MAD

17 Oct

Apakah MAD itu ?

Arti MAD menurut bahasa adalah tambahan. Sedangkan menurut istilah, yang dimaksud dengan MAD  adalah memanjangkan suara khuruf  (bisa dipahami: menambahkan ketukan) ketika suatu khuruf tertentu bertemu dengan khuruf MAD pasangannya.

Yang dimaksud dengan khuruf tertentu bertemu dengan khuruf MAD pasangannya adalah:

  1. Apabila khuruf bersimbol FATKHAH bertemu khuruf ALIF. (Fatkhah pasangannya ALIF)
  2. Apabila khuruf bersimbol KASROH bertemu khuruf  YA.  (Kasroh pasangannya YA)
  3. Apabila khuruf bersimbol DLOMMAH bertemu khuruf WAWU. (Dlommah pasangannya WAWU).

Saudaraku….

Perhatikan contoh berikut:

Saudaraku…

Kata di sebelah kanan terdiri dari tiga khuruf bukan ? Bandingkan dengan kata di sebelah kiri. Perhatikan pada khuruf berwarna merah.

Kata SALAMA, setelah bertambah ALIF, menjadi SALAAMA (khuruf LAA menjadi bertambah panjang). Dalam kasus ini, fungsi ALIF adalah memanjangkan suara LAA. Itulah yang disebut MAD.

Kata DHOLUMA, setelah bertambah WAWU, menjadi DHOLUUMA (khuruf LUU menjadi bertambah panjang). Dalam kasus ini, fungsi WAWU adalah memanjangkan suara LUU. Itulah yang disebut MAD.

Kata ROKHIMU, setelah bertambah YA, menjadi ROKHIIMU (khuruf KHII menjadi bertambah panjang). Dalam kasus ini, fungsi YA adalah memanjangkan suara KHII. Itulah yang disebut MAD.

Dari penjelasan di atas, menjadi tahulah kita, bahwa khuruf MAD itu ada 3, yaitu: ALIF, YA dan WAWU.  Dalam praktek membaca, sebagai khuruf mad, khuruf ALIF, YA dan WAU tidak terbaca, namun ia berefek menambahkan ketukan pada khuruf sebelumnya.

Demikian penjelasan tentang mad, mudah-mudahan dapat dipahami.

Advertisements
%d bloggers like this: