Buat Teks Arab di Blog, Gimana Caranya ?

4 Oct

Para pembaca, Tamu dan Saudaraku, yang dimuliakan Allah SWT…

Sebagian pembaca, setelah melihat blog ini, kemudian bertanya, “Gimana sih, supaya teks tulisan arab bisa muncul di blog ?  Aku dah nulis, tapi error terus !”.

Sebagai bukti cinta kepada anda yang telah sudi mampir di blog ini, berikut ini saya buat tulisannya, supaya anda juga bisa menampilkan ayat Alqur’an atau teks hadits ke blog anda.

Saudaraku…

Jika kita menulis teks arab di ‘layar posting’, teks arab ga muncul bukan ? Karena itu, khusus untuk tulisan teks arab (kutipan ayat, hadits, dll) dapat diakali, diposting dalam bentuk gambar (.jpg). Semua teks arab yang muncul di blog ini adalah hasil olah file gambar (.jpg).

Untuk menghasilkan ‘file gambar’ teks arab, anda dapat menempuh dua cara berikut:

1. Manfaatkan mesin scanner

Saudaraku…, jika anda punya mesin scanner, anda dapat memindai gambar ‘teks arab’ melalui mesin itu. Melalui mesin itu, anda akan memiliki ‘file gambar’. Selanjutnya, anda tinggal mengatur gambar, untuk kemudian di-upload dalam blog anda. Selesai bukan ? Nah… Cobalah upload, dan lihatlah… ‘teks arab’ sudah muncul di blog anda !

2. Membuat file gambar dengan komputer anda

Saudaraku…, jika anda tidak mempunyai mesin scanner, atau susah mencari teks arab yang akan dijadikan ‘file gambar’, anda bisa membuat ‘file gambar’ teks arab  dari layar komputer anda.

Untuk bisa membuat ‘file gambar’ teks arab melalui layar komputer, anda harus mempunyai aplikasi berikut:

a. Microsoft word yang di dalamnya telah terinstall tambahan program QuranInWord2002 atau yang sejenis  (Aplikasi ini akan digunakan untuk menulis ayat Alqur’an).

b. Aplikasi lainnya untuk menulis teks hadits. Sebagai contoh, untuk menulis teks arab yang bagus, saya menggunakan aplikasi Nonosoft Khot v2.1.  Hasilnya seperti yang anda lihat di blog yang kita cintai ini.

c. Microsoft Paint.  Aplikasi ini dibutuhkan untuk membuat ‘file gambar’.

d. Microsoft Office Picture Manager atau yang sejenisnya (contoh: saya lebih suka menggunakan aplikasi  HP Image Zone).  Aplikasi ini dibutuhkan untuk mengedit ‘file gambar’ yang dihasilkan dari Microsoft Paint.

Saudaraku….

Tiba saatnya untuk mencoba praktek pembuatan ‘file gambar’ teks arab. Namun, mohon maaf, anda harus pindah ke jendela lain (cara membuat ‘file gambar’ teks ayat Alqur’an  dengan komputer)  dan cara membuat ( ‘file gambar’ teks hadits dengan komputer’).

Advertisements

One Response to “Buat Teks Arab di Blog, Gimana Caranya ?”

  1. imam haryanto 09/04/2013 at 1:33 pm #

    trima kasih infonya. semoga jadi amal saleh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: