SQ Methode, Temuan Mutaakhir Metode Belajar Alquran

19 May

Supriyono : ‘Metode SQ ini adalah temuan mutaakhir yang memudahkan pengajaran alqur’an. Temuan yang telat. Mutaakhir = telat. Metode ini tidak menghasilkan madzhab baru membaca alqur’an. Cara ini hanya merupakan secuil kontribusi pemikiran mengenai cara belajar membaca alquran sehingga bacaan alqur’an terstruktur tartil’.

banner kursus SQ

Apa itu SQ ?

Yang jelas, bukan Spiritual Qoutient, lho ya… ?! Nanti disangka nebeng tenar. Bukan, bukan itu !

Frasa ‘SQ Methode’ atau ‘Metode SQ’ itu nama, bukan singkatan. Namun, karekteristik Metode SQ ini dapat dijelaskan melalui beberapa idiom yang mirip singkatan SQ.

Pertama, SQ itu adalah sifat dari metode ini. Yaitu Sahlul Qiro’ah (SQ). Sahlu artinya mudah, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Jadi, Sahlul Qiro’ah itu berarti mudah dalam membacanya. Hal ini membawa pesan kepada anda, bahwa belajar alqur’an itu sebenarnya mudah, tidak sulit. Metode ini dirancang dengan tahapan-tahapan teori yang mudah difahami. Untuk mendukung penguasaan teori, disuguhkan contoh yang cukup banyak dan variatif.

Kedua, SQ itu menunjukan cara pengajarannya. Yaitu melalui Shilah Qiro’ah (SQ). Shilah artinya penghubung, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Shilah Qiro’ah ini berbentuk kumpulan rumus yang tersusun menjadi 6 tingkatan rumus atau 6 kunci bacaan secara hierarki, masing-masing tingkatan rumus berhubungan dengan tingkatan rumus selanjutnya. Tidak banyak, hanya 6 rumus hierarkis yang sangat mudah difahami.

Untuk memudahkan memori otak menangkap dan mengingat Shilah Qiro’ah ini, disiapkan Senandung Qiro’ah (SQ) yang imut dan menggemaskan. Iramanya yang tergolong ‘mars dan haroki’ menyokong semangat tersendiri bagi yang mempelajarinya. Iiiih…. !!

Selain Senandung Qiro’ah, Shilah Qiro’ah ini didoktrinasikan dengan Sistem (Q)Ketukan (SQ), sehingga bacaannya terkunci, terukur dan terstruktur. Sistem (Q)Ketuk ini sangat penting dan berperan untuk membentuk pondasi bacaan tartil. Ibarat sedang mengikuti baris-berbaris, cara anda berjalan diatur sedemikian rupa sehingga tidak asal jalan. Seperti baris-berbaris yang enak ditonton, Sistem (Q)Ketuk dalam metode ini menata bacaan sehingga menjadi indah didengarkan. Amazing !

Ketiga, SQ itu adalah goal yang ditargetkan metode ini. Yaitu Standar Qur’an (SQ) dan Standar Qiro’ah (SQ). Standar Qur’an yang dimaksud di sini adalah alqur’an rasmul utsmani yang diterbitkan penerbit timur tengah. Metode ini dirancang supaya anda dapat membaca alqur’an rasmul utsmani. Standar Qiro’ah yang dimaksud di sini adalah bacaan standar yaitu tartil. Metode ini menuntun anda menguasai patokan baku sehingga output bacaannya tartil, terukur, terstruktur.

Bimbingan ini menuntun anda tahap demi tahap sampai benar-benar bisa membaca alqur’an. Kemampunan membaca alquran yang anda miliki itu akan menambah kualitas Spiritual Qoutient (SQ)/kecerdasan spiritual anda.

%d bloggers like this: