengan mempelajari simbol, harga ketukan dan cara/teknik mengetuknya.

Di buku inilah palajaran tentang SOP tartil diajarkan secara teknis. Harga sebuah simbol ditentukan ketukannya secara pasti, dan ditentukan cara mengetuknya. Bisa menjadi SOP, karena harga sebuh simbol itu sudah jelas dan cara mengetuknya pun sudah jelas dan pasti. Inilah harga simbolnya:

harga simbol

Bila kamu belajar SOP tartil ini, kamu akan dikenalkan dengan simulator ketukan (harga ketukan dan cara mengetuknya) secara detil. Inilah simulatornya:

update shilah qiroah

Langkahnya dituntun satu demi satu sehingga dapat diperoleh manual ketukan seperti ini:

manual ketukan manual ketukan1

 

APA ITU SOP TARTIL  ?

SOP Tartil Metode SQ adalah studi tartil dengan cara mengetuk simbol sebagai aplikasi dari hukum-hukum tajwid. Suatu simbol memiliki hak ketukan tertentu. Kemudian ditentukan cara mengetuknya. Kemudian menjadi SOP karena sudah sangat jelas harga tiap simbol dan kepastian cara mengetuknya. Outpun dari aplikasi SOP ini akan menghasilkan bacaan yang otomatis sesuai hukum tajwid, TARTIL. Sekalipun anda tidak tahu nama hukum tajwidnya.

Gambaran tentang bimbingan mengetuk simbol yang akan anda pelajari nanti adalah sebagai berikut:

Simbol bernilai 1 ketukan dan SOP pengetukannya

  k1 gabung

Simbol bernilai 2 ketukan dan SOP pengetukannya

k2-tanwin dan tasydid

Simbol bernilai 3 ketukan dan SOP pengetukannya

k3-gabung

Simbol bernilai 4 ketukan dan SOP pengetukannya

k4 gabung

Simbol bernilai 5 ketukan dan SOP pengetukannya

k5 gabung

 

Bergabung dalam bimbingan teknis ini akan menjadi pengalaman menarik tersendiri bagi anda. Tartil, tanpa ribed menghafal teori ilmu tajwid.

 

Untuk menjembatani keinginan kamu yang ingin belajar SOP tartil ini, aku adain pelatihan-pelatihan SOP Tartil di beberapa tempat. Di Gedung Ayam Bulungan (sudah 13 angkatan), di Sanggar Quran Asysyifa Cipulir (sudah 5 angkatan), di Gerai Tartilic Pasar Modern Pamulang, dan di markaz MTQ Bina Alquran.

 

 

Berikut ini adalah arsip foto kegiatan bimtek SOP Tartil di Bulungan.

Bimtek SQ 9 Blok M

Bimtek SQ 9 Bl0k Msq8a

 

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis SOP Tartil ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan SOP teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

 

Lihat Testimoni mereka yang sudah duluan mencoba SOP Tartil ini

tesqmoni

Kamu mau coba ? Call aku ya… ?! Ini nomor WA-ku   083 807 347 267 (SUPRIYONO)

Bimtek Standar Operating Prosedur-Manual Tartil Alquran Metode SQ

18 Aug

Merasa SULIT Belajar Alqur’an ?

Bongkar MENTAL BLOK di otak anda  !

 

 

SEGERA IKUTI…. !!!

BIMBINGAN TEKNIS STANDAR OPERATING TARTIL (MANUAL TARTIL) ALQUR’AN

Proses belajar dari NOL  !!

Hanya di MTQ Bina Alqur’an, ngaji TARTIL pake SOP !!  Ngaji jadi lebih mudah.

(Khusus DEWASA)

 Angkatan 13  :  7 November – 13 Desember 2015

 

 

Dibimbing langsung oleh Abi Supriyono

Penyusun Manual Tartil Metode SQ

Abi Supriyono

Abi Supriyono

Deskripsi Bimtek:

 Supriyono, “Mewujudkan bacaan tartil itu ternyata mudah. Tartil ternyata ada rumusnya. Mudah… Sangaat Mudah !  Anda tinggal ikuti saja manualnya, maka bacaan anda pun mendadak berubah tartil. Ikuti Standar Operating Tartilnya, maka anda pun bisa mandiri, membaca seluruh teks Alqur’an dengan tartil, tanpa kecuali !”

 

 Anda ngga harus menghafal nama HUKUM-HUKUM TAJWID, tapi bacaan anda sudah langsung sesuai dengan hukum-hukum tajwid.

harga simbol

 

manual ketukan

manual ketukan1

Lama Pertemuan :

12 kali tatap muka @ 2 jam

 

 

Waktu/Tempat Belajar  :

Tiap Sabtu dan Minggu

pukul 18.45 – 20.45

 Lokasi Bimtek : Gedung Ayam Bulungan, Lantai 2 (di atas minimarket Seven Eleven), Jalan Bulungan 1 No. 64 (belakang Blok M Plaza), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta)

Dapatkan google view lokasi bimtek di link berikut ini:
https://www.google.co.id/maps/@-6.2438589,106.7966627,3a,47y,153.43h,97.01t/data=!3m4!1e1!3m2!1sc7CQr0GDbrDFmHJcoN5jUw!2e0?hl=id

 

Jadwal Kelas Baru:

kelasisasi bimtek

 

PESERTA TERBATAS !!

12 siswa per kelas (usia dewasa, SMA ke atas)

 

KURSUS KIT

Selain bimbingan teknis langsung dari Penyusun Metode SQ, Peserta mendapatkan perlengkapan belajar sbb:

SQ

Buku SQ Methode, Cara Mudah Cepat Lancar Tartil Membaca Alqur’an (4 jilid)

juz 30

Buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30

juz amma yatasaa alun

Tampilan Isi buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30, untuk pemula, dengan panduan simbol bacaan dengung 4 ketukan berarsiran warna merah

sampul tajwid

Buku Panduan Tajwid Aplikatif, Kajian Dengan Pendekatan Teknik Ketukan (224 halaman)

Mushafrasmutsmani

Mushaf Alquran 30 juz Rasm Utsmani (rupa sampul tidak mengikat, bisa berubah-ubah sesuai ketersediaan stok)

Peserta dibimbing  mengenali standar operating prosedur – manuat tartil. Peserta dibekali dengan materi yang komprehensif

 

 

 PENDAFTARAN

Pendaftaran hanya dilayani melalui email :

bina.alquran@gmail.com

Mereka yang telah lebih dahulu mencoba Metode SQ

tesqmoni

Inilah Suasana Kelas BIMTEK/Kursus Metode SQ, di Gedung Ayam, Bulungan, Jakarta Selatan

?????????????

Bimtek SQ 9 Blok M Bimtek SQ 9 Bl0k M

sq8C

sq8b

sq angkt 7

OUTPUT BIMTEK

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

Program menarik ini hanya  ada di MTQ Bina Alqur’an !

Metode SQ, metode mutaakhir, metode tercepat untuk bisa lancar tartil membaca alquran.

Jangan salah bandingin ya…

Kami menginginkan anda mahir baca qur’an. Bacanya lancar dan tartil.

Emang ada si… yang nawarin 3 jam bisa baca qur’an.

Kami tidak jual iklan 3 jam bisa baca qur’an, karena nyatanya kemampuan mahir lancar tartil baca quran itu ketrampilan. Mustahil hanya dengan 3 jam belajar hal itu bisa dicapai. Kalo cuma ngerti, itu mungkin, tapi ya tetep aja bacaanya terbata-bata, gradal-grudul, apalagi bisa tartil !

Penawaran kami sangat realistis. Cukup sehari, 24 jam tatap muka, anda bisa mampu lancar tartil membaca alqur’an.

BUKTIKAN !

Bimtek Standar Operating Tartil Alquran Metode SQ

14 Jul

Merasa SULIT Belajar Alqur’an ?

Bongkar MENTAL BLOK di otak anda  !

SEGERA IKUTI…. !!!

BIMBINGAN TEKNIS STANDAR OPERATING TARTIL (MANUAL TARTIL) ALQUR’AN

Proses belajar dari NOL  !!

(Khusus DEWASA)

 Angkatan 11  :  8 Agustus  sd  13 September 2015

 

 

Dibimbing langsung oleh Abi Supriyono

Penyusun Manual Tartil Metode SQ

Abi Supriyono

Abi Supriyono

Deskripsi Bimtek:

 Supriyono, “Mewujudkan bacaan tartil itu ternyata mudah. Tartil ternyata ada rumusnya. Mudah… Sangaat Mudah !  Anda tinggal ikuti saja manualnya, maka bacaan anda pun mendadak berubah tartil. Ikuti Standar Operating Tartilnya, maka anda pun bisa mandiri, membaca seluruh teks Alqur’an dengan tartil, tanpa kecuali !”

 

 

Lama Pertemuan :

12 kali tatap muka @ 2 jam

 

 

Waktu/Tempat Belajar  :

Tiap Sabtu dan Minggu

pukul 18.45 – 20.45

 Lokasi Bimtek : Gedung Ayam Bulungan, Lantai 2 (di atas minimarket Seven Eleven), Jalan Bulungan 1 No. 64 (belakang Blok M Plaza), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta)

Dapatkan google view lokasi bimtek di link berikut ini:
https://www.google.co.id/maps/@-6.2438589,106.7966627,3a,47y,153.43h,97.01t/data=!3m4!1e1!3m2!1sc7CQr0GDbrDFmHJcoN5jUw!2e0?hl=id

 

Jadwal Kelas Baru:

kelasisasi bimtek

 

PESERTA TERBATAS !!

12 siswa per kelas (usia dewasa, SMA ke atas)

 

KURSUS KIT

Selain bimbingan teknis langsung dari Penyusun Metode SQ, Peserta mendapatkan perlengkapan belajar sbb:

SQ

Buku SQ Methode, Cara Mudah Cepat Lancar Tartil Membaca Alqur’an (4 jilid)

juz 30

Buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30

juz amma yatasaa alun

Tampilan Isi buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30, untuk pemula, dengan panduan simbol bacaan dengung 4 ketukan berarsiran warna merah

sampul tajwid

Buku Panduan Tajwid Aplikatif, Kajian Dengan Pendekatan Teknik Ketukan (224 halaman)

Mushafrasmutsmani

Mushaf Alquran 30 juz Rasm Utsmani (rupa sampul tidak mengikat, bisa berubah-ubah sesuai ketersediaan stok)

Peserta dibimbing untuk mahir mengenali bacaan dengung dengan teknik mewarnai bacaan dengung pada juz 29, 28, 27 dan 26  sehingga mahir. Peserta dibekali dengan materi yang komprehensif

simbol warna dengung

PENDAFTARAN

Pendaftaran hanya dilayani melalui email :

bina.alquran@gmail.com

Mereka yang telah lebih dahulu mencoba Metode SQ

tesqmoni

Inilah Suasana Kelas BIMTEK/Kursus Metode SQ, di Gedung Ayam, Bulungan, Jakarta Selatan

Bimtek SQ 9 Blok M Bimtek SQ 9 Bl0k M

sq8C

sq8b

sq angkt 7

OUTPUT BIMTEK

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

Program menarik ini hanya  ada di MTQ Bina Alqur’an !

Metode SQ, metode mutaakhir, metode tercepat untuk bisa lancar tartil membaca alquran.

Jangan salah bandingin ya…

Kami menginginkan anda mahir baca qur’an. Bacanya lancar dan tartil.

Emang ada si… yang nawarin 3 jam bisa baca qur’an.

Kami tidak jual iklan 3 jam bisa baca qur’an, karena nyatanya kemampuan mahir lancar tartil baca quran itu ketrampilan. Mustahil hanya dengan 3 jam belajar hal itu bisa dicapai. Kalo cuma ngerti, itu mungkin, tapi ya tetep aja bacaanya terbata-bata, gradal-grudul, apalagi bisa tartil !

Penawaran kami sangat realistis. Cukup sehari, 24 jam tatap muka, anda bisa mampu lancar tartil membaca alqur’an.

BUKTIKAN !

Bimtek Tartil Baca Alquran 24 Jam

4 May

Waduh….. Bentar Lagi Masuk Bulan Ramadhan. Sayang bangeeet ya, kalau Ramadhan berlalu tanpa lantunan Alquran ?! Makanye,  Belajar Quran Nyo’……. !!!!

 

Masih ada kesempatan emas !!

(Selama bulan Puasa, Kursus diliburkan dan abis lebaran baru dibuka lagi. Makanye jangan ketinggalan  !!)

DIBUKA ANGKATAN 10

Mulai Belajar  17 Mei 2015

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) 24 JAM

LANCAR TARTIL MEMBACA ALQUR’AN

DENGAN METODE SQ

dari NOL  !!

 

Dibimbing langsung oleh Abi Supriyono, Penulis Metode SQ

Abi Supriyono

Abi Supriyono

Goal Bimtek:

“Bukan ngerti cara baca, tapi terampil tartil lancar membaca alqur’an”

Lama Pertemuan :

8 kali tatap muka @ 3 jam

Waktu/Tempat Belajar  :

BLOK M, KEBAYORAN BARU JAKSEL

Setiap hari Sabtu dan Minggu,  pukul 18.30  s.d. 21.30

Angkatan 10 mulai belajar 17 Mei 2015

Alamat :Gedung Ayam Bulungan, Lantai 2 (di atas minimarket Seven Eleven), Jalan Bulungan 1 No. 64 (belakang Blok M Plaza), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta)
https://www.google.co.id/maps/@-6.2438589,106.7966627,3a,47y,153.43h,97.01t/data=!3m4!1e1!3m2!1sc7CQr0GDbrDFmHJcoN5jUw!2e0?hl=id

 

Volume Kelas:

12 siswa per kelas (usia dewasa, SMA ke atas)

KURSUS KIT

Selain bimbingan teknis langsung dari Penyusun Metode SQ, Peserta mendapatkan perlengkapan belajar sbb:

SQ

Buku SQ Methode, Cara Mudah Cepat Lancar Tartil Membaca Alqur’an (4 jilid)

juz 30

Buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30

juz amma yatasaa alun

Tampilan Isi buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30, untuk pemula, dengan panduan simbol bacaan dengung 4 ketukan berarsiran warna merah

sampul tajwid

Buku Panduan Tajwid Aplikatif, Kajian Dengan Pendekatan Teknik Ketukan (224 halaman)

Mushafrasmutsmani

Mushaf Alquran 30 juz Rasm Utsmani (rupa sampul tidak mengikat, bisa berubah-ubah sesuai ketersediaan stok)

Peserta dibimbing untuk mahir mengenali bacaan dengung dengan teknik mewarnai bacaan dengung pada juz 29, 28, 27 dan 26  sehingga mahir. Peserta dibekali dengan materi yang komprehensif

simbol warna dengung

Selain itu, peserta juga mendapatkan perlengkapan tulis menulis lainnya seperti :

notes book, ballpen tinta merah, ballpen tinta hitam, stabillo, pinsil, penghapus pinsil dan penggaris.

Jadi ngga repot nyari sendiri-sendiri, anda tinggal datang dan belajar !

Anda juga akan mendapatkan e-Sertifikat kepesertaan setelah menyelesaikan kursus

E-sertificate bimtek alquran metode SQ

PENDAFTARAN

Pendaftaran hanya dilayani melalui email :

bina.alquran@gmail.com

Mereka yang telah lebih dahulu mencoba Metode SQ

tesqmoniInilah Suasana Kelas BIMTEK/Kursus Metode SQ, di Gedung Ayam, Bulungan, Jakarta Selatan

Bimtek SQ 9 Bl0k M Bimtek SQ 9 Blok M

sq8C

sq8b

sq angkt 7

OUTPUT BIMTEK

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

Saudaraku, anda boleh browsing, hubungilah lembaga kursus sejenis, dan anda akan tahu bahwa tidak ada program semenarik ini kecuali hanya di MTQ Bina Alqur’an !

Metode SQ, metode mutaakhir, metode tercepat untuk bisa lancar tartil membaca alquran.

Jangan salah bandingin ya…

Kami menginginkan anda mahir baca qur’an. Bacanya lancar dan tartil.

Emang ada si… yang nawarin 3 jam bisa baca qur’an.

Kami tidak jual iklan 3 jam bisa baca qur’an, karena nyatanya kemampuan mahir lancar tartil baca quran itu ketrampilan. Mustahil hanya dengan 3 jam belajar hal itu bisa dicapai. Kalo cuma ngerti, itu mungkin, tapi ya tetep aja bacaanya terbata-bata, gradal-grudul, apalagi bisa tartil !

Penawaran kami sangat realistis. Cukup sehari, 24 jam tatap muka, anda bisa mampu lancar tartil membaca alqur’an.

BUKTIKAN !

Bimtek Tartil Baca Alquran 24 Jam

17 Feb

Waduh….. Bentar Lagi Masuk Bulan Ramadhan. Sayang bangeeet ya, kalau Ramadhan berlalu tanpa lantunan Alquran ?! Makanye,  Belajar Quran Nyo’……. !!!!

 

Masih ada kesempatan emas !!

(Selama bulan Puasa, Kursus diliburkan dan abis lebaran baru dibuka lagi. Makanye jangan ketinggalan  !!)

DIBUKA ANGKATAN 9

Mulai Belajar  4 April 2015

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) 24 JAM

LANCAR TARTIL MEMBACA ALQUR’AN

DENGAN METODE SQ

dari NOL  !!

 

Dibimbing langsung oleh Abi Supriyono, Penulis Metode SQ

Abi Supriyono

Abi Supriyono

Goal Bimtek:

“Bukan ngerti cara baca, tapi terampil tartil lancar membaca alqur’an”

Lama Pertemuan :

12 kali tatap muka @ 2 jam

Waktu/Tempat Belajar  :

BLOK M, KEBAYORAN BARU JAKSEL

Setiap hari Sabtu dan Minggu,  pukul 18.45  s.d. 20.45

Angkatan 9 mulai belajar 4 April 2015

Alamat :Gedung Ayam Bulungan, Lantai 2 (di atas minimarket Seven Eleven), Jalan Bulungan 1 No. 64 (belakang Blok M Plaza), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta)
https://www.google.co.id/maps/@-6.2438589,106.7966627,3a,47y,153.43h,97.01t/data=!3m4!1e1!3m2!1sc7CQr0GDbrDFmHJcoN5jUw!2e0?hl=id

alternatif waktu dan tempat:

Logo Sanggar Qur'an - trsp bg

Sanggar Qur’an Asysyifa Cipulir

 Jl. H. Ridhi RT 003 RW 03 nomor 19, Ulujami Pesanggrahan, Jaksel

Belajar tiap Senin dan Rabu, pukul 18.45 – 20.15

Periode 2 : Mulai 16 Maret – 22 April 2015

Volume Kelas:

10 siswa per kelas (usia dewasa, SMA ke atas)

KURSUS KIT

Selain bimbingan teknis langsung dari Penyusun Metode SQ, Peserta mendapatkan perlengkapan belajar sbb:

SQ

Buku SQ Methode, Cara Mudah Cepat Lancar Tartil Membaca Alqur’an (4 jilid)

SQ-met

SQ-met, alat untuk praktek ukur teknik ketukan

juz 30

Buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30

juz amma yatasaa alun

Tampilan Isi buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30, untuk pemula, dengan panduan simbol bacaan dengung 4 ketukan berarsiran warna merah

sampul tajwid

Buku Panduan Tajwid Aplikatif, Kajian Dengan Pendekatan Teknik Ketukan (224 halaman)

Mushafrasmutsmani

Mushaf Alquran 30 juz Rasm Utsmani (rupa sampul tidak mengikat, bisa berubah-ubah sesuai ketersediaan stok)

Peserta dibimbing untuk mahir mengenali bacaan dengung dengan teknik mewarnai bacaan dengung pada juz 29 dan 28 sehingga mahir. Peserta dibekali dengan materi yang komprehensif

simbol warna dengung

Selain itu, peserta juga mendapatkan perlengkapan tulis menulis lainnya seperti :

notes book, ballpen tinta merah, ballpen tinta hitam, stabillo, pinsil, penghapus pinsil dan penggaris.

Jadi ngga repot nyari sendiri-sendiri, anda tinggal datang dan belajar !

Anda juga akan mendapatkan e-Sertifikat kepesertaan setelah menyelesaikan kursus

E-sertificate bimtek alquran metode SQ

PENDAFTARAN

Pendaftaran hanya dilayani melalui email :

bina.alquran@gmail.com

Mereka yang telah lebih dahulu mencoba Metode SQ

tesqmoniInilah Suasana Kelas BIMTEK/Kursus Metode SQ, di Gedung Ayam, Bulungan, Jakarta Selatan

sq8C

sq8b

sq angkt 7 sq angktn 7 20141115_191040 20141115_184753

bimtek sq blok m

OUTPUT BIMTEK

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

Saudaraku, anda boleh browsing, hubungilah lembaga kursus sejenis, dan anda akan tahu bahwa tidak ada program semenarik ini kecuali hanya di MTQ Bina Alqur’an !

Metode SQ, metode mutaakhir, metode tercepat untuk bisa lancar tartil membaca alquran.

Jangan salah bandingin ya…

Kami menginginkan anda mahir baca qur’an. Bacanya lancar dan tartil.

Emang ada si… yang nawarin 3 jam bisa baca qur’an.

Kami tidak jual iklan 3 jam bisa baca qur’an, karena nyatanya kemampuan mahir lancar tartil baca quran itu ketrampilan. Mustahil hanya dengan 3 jam belajar hal itu bisa dicapai. Kalo cuma ngerti, itu mungkin, tapi ya tetep aja bacaanya terbata-bata, gradal-grudul, apalagi bisa tartil !

Penawaran kami sangat realistis. Cukup sehari, 24 jam tatap muka, anda bisa mampu lancar tartil membaca alqur’an.

BUKTIKAN !