JURUS 1 : Hafal dan Mahir Mengucapkan Huruf Arab

29 Sep

Saudaraku…

Hal pertama yang  WAJIB harus dipenuhi bagi seorang pembaca Alqur’an adalah hafal betul dan mahir dalam mengucapkan huruf arab.

Iya… harus hafal dan harus terampil membacanya ! Kenapa ? Karena kalau masih mikir (ga hafal) maka akan membuat bacaan kita tersendat (pada huruf yang tidak hafal itu). Kalau sudah tersendat… ya bacaannya jadi jelek ! Bahkan mungkin malah salah, karena berpotensi menimbulkan pemanjangan suara huruf yang  tidak pada tempatnya.

Nah… sebelum praktek membaca, terlebih dahulu harus kita kenali dan hafalkan huruf-hurufnya. Huruf arab dalam Alqur’an ada 28 huruf. Berikut ini adalah macam-macam huruf arab dan padanannya dalam huruf bahasa Indonesia.

Yang pertama, inilah huruf arab yang “TERWAKILI”  dalam bahasa Indonesia, sehingga cukup ditulis dengan satu huruf dalam bahasa Indonesia:

Dan yang berikut ini adalah huruf yang  “TIDAK TERWAKILI” dalam bahasa Indonesia, sehingga harus ditulis dengan dua huruf, dengan tujuan supaya output bunyinya mendekati kesamaan dengan bunyi aslinya dalam bahasa Arab. Untuk hasil terbaik, disarankan agar anda berguru.

Pembaca yang dirahmati Allah SWT……

Huruf-huruf tersebut di atas akan berbunyi “A”  atau “O” ketika ditambahkan tanda “FATHAH” sebagaimana berikut:

Dan  akan berbunyi “i” ketika ditambahkan tanda “KASROH” sebagaimana berikut:

Dan berbunyi “U” ketika ditambahkan tanda “DLOMAH” sebagaimana berikut:

Para pembaca yang dirahmati Allah SWT….

Bila anda ingin ‘bisa membaca Alqur’an’,  penguasaan jurus ini sangat penting. Ketika anda hafal huruf-huruf itu di luar kepala, anda telah berhasil menguasai 60% pelajaran membaca Alqur’an. Saya berani menjamin, tidak lama lagi, anda akan dapat membaca Alqur’an secara utuh.

Saudaraku….

Kuasai secepat mungkin Jurus 1, dan jangan terburu-buru untuk masuk ke Jurus 2. Buru-buru itu ga penting, bahkan akan merugikan proses belajar anda.  Jangan bosan… karena memang butuh banyak latihan.

Selamat menghafalkan huruf-huruf Alqur’an  !!! Setelah anda yakin bahwa anda telah hafal (sekalipun dengan diacak-acak urutannya) silahkan melanjutkan belajar JURUS 2.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: