Buat Kelas Mandiri, Kudatangi Tempatmu

13 Nov

Membuat Kelas Sendiri, Kenapa Tidak ?

Banyak yang ingin ketemu dan belajar teknik baru belajar baca Alquran tartil ini, tapi apa daya waktu dan jarak tidak memungkinkan. Itukah kamu ?

Kalau memang waktu dan jarak menjadi kendala kamu, cobalah solusi lain. Kamu kumpulin 8  –  10 temenmu, bentuk kelas sendiri.  Kita tentuin jadwalnya, kita ngumpul dan belajar di tempatmu.

Temen-temen dari Tebet (sekitar Taman Honda) sudah mencobanya. Kenapa kamu tidak ?

 

Kelas Mandiri Tebet

Kelas Mandiri Tebet (Taman Honda), Jakarta Selatan

Untuk kelas mandiri ini, aku rancang 10 pertemuan selesai. Sekali belajar 2 jam. Materi belajar, membedah talaqqi skrip Alquran Madinah. Hanya dengan belajar teknik mengetuk, bacaanmu akan di-upgrade menjadi tartil. Otomatis ! Mudah, Cepat Praktis. Ga Pake ngapalin ilmu tajwid. Karena aku tahu, kamu pusing kan, ngapalin ilmu tajwid ? Naah…. cobalah solusi dariku ini.

 

Mari Beramal dan Belajar

12 Nov

Ayo Wujudkan Niatmu !

Sobat……Pernahkah terbersit di pikiranmu, untuk menanam kebaikan abadi, untuk bekalmu mati kelak ?

Bila tidak, ubahlah…. pikirkan hal itu dari sekarang ! Karena usiamu terbatas dan terus berkurang.

Sisihkan uang kecil milikmu untuk investasi akhirat bersamaku. Hanya dengan berdonasi Rp 150.000, anda sudah bisa mewujudkan investasi akhirat itu. Bahkan anda bisa menjangkau 3 misi sekaligus.

berjuang-beramal-belajar

SAVE BINA ALQURAN

Hanya dengan menyisihkan Rp 150.000, kamu punya 3 misi ini:

  1. BERDAKWAH, ikut berdakwah menebar kebaikan di tengah ummat, walaupun secara tidak langsung, menyokong pendanaan kegiatan dakwahku.

  2. BERAMAL, membuat Pesantren Alquran bersamaku.

  3. BELAJAR, ikut belajar salah satu program yang cocok dengan dirimu.

Untuk yang point ke-3 di atas, kamu bisa pilih. Dengan donasi tersebut, kamu pilih salah satu paket belajar yang cocok dengan keadaanmu. Tempatnya di MTQ Bina Alquran.

  1. Belajar alquran dari nol. Seminggu belajar 2 kali. Jadi 1 bulan selesai. Bila belum selesai dan kamu anggap kurang, kamu bisa berdonasi lagi untuk menambah pengetahuanmu. Kamu ngga perlu malu, karena kamu belajar di pesantrenmu sendiri. Dari NOL, belum tahu huruf misalnya, no problem !

  2. Belajar Terapi Tartil paket 4 pertemuan. Seminggu belajar 1 kali. Jadi 1 bulan selesai. Program ini bisa kamu ikuti kalo kamu sudah bisa baca, tapi masih gradal-grudul, pletak-pletuk, bacanya ga lancar. Insya Allaah, dengan 4 pertemuan itu, cukup untuk meng-upgrade bacaanmu menjadi lancar dan tartil.

  3. Pelatihan Tartil 1 hari. Belajar pada hari Sabtu dari pukul 08.00 sampai 17.00.

 

Donasi yang kamu titipkan kepadaku, akan digunakan untuk:

  1. Biaya operasional seperti biaya listrik, transport guru, honor marbot, perawatan bangunan pesantren.

  2. Subsidi biaya makan bagi santri yatim atau santri yang mengabdi atau santri tidak mampu.

  3. Pembuatan loker/lemari santri

  4. dll

 

Jangan tunda ya…. berjuang, beramal dan belajar  !!

Konfirmasikan donasimu kepadaku, via WA/Telegram  083 807 347 267

Salaam…

Abi Supriyono

Abi Supriyono

 

Workshop Tartil Akhir Pekan

30 Sep

Workshop Tartil Alqur’an Akhir Pekan

Peserta TERBATAS 15 orang per angkatan. Kelebihan peserta akan dialokasikan ke angkatan berikutnya.

 

Membaca Alqur’an adalah ibadah sakral (mahdhoh) yang harus ditunaikan sesuai dengan petunjuk/pengajaran Rasulullah SAW.  Dalam rangka memasyarakatkan bacaan tartil dan mentartilkan bacaan masyarakat, kami menghadirkan aneka menu bimbel membaca Alqur’an, dimulai dari NOL hingga mahir dan menghafal alqur’an.

.1

 

Buat anda yang sibuk dengan pekerjaan kantor atau aktifitas lain, yang ingin belajar namun waktunya sangat terbatas, kami menghadirkan satu layanan baru yaitu Workshop Tartil Akhir Pekan, yang dilaksanakan pada tiap Sabtu dan Minggu.

 

Workshop ini adalah pelatihan dan bedah buku SQ – SOP Tartil Alqur’an Rasm Al-Utsmani, yaitu pelatihan membaca murottal dengan pendekatan talaqqi skrip tanpa pusing menghafal kaidah-kaidah Ilmu Tajwid.  Cepat, Mudah dan Praktis  !! Teknik ini adalah teknik terbaru belajar murattal, pertama di dunia.

cover sq1

 

Syarat Peserta:

  1. Usia minimal 17 tahun

  2. Bisa/Lancar Membaca Alqur’an

  3. Mematuhi Ketentuan yang Berlaku

.

annas

Fasilitas:

BukuModul  Metode SQ SOP Tartil Mushaf Rasm Al-Utsmani (Penyusun : Supriyono, S.Sos.I)

 

Tempat Belajar:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Jln. Curug Hilir no. 30 RT 4 RW 9, Kel. Curug, Kec. Bojongsari, Depok-16517

 

Lihat Peta, Alamat dan Rute di sini  !!

 

 

Cara Pendaftaran:

Pendaftaran dilakukan secara ONLINE melalui email : bina.alquran@gmail.com  minimal 3 hari sebelum pelaksanaan.  

 

 

Informasi cepat, silahkan SMS ke nomor WA : 083 807 347 267

 

 

 Kalender Pelaksanaan Workshop:

Tiap Sabtu  : pukul 08.00  – 17.00  (IKHWAN / AKHWAT)

.

SOP KETUKAN SKRIP MUSHAF RASM AL-UTSMANI

30 Sep

TUTORIAL METODE KETUKAN

SKRIP MUSHAF RASM AL-UTSMANI

(ALQURAN MADINAH)

Inilah urutan/jenjang materi teknik mengetuk simbol pada mushaf rasm al-utsmani (alquran madinah). Agar mendapatkan pengetahuan yang lengkap, usahakan anda mengikutinya secara urut sehingga pengetahuan anda akan bertambah berjenjang secara sistematis.

Berikut ini adalah urutan materi untuk memahami teknik ketukan sehingga diperoleh bacaan alquran bertekstur tartil.

  1. Tekstur TARTIL

.1

  1. Ringkasan Mengetuk SIMULATOR TARTIL

.2

  1. SOP Ketukan Simbol Fathah, Kasrah & Dlommah

.3

  1. SOP Ketukan Huruf Ulur/Mad

.4

  1. SOP Ketukan TANWIN IZH-HAR

.5

  1. SOP Ketukan NUN SUKUN

.6

  1. SOP Ketukan TANWIN DENGUNG

.7

  1. SOP Ketukan NUN POLOS

.8

  1. SOP Ketukan TASYDID

.9

  1. SOP Ketukan HAMZAH WASHAL berbunyi A

.10

  1. SOP Ketukan HAMZAH WASHAL berbunyi U/I

.11

  1. SOP Ketukan NUN WIQOYAH

.12

13. SOP Ketukan LAFAZH ALLAAH

.13

 

14. Simulasi Tartil 3 Speed Surat Attakaatsur

.14

15. SOP Ketukan Simbol ALIS

16. Teknik Waqof Bagian 1

17. Teknik Waqof Bagian 2

 

18. SOP Ketukan Huruf Muqotho’ah

 

19. Skrip dan Sifat Bunyi ‘N’

 

20. Skrip Instruksi Bunyi DENGUNG

 

21. Skrip BEBAS KETUKAN

 

 

Video ini diterbitkan oleh:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Jalan Curug Hilir nomor 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug

Kec. Bojongsari, Kota Depok – 16517

HP  083 807 347 267

Google Map, Alamat dan Rute klik di sini

Murottal Teknik Ketukan

30 Sep

Bacaan Murottal Dengan Navigasi Teknik Ketukan

Khusus Mushaf Rasm Al-Utsmani (Alquran Madinah)

Berikut ini adalah contoh video bacaan murottal dengan navigasi teknik ketukan. Tempo bacaan dibuat pelan (rata 0,40 detik per harakat) dengan tujuan agar mudah diikuti oleh pelajar pemula.

Anda akan dibimbing step by step dari nol untuk dapat menguasai teknik bacaan sebagaimana tayangan video di bawah ini.

Tahapan belajar yang akan anda tempuh adalah sebagai berikut:

Pertama, anda akan dibimbing untuk mengetuk semua simbol tanda baca dengan tujuan untuk menghafal hak ketukan setiap simbol.

Kedua, setelah anda menguasai dengan baik nilai-nilai simbol, anda akan dibimbing mengetuk dengan perasaan (outo ketuk). Pada tahapan ini, anda masih mengetuk, tapi bukan pada simbol tanda baca.

Ketiga, anda akan dibimbing untuk membaca dengan melepaskan ketukan sama sekali, dengan output bacaan rapih sebagaimana kondisi ketika anda mengetuk simbol pada tahap awal.

Keempat, anda akan dibimbing talaqqi (tera bacaan) sambil menjalani studi tahsin, sebelum anda menuju kelas menghafal alquran/tahfizh.

  1. 001-Surat Alfatihah

  1. 096-Surat Al-‘Alaq

  1. 097-Surat Alqodar

  1. 098-Surat Albayyinah

  1. 099-Surat Azzalzalah

  1. 100-Surat Al-‘Aadiyaat

  1. 101-Surat Al-Qoori’ah

  1. 102-Surat Attakaatsur

  1. 103-Surat Al-‘Ashr

  1. 104-Surat Al-Humazah

Video ini diterbitkan oleh:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Jalan Curug Hilir nomor 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug

Kec. Bojongsari, Kota Depok – 16517

HP  083 807 347 267

Google Map, Alamat dan Rute klik di sini

Murottal Teknik Ketukan

18 Sep

Bacaan Murottal Dengan Navigasi Teknik Ketukan

Khusus Mushaf Rasm Al-Utsmani (Alquran Madinah)

Berikut ini adalah contoh video bacaan murottal dengan navigasi teknik ketukan. Tempo bacaan dibuat pelan (rata 0,40 detik per harakat) dengan tujuan agar mudah diikuti oleh pelajar pemula.

Anda akan dibimbing step by step dari nol untuk dapat menguasai teknik bacaan sebagaimana tayangan video di bawah ini.

Tahapan belajar yang akan anda tempuh adalah sebagai berikut:

Pertama, anda akan dibimbing untuk mengetuk semua simbol tanda baca dengan tujuan untuk menghafal hak ketukan setiap simbol.

Kedua, setelah anda menguasai dengan baik nilai-nilai simbol, anda akan dibimbing mengetuk dengan perasaan (outo ketuk). Pada tahapan ini, anda masih mengetuk, tapi bukan pada simbol tanda baca.

Ketiga, anda akan dibimbing untuk membaca dengan melepaskan ketukan sama sekali, dengan output bacaan rapih sebagaimana kondisi ketika anda mengetuk simbol pada tahap awal.

Keempat, anda akan dibimbing talaqqi (tera bacaan) sambil menjalani studi tahsin, sebelum anda menuju kelas menghafal alquran/tahfizh.

SURAT LAINNYA

KLIK SURAT LAINNYA

  1. 001-Surat Alfatihah

.01-fatihah

  1. 105-Surat al-Fiil

.02-alfiil

  1. 106-Surat al-Quroisy

.03-quroisy

  1. 107-Surat al-Maa’uun

.04-almaun

  1. 108-Surat al-Kautsar

.05-kautsar

  1. 109-Surat Al Kafirun

.06-kafiruun

  1. 110- Surat an-Nashr

.07-annashr

  1. 111-Surat Allahab

.08-allahab

  1. 112-Surat Al-Ikhlash

.09-alikhlash

  1. 113-Surat Alfalaq

.10-alfaaq

  1. 114-Surat Annaas

.11-annas

KLIK SURAT LAINNYA

KLIK SURAT LAINNYA

Video ini diterbitkan oleh:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Jalan Curug Hilir nomor 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug

Kec. Bojongsari, Kota Depok – 16517

HP  083 807 347 267

Google Map, Alamat dan Rute klik di sini

Pengertian TARTIL

24 Aug

Pengertian Tartil

 

Membaca alqur’an secara tartil adalah kewajiban. Allah SWT yang memintanya langsung sebagaimana tersebut dalam alqur’an. Karena itu bila alqur’an dibaca dengan tidak tartil maka sejatinya ibadah tilawah itu dilakukan tidak sesuai perintah-Nya.

Namun ironis. Jarang ada yang bisa mengetahui apa arti dan bagaimana tekstur bacaan tartil itu. Bila definisi tartil saja tidak tahu, lalu bagaimana usahanya untuk mewujudkan perintah Allah tersebut ?

Untuk memberikan gambaran tekstur bacaan tartil, mari kita lihat arti kata tartil di dalam kamus.

TArtil

 

Bila kita buka mushaf alqur’an terjemahan bahasa Indonesia terbitan Departemen Agama RI, pada surat Almuzzammil (73) ayat 4 akan ditemukan terjemahan sebagai berikut:

“Atau lebih dari seperdua itu dan bacalah alqur’an itu dengan perlahan-lahan”. (Q.S. Almuzzammil (73) ayat 4),

Pelan-pelan (arti kamus) atau perlahan-lahan (terjemahan Depag RI) tersebut belumlah menjelaskan tekstur bacaan tartil. Tekstur bacaan tartil adalah tersusun rapih sebagaimana pengertian asli kata tartil di dalam kamus bahasa arab tersebut.

Tersusun rapih inilah yang secara khusus dibahas dalam blog ini menjadi sebuah rumusan teknik ketukan yang rata dan dapat diukur untuk membentuk tekstur bacaan tartil.

Jadi, dengan merujuk arti kata aslinya dalam kamus, bacaan tartil adalah bacaan yang timing-nya terukur secara rapih. Inilah masalah fundamental yang dilupakan banyak orang, sehingga alqur’an kehilangan mukjizatnya.

 

Posted by:

Admin, Supriyono, MTQ Bina Alquran, Jalan Curug Raya nomor 30 RT 004 RW 009 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok

DIJUAL Rumah Tinggal, Sangat Terawat, Elegan dan Nyaman

22 Aug

Dijual Tanpa Perantara

Harap Langsung Menghubungi Pemilik

Bpk. Haji Ismet

Komplek Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI)

Blok B.10 Nomor 11, Pamulang Barat, Tangerang Selatan, Banten

Telepon 021-7404048, HP  0811904652

Rumah Tinggal, Sangat Terawat, Elegan dan Nyaman

Tampak Depan

Rumah Tampak Depan

Spesifikasi Rumah, sebagai berikut:

  1. Luas tanah 205 M2, Lebar 10 M dan Panjang 20,5 M
  2. Sertifikat Hak Milik
  3. Bangunan 2 lantai, Total Luas Bangunan 250 M2
  4. Di Lantai Bawah Tersedia 3 Kamar Tidur dan 3 Kamar Mandi
  5. Di Lantai Atas Tersedia 2 Kamar Tidur dan 1 Kamar Mandi
  6. Di Lantai Atas Tersedia 1 Gudang dan Ruangan Khusus Jemuran
  7. Garasi Untuk 2 Mobil, ukuran 3,2 M x 10 M
  8. Ruang Tamu ukuran 4 M  x  2,7 M
  9. Ruang Makan ukuran 5,7 M  x  4,8 M
  10. Ruang Keluarga/Ruang Santai/Ruang Baca ukuran 6 M x 3,2 M
  11. Listrik 3500 VA
  12. Strategis : 700 meter dari Universitas Pamulang, dan Persis Berhadapan Dengan SDN Pamulang (SDN Teladan di Kota Tangsel.

 

Berikut ini penampakan rumah dari berbagai sudut:

Teras

Teras Depan Rumah

Garasi

Tempat Parkit (3,2 M   x  10 M)

ruang tamu

Ruang Tamu (4 M  x  2,7 M)

ruang santai or baca

Ruang Keluarga, Ruang Santai, Ruang Baca (6 M  x  3,5 M)

ruang makan

Ruang Makan  (5,7 M  x  4,8M )

Harap Langsung Menghubungi Pemilik

Bpk. Haji Ismet

Telepon 021-7404048, HP  0811904652

 

 

 

Diposting oleh ADMIN-MTQ Bina Alquran, Jln. Curug Hilir no. 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug, Kec. Bojongsari, Kota Depok, 16517

 

Kamu Ga Pingin Sinau Baca Qur’an ?

23 Feb

Hai….  Apa kabar ?  Stop dulu browsing-mu. Ngobrol dulu bentar nyo’ …. ?!

Kamu lagi bingung ya ? Bagaimana cara belajar Alquran yang efektif, dari mana harus memulai belajar atau sebenarnya harus belajar apa lagi setelah itu ?

Ga usah bingung.. ! Konsultasikan ke MTQ Bina Alqur’an aja. Kamu akan diberitahu kadar kemampuanmu. Dan setelah itu,  kamu akan diarahkan, bila menginginkan lanjut belajar dengan hasil maksimal. MTQ Bina Alqur’an menyiapkan menu belajar sesuai kadar kemampuanmu, dari NOL hingga mahir

Inilah tahapan yang akan kamu lalui, bila kamu konsultasi ke Bina Alqur’an.

 

Brainstorming

Awal datang, kamu akan ditanya, sudah bisa membaca Alqur’an apa belum. Bila kamu jawab belum bisa, belum pernah belajar, kamu akan langsung direkomendasikan mengikuti kelas Bimbingan Belajar Alqur’an dari NOL pisan.

Bila kamu jawab sudah pernah belajar, kamu akan disuruh membaca Alqur’an beberapa baris. Jangan grogi ! Langkah ini hanya untuk mengukur bacaanmu. Sudah tartil apa belum bacaanmu itu.

Bila ternyata bacaanmu masih pletak-pletuk, sering ketukar huruf, berenti baca tiap 2 huruf (mikir), bacanya belum lancar, kamu akan direkomendasikan untuk mengikuti kelas Bimbingan Belajar Alqur’an dari NOL pisan.

Bila bacaanmu sudah lancar tapi belum tartil, mahrojnya salah, panjang pendeknya ga karuan, bacaan dengungnya ga ketahuan, bunyi qolqolahnya ketelen (ga muncul), cara berhenti bacanya ngawur, kamu akan direkomendasikan untuk mengikuti kelas Bimbingan Terapi Tartil atau Bimbingan Tahsin.

Bila sudah tartil, kamu akan direkomendasikan untuk mengikuti kelas Bimbingan Tahsin/Tahfizh. Rekomendasi ke kelas Tahsin, bila bacaanmu masih terdapat beberapa kesalahan. Rekomendasi ke kelas Tahfizh, menghafal, itu bila bacaanmu sudah bagus tanpa kesalahan.

Jadi, enjoy aja ya…. setelah brainstorming ini, kamu jadi tahu tingkatan bacaan kamu, dan kamu sendiri yang putusin, mau lanjut belajar atau tidak. Kalau mau lanjut belajar, tinggal ngisi formulir pendaftaran.

Kalau kamu mau lanjut belajar, inilah menu pelajaran sesuai tingkatanmu…. !

 

Bimbingan Belajar dari NOL pisan (Selama 1 bulan, 8 pertemuan)

Kelas ini, untuk kamu yang baru mau belajar (belum tahu huruf) atau kamu yang bacaannya masih pletak-pletuk, sering ketukar huruf, berenti baca tiap 2 huruf (mikir), bacanya belum lancar.

Di kelas ini, kamu akan dibimbing menghafal huruf secara cepat, tepat dan akurat dengan cara melihat, mendengar, membaca dan menulis huruf-huruf itu. Nulis ? He he he….. heran ya ? Iya. Kamu diajari nulis huruf-huruf arab. Jadi nanti kamu bisa nulis langsung huruf sambung. Setelah itu, kamu akan segera tahu, bahwa sebenarnya nulis arab itu gampang lho…

Dengan 5 macam pola berikut, kamu cukup belajar menghafal huruf arab dalam 5 pertemuan. Hafal dan paham lekak lekuk tulisannya. Huih…. !!

mapping huruf sambung

Pelan tapi pasti, kamu akan belajar niruin deret-deret huruf ini, sekaligus dibimbing cara membacanya dengan SOP Tartilnya. Weleh weleeeeh.. !

pola clurit

Jangan khawatir, tanganmu yang masih kaku buat nulis, akan dibimbing nebelin tulisan dulu kaya gini. Alaamaaaaaak…..

pola clurit latihan

Setelah itu, baru kamu disuruh nulis sendiri. Kalo terus belajar, moso iyo tangane kaku terus si… Pelan tapi pasti, kamu bakalan pinter nulis juga. Kalo kamu pinter nulisnya, pasti kamu juga pinter bacanya.

Nah… setelah kamu hafal 28 huruf, kamu akan langsung diajak berselancar membaca. Kamu akan langsung dapat materi Standard Operating Procedure (SOP) Tartil Dasar. Walau masih NOL pisan, kamu sudah langsung dikenalin prototip bacaan tartil kaya apa, dan kamu langsung dibimbing tartil. Woow…. keren niiiih……. !

Di pengenalan SOP Tartil dasar, kelas NOL pisan, kamu dapat materi ketukan ini. Kamu akan dibimbing nutul, ngetuk atu atu. Instrukturmu sabar-sabar orangnya. Lucu-lucu juga. Jadi… ga perlu takut keluar keringat dingin.

Simbol bernilai 1 ketukan dan SOP pengetukannya

  k1 gabung

Simbol bernilai 2 ketukan dan SOP pengetukannya

k2-tanwin dan tasydid

Simbol bernilai 3 ketukan dan SOP pengetukannya

k3-gabung

 

Simbol bernilai 4 ketukan dan SOP pengetukannya

k4 gabung

 

Ko’ ribed ya ? Ngga juga si…. Itu terlihat ribed karena kamu belum kenal. Makanya harus belajar. Dateng dan belajar bareng guru. Semua jadi mudah. Kalo otodidak ya jadi susah dan ribed pahaminnya. Di kelas, kamu akan diajari cara yang simpel menghafal SOP itu, cepat, otomatis, tanpa perlu dihafal.

 

Bimbingan Terapi Tartil  (Selama 1 bulan, 8 pertemuan)

Kelas ini, untuk kamu yang sudah lancar baca tapi belum tartil, mahrojnya salah, panjang pendeknya ga karuan, bacaan dengungnya ga ketahuan, bunyi qolqolahnya ketelen (ga muncul), cara berhenti bacanya ngawur.

Bacaan kamu yang belum tartil, akan disetel ulang. Ditata ulang. Dikencengin kalo ada yang kendor. Dilurusin kalo ada yang bengkok.

Gimana caranya tuh ? Caranya, kamu akan dikenalkan simulator tartil berikut. Lihat kode-kodenya, kamu akan diajari cara membaca dan mengetuknya dengan SOP Tartil. Ini dia simulatornya.

update shilah qiroah

Ko’ ribed ya ? he he he…. belon belajar udah bilang ribed. Hanya 6 poin inti yang perlu kamu ingat dari simulator itu. Cuma 6, ga banyak.  Daaan…. ternyata, mau dibolak-balik kaya apa, pola tulisan dalam alquran dari lembar 1 sampai 604, ya hanya itu. Bolak balik, cuma itu. Jadi, kalo simulator itu kamu bisa kuasai, mahir, kamu pasti bisa baca quran dengan baik. Jadi, kamu diajari pola tulisan dan cara baca. Itu lebih cepat mengantarmu berhasil belajar membaca Alquran.

Cuma butuh investasi 1 jam pelajaran untuk membongkar kandungan ilmu dalam simulator tadi. Uniknya… kamu diajari langsung praktek bacanya. Jadi kamu fokus ke cara bacanya, sesuai SOP, dan ga harus hafal nama hukum tajwidnya. Walau ga tahu nama hukum tajwidnya, bacaanmu sudah disetir tartil dengan SOP tartil.

Setelah belajar simulator tadi, kamu akan diajak untuk menjalani latihan baca buku SQ yang sangat tipis.

sq

Terus lanjut ke juz 30 dan 29. Terus lanjut ke juz 28, 27 dan 26. Habis itu, kamu dikasih alquran madinah yang sangat mudah cara membacanya.  Oh ya… ?!

juz 30

Buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30

juz amma yatasaa alun

Tampilan Isi buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30, untuk pemula, dengan panduan simbol bacaan dengung 4 ketukan berarsiran warna merah

 

 

Mushafrasmutsmani

Sampai di sini, kalo kamu sudah merasa puas, kamu bisa praktekin sendiri di rumah, membaca alquran tartil dengan SOP tartil. Kalo belum puas, ingin belajar tajwid, kamu bisa langsung lanjut ke kelas Bimbingan Tahsin.

 

Bimbingan Tahsin (Selama 2 bulan, 16 pertemuan)

 

Kelas ini, buat kamu yang sudah lancar membacanya tapi belum tartil, panjang pendeknya ga karuan, bacaan dengungnya ga ketahuan, bunyi qolqolahnya ketelen (ga muncul), cara berhenti bacanya ngawur. Kalo kamu ga PD baca keras di area umum, atau bacanya nggrenyem ga jelas, itu indikasi kamu ada di level ini.

Selain mendapat materi terapi tartil, kamu akan diajak untuk mendalami ilmu tajwid. Di tingkat ini, bacaanmu akan disetel ulang menjadi rapih dan sekaligus mengenali nama-nama hukum tajwidnya.

Untuk belajar tajwidnya, kamu akan dapat materi-materi bagus dalam buku ini.

sampul tajwid

Di kelas ini, sambil belajar SOP ketukan dan ilmu tajwid, kamu dibimbing membaca Alquran dengan cara talaqqi (sistem tera bacaan). Guru memberikan contoh bacaan, kamu menirukan sesuai contoh guru. Kamu akan dapatkan talaqqi bacaan juz 30 dan 29.

Nah.. kalo kamu lulus dari kelas ini, kamu boleh ngikut kelas tahfizh atau menghafal Alquran. Tanda kalo kamu lulus kelas ini, bacaanmu tartil, bener kabeh, minim kesalahan. Tinggal poles aja bacaan tartilmu dengan alunan khas suaramu, itu akan menjadi bekal dan amal shaleh bagimu.

Sampai di sini, kalo kamu sudah merasa puas, kamu bisa praktekin sendiri di rumah, membaca alquran tartil dengan SOP tartil. Kamu juga bisa ajarin ilmu tajwid pada teman-temnmu. Kalo belum puas, masih ingin belajar, kamu bisa langsung lanjut ke kelas Bimbingan Tahfizh atau menghafal.

Bimbingan Tahfizh  (lamanya : sesuai kebutuhan)

Kelas ini, untuk kamu yang bacaannya sudah tartil dan minim kesalahan. Sebelum kesalahan-kesalahan hengkang dari lisanmu, kamu belum diperkenankan menghafal alquran. Kalo kamu memaksa menghafal dengan kualitas bacaan yang belum bagus, kamu akan menyesal. Karena kamu menghimpun bacaan/hafalan yang salah.

Di kelas ini, kamu akan dibimbing pelan-pelan secara hierarki, menghafal alquran dari juz 30, kemudian juz 29, kemudian juz 28, 27 dan 26.

Setelah 5 juz itu selesai, kamu akan dibimbing menghafal ke juz 1 dan seterusnya, hingga selesai 30 juz. Mudah-mudahan Allah SWT membimbingmu menapaki jalan ilmu, belajar Alquran.

 

Gitu Bro…. !! Gimana ? Mau belajar bersama kami ? Sayang lho.. kalo dilewatkan.

Timbang-timbang dulu ya… ?!

MTQ Bina Alquran, didirikan untuk menjembatani keinginankamu yang sudah dewasa tapi sulit mencari tempat yang cocok untuk belajar alquran.  Rata-rata lembaga tahsin/tahfizh alquran, hanya menerima siswa yang sudah bisa membaca. Lha… yang belum bisa membaca, kemana harus belajar ?

Itulah, mengapa MTQ Bina Alquran hadir. Walau sudah dewasa, kamu tidak perlu malu memulai belajar, walau dari NOL pisan. Insya Allah, kami suka hati dan sabar mendampingi kamu belajar.

 

Oke ? Jangan kelamaan mikir. Nanti semangatmu hilang. Kiamat sudah dekat.

Bersamaku, kamu tidak perlu malu. Ayo dahsyatkan dirimu.

Kutunggu kamu ya… ?!

Salaam,

Abi Supriyono

Supriyono

SMS / WA   083 807 347 267

email :  bina.alquran@gmail.com

 

 

 

Testimoni Belajar Dari NOL

22 Feb

Dari NOL, Dalam 2 Bulan Saya Sudah Lancar Baca Alqur’an

Siti Sumarni Sinulingga

Siti Sumarni Sinulingga, dari Munte, Karo, Medan, Sumatera Utara

 

Alhamdulillah, mungkin ini memang jalan yang telah Allah tunjukkan kepada diri saya pribadi. Awal mulanya saya mempunyai kemauan keras untuk dapat membaca Al-Qur’an. Cari-mencari di “Google” bimbingan belajar membaca Al-Qur’an belum juga ada yang cocok, hingga di bulan Desember 2015 lalu saya menemukan website  MTQ Bina Al-Qur’an. Setelah saya hubungi Abi Supriyono via sms, ternyata ada cabangnya di Blok M. “Pucuk dicinta ulam pun tiba”, inilah saat-saat yang saya nanti. Tanpa berpikir panjang, kemudian saya mengikuti kursus membaca Al-Qur’an disana selama 12 pertemuan, kira-kira satu bulan lebih. Saya terdaftar sebagai siswa kursus (Bimtek SOP Tartil Alquran Metode SQ) angkatan 14 dengan masa belajar mulai 19 Desember 2015 s.d. 24 Januari 2016.

Pertama mengikuti kursus ini, saya merasa bingung. Karena semula saya memang sudah mengatakan kepada Abi Supriyono, bahwa saya masih belum mengenal sama sekali huruf hijaiyah. Tiba-tiba sudah berhadapan dengan rumus-rumus Metode SQ (Shilah Qiroah) yang ditulis oleh beliau. Salah satu cara mudah membaca Al-Qur’an dengan tartil menggunakan Al-Qur’an Rosm Al-Utsmani.

Dipertemuan kedua, saya mulai mengerti. Dan ternyata tidak sesulit yang saya pikirkan sebelumnya. Ada rumus-rumus pula untuk menghafal huruf-huruf hijaiyah, yang dikelompokkan menjadi lima bagian. Yakni diantaranya, Huruf Perahu, Huruf Pancing, dan lain sebagainya. Disetiap pertemuan saya dikenalkan dengan satu kelompok huruf yang sudah dibagi-bagi tersebut, sampai dipertemuan keenam saya sudah menghafal 28 huruf hijaiyah dengan mudah.

Dipertemuan selanjutnya hanya empat kali pertemuan, saya sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan menggunakan rumus Shilah Qiroah (SQ). Itu artinya saya dapat membaca Al-Qur’an hanya dengan 10 kali pertemuan, yang saat itu pula sudah mulai membaca Juz Amma (Juz 30) sampai pertemuan ke 12.

Dan saat ini saya masih belajar membaca Al-Qur’an di Markas MTQ Bina Al-Qur’an, Curug, Bojongsari, Depok. Karena dari awal Abi Supriyono sudah menawarkan kepada saya untuk menginap di sini supaya lebih maksimal belajar membaca Al-Qur’an.
Hampir 3 minggu saya disini, insya Allah rencana sampai tiga bulan.  Banyak ilmu yang saya dapatkan dari para pembimbing, terutama Abi Surpiyono. Sehingga menjadikan saya cinta kepada Al-Qur’an.

Dari pengalaman saya, belajar memang perlu menggunakan suatu metode. Jadi tidak asal belajar yang akhirnya asal jadi, jadi salah. Tapi bagaimanapun proses belajar tidak bergantung kepada guru atau suatu metode, melainkan pada diri sendiri yang slalu telaten mengulang-ulang apa yang telah dipelajari. Intinya belajar, belajar dan belajar.

Mudah-mudahan Metode SQ ini juga bermanfaat untuk orang-orang yang mau belajar Al-Qur’an dengan tartil .

Terimakasih Abi Supriono dan para pembimbing yang dengan sabar mendampingi saya belajar. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan-kebaikan di akherat kelak. Aamiin.