Cara Membaca Mad Lin

20 Oct

Saudaraku….

Dengan asumsi panjang Mad Lin adalah 4 ketukan, maka cara membaca Mad Lin adalah sebagai berikut:

 

Saudaraku…

Panjang ketukan dari bunyi “ROISY” adalah 4 ketukan, yaitu dari bunyi “RO” pada ketukan ke-8 hingga bunyi “..SY” pada ketukan ke-11.

Karena itu, praktek pembacaan Mad Lin adalah:

Ketukan ke-8 berbunyi “RO”. Bunyi “I” dimulai pada ketukan ke-9. Pertahankan bunyi “I” hingga ketukan ke-11, sehingga bunyi “ROI” akan bersambung dengan bunyi “SY”.  Jadi yang terdengar panjang adalah suara “I”-nya. Kira-kira, kalau satu khuruf  “I” mewakili satu ketukan, bunyi lengkap contoh di atas adalah “LiIiLaaFiQuRoiiisy”. Bunyi “..SY” pada ketukan ke-11 akan menghilang berbarengan dengan jatuhnya ketukan ke-12.

PERHATIAN:

LIN adalah suara miring. Pada contoh di atas,  “I” pada bunyi “ROI” diucapkan secara halus, tersambung dengan bunyi “O” sehingga menjadi “OI”. Bunyi “I” tidak diucapkan sebagai konsonan yang mandiri, sehingga membaca secara terpotong “RO-IIISY” adalah SALAH. Pembacaan yang benar, adalah menggabungkan “OI” menjadi satu, yaitu bunyi “I” terdengan halus.

 

SARAN:

Agar bacaan terdengar bagus, sebaiknya, panjang Mad Lin disamakan dengan panjang Mad ‘Aridl Lissukuun, sehingga menjadi singkron. Bila Mad ‘Aridl Lissukuun dibaca dengan durasi 4 ketukan, maka Mad Lin sebaiknya juga 4 ketukan.

 

Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements
%d bloggers like this: