Cara Membaca Qolqolah

19 Oct

Saudaraku…

Berikut ini adalah panduan ketukan ketika membaca Qolqolah. Perhatikan contoh berikut:

 

Saudaraku…

Pada contoh di atas, suara qolqolah terjadi di tiga tempat, yaitu pada ketukan ke-4, ke-6 dan ketukan ke-9. Cara membacanya berdasarkan alur ketukan adalah sebagai berikut:

  • Ketukan ke-3 berbunyi “JUD”. Tahan lidah pada posisi khuruf “D” (jangan dilepaskan) hingga ketukan ke-4, saat keluar bunyi “DE”. Penahanan lidah pada ketukan ke-3 bertujuan agar tidak muncul bunyi qolqolah 2 kali.
  • Ketukan ke-5 berbunyi “WAQ”. Tahan lidah pada posisi khuruf “Q” (jangan dilepaskan) hingga ketukan ke-6, saat keluar bunyi “QE”. Penahanan lidah pada ketukan ke-5 bertujuan agar tidak muncul bunyi qolqolah 2 kali.
  • Ketukan ke-8 berbunyi “RIB”. Tahan bibir pada posisi khuruf “B” (jangan dilepaskan) hingga ketukan ke-9, saat keluar bunyi “BE”. Penahanan bibir pada ketukan ke-8 bertujuan agar tidak muncul bunyi qolqolah 2 kali.

Agar lebih lengkap, perhatikan juga contoh berikut ini:

 

Saudaraku…

Pada contoh di atas, bunyi qolqolah terjadi 2 kali, yaitu pada ketukan ke-2 dan ketukan ke-7. Cara membacanya adalah:

  • Ketukan ke-1 berbunyi “MATH”. Tahan lidah pada posisi khuruf “TH” (jangan dilepaskan) hingga ketukan ke-2, saat keluar bunyi “THE”. Penahanan lidah pada ketukan ke-1 bertujuan agar tidak muncul bunyi qolqolah 2 kali.
  • Ketukan ke-6 berbunyi “FAJ”. Tahan lidah pada posisi khuruf “J” (jangan dilepaskan) hingga ketukan ke-7, saat keluar bunyi “JE”. Penahanan lidah pada ketukan ke-6 bertujuan agar tidak muncul bunyi qolqolah 2 kali.

Demikian panduan ketukan membaca bunyi qolqolah. Mudah-mudahan bermanfaat.

 

 

Advertisements
%d bloggers like this: