Murottal Teknik Ketukan

18 Sep

Bacaan Murottal Dengan Navigasi Teknik Ketukan

Khusus Mushaf Rasm Al-Utsmani (Alquran Madinah)

 

Berikut ini adalah contoh video bacaan murottal dengan navigasi teknik ketukan. Tempo bacaan dibuat pelan (rata 0,40 detik per harakat) dengan tujuan agar mudah diikuti oleh pelajar pemula.

Anda akan dibimbing step by step dari nol untuk dapat menguasai teknik bacaan sebagaimana tayangan video di bawah ini.

Tahapan belajar yang akan anda tempuh adalah sebagai berikut:

Pertama, anda akan dibimbing untuk mengetuk semua simbol tanda baca dengan tujuan untuk menghafal hak ketukan setiap simbol.

Kedua, setelah anda menguasai dengan baik nilai-nilai simbol, anda akan dibimbing mengetuk dengan perasaan (outo ketuk). Pada tahapan ini, anda masih mengetuk, tapi bukan pada simbol tanda baca.

Ketiga, anda akan dibimbing untuk membaca dengan melepaskan ketukan sama sekali, dengan output bacaan rapih sebagaimana kondisi ketika anda mengetuk simbol pada tahap awal.

Keempat, anda akan dibimbing talaqqi (tera bacaan) sambil menjalani studi tahsin, sebelum anda menuju kelas menghafal alquran/tahfizh.

  1. 001-Surat Alfatihah

 

  1. 105-Surat al-Fiil

 

  1. 106-Surat al-Quroisy

 

  1. 107-Surat al-Maa’uun

 

  1. 108-Surat al-Kautsar

 

  1. 109-Surat Al Kafirun

 

  1. 110- Surat an-Nashr

 

  1. 111-Surat Allahab

 

  1. 112-Surat Al-Ikhlash

 

  1. 113-Surat Alfalaq

 

  1. 114-Surat Annaas

Video ini diterbitkan oleh:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Jalan Curug Hilir nomor 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug

Kec. Bojongsari, Kota Depok – 16517

HP  083 807 347 267

Google Map, Alamat dan Rute klik di sini

Workshop Tartil Akhir Pekan

3 Sep

Workshop Tartil Alqur’an Akhir Pekan

Peserta TERBATAS 15 orang per angkatan. Kelebihan peserta akan dialokasikan ke angkatan berikutnya.

 

Membaca Alqur’an adalah ibadah sakral (mahdhoh) yang harus ditunaikan sesuai dengan petunjuk/pengajaran Rasulullah SAW.  Dalam rangka memasyarakatkan bacaan tartil dan mentartilkan bacaan masyarakat, kami menghadirkan aneka menu bimbel membaca Alqur’an, dimulai dari NOL hingga mahir dan menghafal alqur’an.

 

Buat anda yang sibuk dengan pekerjaan kantor atau aktifitas lain, yang ingin belajar namun waktunya sangat terbatas, kami menghadirkan satu layanan baru yaitu Workshop Tartil Akhir Pekan, yang dilaksanakan pada tiap Sabtu dan Minggu.

 

Workshop ini adalah pelatihan dan bedah buku SQ – SOP Tartil Alqur’an Rasm Al-Utsmani, yaitu pelatihan membaca murottal dengan pendekatan talaqqi skrip tanpa pusing menghafal kaidah-kaidah Ilmu Tajwid.  Cepat, Mudah dan Praktis  !! Teknik ini adalah teknik terbaru belajar murattal, pertama di dunia.

cover sq1

 

Syarat Peserta:

  1. Usia minimal 17 tahun

  2. Bisa/Lancar Membaca Alqur’an

  3. Mematuhi Ketentuan yang Berlaku

Fasilitas:

BukuModul  Metode SQ SOP Tartil Mushaf Rasm Al-Utsmani (Penyusun : Supriyono, S.Sos.I)

 

Tempat Belajar:

Markaz MTQ Bina Alqur’an

Jln. Curug Hilir no. 30 RT 4 RW 9, Kel. Curug, Kec. Bojongsari, Depok-16517

 

Lihat Peta, Alamat dan Rute di sini  !!

 

 

Cara Pendaftaran:

Pendaftaran dilakukan secara ONLINE melalui email : bina.alquran@gmail.com  minimal 3 hari sebelum pelaksanaan.  

 

 

Informasi cepat, silahkan SMS ke nomor WA : 083 807 347 267

 

 

 Kalender Pelaksanaan Workshop:

Tiap Sabtu  : pukul 08.00  – 17.00  (AKHWAT)

Tiap Ahad   : pukul 08.00 – 17.00 (IKHWAN)

Pengertian TARTIL

24 Aug

Pengertian Tartil

 

Membaca alqur’an secara tartil adalah kewajiban. Allah SWT yang memintanya langsung sebagaimana tersebut dalam alqur’an. Karena itu bila alqur’an dibaca dengan tidak tartil maka sejatinya ibadah tilawah itu dilakukan tidak sesuai perintah-Nya.

Namun ironis. Jarang ada yang bisa mengetahui apa arti dan bagaimana tekstur bacaan tartil itu. Bila definisi tartil saja tidak tahu, lalu bagaimana usahanya untuk mewujudkan perintah Allah tersebut ?

Untuk memberikan gambaran tekstur bacaan tartil, mari kita lihat arti kata tartil di dalam kamus.

TArtil

 

Bila kita buka mushaf alqur’an terjemahan bahasa Indonesia terbitan Departemen Agama RI, pada surat Almuzzammil (73) ayat 4 akan ditemukan terjemahan sebagai berikut:

“Atau lebih dari seperdua itu dan bacalah alqur’an itu dengan perlahan-lahan”. (Q.S. Almuzzammil (73) ayat 4),

Pelan-pelan (arti kamus) atau perlahan-lahan (terjemahan Depag RI) tersebut belumlah menjelaskan tekstur bacaan tartil. Tekstur bacaan tartil adalah tersusun rapih sebagaimana pengertian asli kata tartil di dalam kamus bahasa arab tersebut.

Tersusun rapih inilah yang secara khusus dibahas dalam blog ini menjadi sebuah rumusan teknik ketukan yang rata dan dapat diukur untuk membentuk tekstur bacaan tartil.

Jadi, dengan merujuk arti kata aslinya dalam kamus, bacaan tartil adalah bacaan yang timing-nya terukur secara rapih. Inilah masalah fundamental yang dilupakan banyak orang, sehingga alqur’an kehilangan mukjizatnya.

 

Posted by:

Admin, Supriyono, MTQ Bina Alquran, Jalan Curug Raya nomor 30 RT 004 RW 009 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok

DIJUAL Rumah Tinggal, Sangat Terawat, Elegan dan Nyaman

22 Aug

Dijual Tanpa Perantara

Harap Langsung Menghubungi Pemilik

Bpk. Haji Ismet

Komplek Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI)

Blok B.10 Nomor 11, Pamulang Barat, Tangerang Selatan, Banten

Telepon 021-7404048, HP  0811904652

Rumah Tinggal, Sangat Terawat, Elegan dan Nyaman

Tampak Depan

Rumah Tampak Depan

Spesifikasi Rumah, sebagai berikut:

  1. Luas tanah 205 M2, Lebar 10 M dan Panjang 20,5 M
  2. Sertifikat Hak Milik
  3. Bangunan 2 lantai, Total Luas Bangunan 250 M2
  4. Di Lantai Bawah Tersedia 3 Kamar Tidur dan 3 Kamar Mandi
  5. Di Lantai Atas Tersedia 2 Kamar Tidur dan 1 Kamar Mandi
  6. Di Lantai Atas Tersedia 1 Gudang dan Ruangan Khusus Jemuran
  7. Garasi Untuk 2 Mobil, ukuran 3,2 M x 10 M
  8. Ruang Tamu ukuran 4 M  x  2,7 M
  9. Ruang Makan ukuran 5,7 M  x  4,8 M
  10. Ruang Keluarga/Ruang Santai/Ruang Baca ukuran 6 M x 3,2 M
  11. Listrik 3500 VA
  12. Strategis : 700 meter dari Universitas Pamulang, dan Persis Berhadapan Dengan SDN Pamulang (SDN Teladan di Kota Tangsel.

 

Berikut ini penampakan rumah dari berbagai sudut:

Teras

Teras Depan Rumah

Garasi

Tempat Parkit (3,2 M   x  10 M)

ruang tamu

Ruang Tamu (4 M  x  2,7 M)

ruang santai or baca

Ruang Keluarga, Ruang Santai, Ruang Baca (6 M  x  3,5 M)

ruang makan

Ruang Makan  (5,7 M  x  4,8M )

Harap Langsung Menghubungi Pemilik

Bpk. Haji Ismet

Telepon 021-7404048, HP  0811904652

 

 

 

Diposting oleh ADMIN-MTQ Bina Alquran, Jln. Curug Hilir no. 30 RT 004 RW 009 Kel. Curug, Kec. Bojongsari, Kota Depok, 16517

 

Kamu Ga Pingin Sinau Baca Qur’an ?

23 Feb

Hai….  Apa kabar ?  Stop dulu browsing-mu. Ngobrol dulu bentar nyo’ …. ?!

Kamu lagi bingung ya ? Bagaimana cara belajar Alquran yang efektif, dari mana harus memulai belajar atau sebenarnya harus belajar apa lagi setelah itu ?

Ga usah bingung.. ! Konsultasikan ke MTQ Bina Alqur’an aja. Kamu akan diberitahu kadar kemampuanmu. Dan setelah itu,  kamu akan diarahkan, bila menginginkan lanjut belajar dengan hasil maksimal. MTQ Bina Alqur’an menyiapkan menu belajar sesuai kadar kemampuanmu, dari NOL hingga mahir

Inilah tahapan yang akan kamu lalui, bila kamu konsultasi ke Bina Alqur’an.

 

Brainstorming

Awal datang, kamu akan ditanya, sudah bisa membaca Alqur’an apa belum. Bila kamu jawab belum bisa, belum pernah belajar, kamu akan langsung direkomendasikan mengikuti kelas Bimbingan Belajar Alqur’an dari NOL pisan.

Bila kamu jawab sudah pernah belajar, kamu akan disuruh membaca Alqur’an beberapa baris. Jangan grogi ! Langkah ini hanya untuk mengukur bacaanmu. Sudah tartil apa belum bacaanmu itu.

Bila ternyata bacaanmu masih pletak-pletuk, sering ketukar huruf, berenti baca tiap 2 huruf (mikir), bacanya belum lancar, kamu akan direkomendasikan untuk mengikuti kelas Bimbingan Belajar Alqur’an dari NOL pisan.

Bila bacaanmu sudah lancar tapi belum tartil, mahrojnya salah, panjang pendeknya ga karuan, bacaan dengungnya ga ketahuan, bunyi qolqolahnya ketelen (ga muncul), cara berhenti bacanya ngawur, kamu akan direkomendasikan untuk mengikuti kelas Bimbingan Terapi Tartil atau Bimbingan Tahsin.

Bila sudah tartil, kamu akan direkomendasikan untuk mengikuti kelas Bimbingan Tahsin/Tahfizh. Rekomendasi ke kelas Tahsin, bila bacaanmu masih terdapat beberapa kesalahan. Rekomendasi ke kelas Tahfizh, menghafal, itu bila bacaanmu sudah bagus tanpa kesalahan.

Jadi, enjoy aja ya…. setelah brainstorming ini, kamu jadi tahu tingkatan bacaan kamu, dan kamu sendiri yang putusin, mau lanjut belajar atau tidak. Kalau mau lanjut belajar, tinggal ngisi formulir pendaftaran.

Kalau kamu mau lanjut belajar, inilah menu pelajaran sesuai tingkatanmu…. !

 

Bimbingan Belajar dari NOL pisan (Selama 1 bulan, 8 pertemuan)

Kelas ini, untuk kamu yang baru mau belajar (belum tahu huruf) atau kamu yang bacaannya masih pletak-pletuk, sering ketukar huruf, berenti baca tiap 2 huruf (mikir), bacanya belum lancar.

Di kelas ini, kamu akan dibimbing menghafal huruf secara cepat, tepat dan akurat dengan cara melihat, mendengar, membaca dan menulis huruf-huruf itu. Nulis ? He he he….. heran ya ? Iya. Kamu diajari nulis huruf-huruf arab. Jadi nanti kamu bisa nulis langsung huruf sambung. Setelah itu, kamu akan segera tahu, bahwa sebenarnya nulis arab itu gampang lho…

Dengan 5 macam pola berikut, kamu cukup belajar menghafal huruf arab dalam 5 pertemuan. Hafal dan paham lekak lekuk tulisannya. Huih…. !!

mapping huruf sambung

Pelan tapi pasti, kamu akan belajar niruin deret-deret huruf ini, sekaligus dibimbing cara membacanya dengan SOP Tartilnya. Weleh weleeeeh.. !

pola clurit

Jangan khawatir, tanganmu yang masih kaku buat nulis, akan dibimbing nebelin tulisan dulu kaya gini. Alaamaaaaaak…..

pola clurit latihan

Setelah itu, baru kamu disuruh nulis sendiri. Kalo terus belajar, moso iyo tangane kaku terus si… Pelan tapi pasti, kamu bakalan pinter nulis juga. Kalo kamu pinter nulisnya, pasti kamu juga pinter bacanya.

Nah… setelah kamu hafal 28 huruf, kamu akan langsung diajak berselancar membaca. Kamu akan langsung dapat materi Standard Operating Procedure (SOP) Tartil Dasar. Walau masih NOL pisan, kamu sudah langsung dikenalin prototip bacaan tartil kaya apa, dan kamu langsung dibimbing tartil. Woow…. keren niiiih……. !

Di pengenalan SOP Tartil dasar, kelas NOL pisan, kamu dapat materi ketukan ini. Kamu akan dibimbing nutul, ngetuk atu atu. Instrukturmu sabar-sabar orangnya. Lucu-lucu juga. Jadi… ga perlu takut keluar keringat dingin.

Simbol bernilai 1 ketukan dan SOP pengetukannya

  k1 gabung

Simbol bernilai 2 ketukan dan SOP pengetukannya

k2-tanwin dan tasydid

Simbol bernilai 3 ketukan dan SOP pengetukannya

k3-gabung

 

Simbol bernilai 4 ketukan dan SOP pengetukannya

k4 gabung

 

Ko’ ribed ya ? Ngga juga si…. Itu terlihat ribed karena kamu belum kenal. Makanya harus belajar. Dateng dan belajar bareng guru. Semua jadi mudah. Kalo otodidak ya jadi susah dan ribed pahaminnya. Di kelas, kamu akan diajari cara yang simpel menghafal SOP itu, cepat, otomatis, tanpa perlu dihafal.

 

Bimbingan Terapi Tartil  (Selama 1 bulan, 8 pertemuan)

Kelas ini, untuk kamu yang sudah lancar baca tapi belum tartil, mahrojnya salah, panjang pendeknya ga karuan, bacaan dengungnya ga ketahuan, bunyi qolqolahnya ketelen (ga muncul), cara berhenti bacanya ngawur.

Bacaan kamu yang belum tartil, akan disetel ulang. Ditata ulang. Dikencengin kalo ada yang kendor. Dilurusin kalo ada yang bengkok.

Gimana caranya tuh ? Caranya, kamu akan dikenalkan simulator tartil berikut. Lihat kode-kodenya, kamu akan diajari cara membaca dan mengetuknya dengan SOP Tartil. Ini dia simulatornya.

update shilah qiroah

Ko’ ribed ya ? he he he…. belon belajar udah bilang ribed. Hanya 6 poin inti yang perlu kamu ingat dari simulator itu. Cuma 6, ga banyak.  Daaan…. ternyata, mau dibolak-balik kaya apa, pola tulisan dalam alquran dari lembar 1 sampai 604, ya hanya itu. Bolak balik, cuma itu. Jadi, kalo simulator itu kamu bisa kuasai, mahir, kamu pasti bisa baca quran dengan baik. Jadi, kamu diajari pola tulisan dan cara baca. Itu lebih cepat mengantarmu berhasil belajar membaca Alquran.

Cuma butuh investasi 1 jam pelajaran untuk membongkar kandungan ilmu dalam simulator tadi. Uniknya… kamu diajari langsung praktek bacanya. Jadi kamu fokus ke cara bacanya, sesuai SOP, dan ga harus hafal nama hukum tajwidnya. Walau ga tahu nama hukum tajwidnya, bacaanmu sudah disetir tartil dengan SOP tartil.

Setelah belajar simulator tadi, kamu akan diajak untuk menjalani latihan baca buku SQ yang sangat tipis.

sq

Terus lanjut ke juz 30 dan 29. Terus lanjut ke juz 28, 27 dan 26. Habis itu, kamu dikasih alquran madinah yang sangat mudah cara membacanya.  Oh ya… ?!

juz 30

Buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30

juz amma yatasaa alun

Tampilan Isi buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30, untuk pemula, dengan panduan simbol bacaan dengung 4 ketukan berarsiran warna merah

 

 

Mushafrasmutsmani

Sampai di sini, kalo kamu sudah merasa puas, kamu bisa praktekin sendiri di rumah, membaca alquran tartil dengan SOP tartil. Kalo belum puas, ingin belajar tajwid, kamu bisa langsung lanjut ke kelas Bimbingan Tahsin.

 

Bimbingan Tahsin (Selama 2 bulan, 16 pertemuan)

 

Kelas ini, buat kamu yang sudah lancar membacanya tapi belum tartil, panjang pendeknya ga karuan, bacaan dengungnya ga ketahuan, bunyi qolqolahnya ketelen (ga muncul), cara berhenti bacanya ngawur. Kalo kamu ga PD baca keras di area umum, atau bacanya nggrenyem ga jelas, itu indikasi kamu ada di level ini.

Selain mendapat materi terapi tartil, kamu akan diajak untuk mendalami ilmu tajwid. Di tingkat ini, bacaanmu akan disetel ulang menjadi rapih dan sekaligus mengenali nama-nama hukum tajwidnya.

Untuk belajar tajwidnya, kamu akan dapat materi-materi bagus dalam buku ini.

sampul tajwid

Di kelas ini, sambil belajar SOP ketukan dan ilmu tajwid, kamu dibimbing membaca Alquran dengan cara talaqqi (sistem tera bacaan). Guru memberikan contoh bacaan, kamu menirukan sesuai contoh guru. Kamu akan dapatkan talaqqi bacaan juz 30 dan 29.

Nah.. kalo kamu lulus dari kelas ini, kamu boleh ngikut kelas tahfizh atau menghafal Alquran. Tanda kalo kamu lulus kelas ini, bacaanmu tartil, bener kabeh, minim kesalahan. Tinggal poles aja bacaan tartilmu dengan alunan khas suaramu, itu akan menjadi bekal dan amal shaleh bagimu.

Sampai di sini, kalo kamu sudah merasa puas, kamu bisa praktekin sendiri di rumah, membaca alquran tartil dengan SOP tartil. Kamu juga bisa ajarin ilmu tajwid pada teman-temnmu. Kalo belum puas, masih ingin belajar, kamu bisa langsung lanjut ke kelas Bimbingan Tahfizh atau menghafal.

Bimbingan Tahfizh  (lamanya : sesuai kebutuhan)

Kelas ini, untuk kamu yang bacaannya sudah tartil dan minim kesalahan. Sebelum kesalahan-kesalahan hengkang dari lisanmu, kamu belum diperkenankan menghafal alquran. Kalo kamu memaksa menghafal dengan kualitas bacaan yang belum bagus, kamu akan menyesal. Karena kamu menghimpun bacaan/hafalan yang salah.

Di kelas ini, kamu akan dibimbing pelan-pelan secara hierarki, menghafal alquran dari juz 30, kemudian juz 29, kemudian juz 28, 27 dan 26.

Setelah 5 juz itu selesai, kamu akan dibimbing menghafal ke juz 1 dan seterusnya, hingga selesai 30 juz. Mudah-mudahan Allah SWT membimbingmu menapaki jalan ilmu, belajar Alquran.

 

Gitu Bro…. !! Gimana ? Mau belajar bersama kami ? Sayang lho.. kalo dilewatkan.

Timbang-timbang dulu ya… ?!

MTQ Bina Alquran, didirikan untuk menjembatani keinginankamu yang sudah dewasa tapi sulit mencari tempat yang cocok untuk belajar alquran.  Rata-rata lembaga tahsin/tahfizh alquran, hanya menerima siswa yang sudah bisa membaca. Lha… yang belum bisa membaca, kemana harus belajar ?

Itulah, mengapa MTQ Bina Alquran hadir. Walau sudah dewasa, kamu tidak perlu malu memulai belajar, walau dari NOL pisan. Insya Allah, kami suka hati dan sabar mendampingi kamu belajar.

 

Oke ? Jangan kelamaan mikir. Nanti semangatmu hilang. Kiamat sudah dekat.

Bersamaku, kamu tidak perlu malu. Ayo dahsyatkan dirimu.

Kutunggu kamu ya… ?!

Salaam,

Abi Supriyono

Supriyono

SMS / WA   083 807 347 267

email :  bina.alquran@gmail.com

 

 

 

Testimoni Belajar Dari NOL

22 Feb

Dari NOL, Dalam 2 Bulan Saya Sudah Lancar Baca Alqur’an

Siti Sumarni Sinulingga

Siti Sumarni Sinulingga, dari Munte, Karo, Medan, Sumatera Utara

 

Alhamdulillah, mungkin ini memang jalan yang telah Allah tunjukkan kepada diri saya pribadi. Awal mulanya saya mempunyai kemauan keras untuk dapat membaca Al-Qur’an. Cari-mencari di “Google” bimbingan belajar membaca Al-Qur’an belum juga ada yang cocok, hingga di bulan Desember 2015 lalu saya menemukan website  MTQ Bina Al-Qur’an. Setelah saya hubungi Abi Supriyono via sms, ternyata ada cabangnya di Blok M. “Pucuk dicinta ulam pun tiba”, inilah saat-saat yang saya nanti. Tanpa berpikir panjang, kemudian saya mengikuti kursus membaca Al-Qur’an disana selama 12 pertemuan, kira-kira satu bulan lebih. Saya terdaftar sebagai siswa kursus (Bimtek SOP Tartil Alquran Metode SQ) angkatan 14 dengan masa belajar mulai 19 Desember 2015 s.d. 24 Januari 2016.

Pertama mengikuti kursus ini, saya merasa bingung. Karena semula saya memang sudah mengatakan kepada Abi Supriyono, bahwa saya masih belum mengenal sama sekali huruf hijaiyah. Tiba-tiba sudah berhadapan dengan rumus-rumus Metode SQ (Shilah Qiroah) yang ditulis oleh beliau. Salah satu cara mudah membaca Al-Qur’an dengan tartil menggunakan Al-Qur’an Rosm Al-Utsmani.

Dipertemuan kedua, saya mulai mengerti. Dan ternyata tidak sesulit yang saya pikirkan sebelumnya. Ada rumus-rumus pula untuk menghafal huruf-huruf hijaiyah, yang dikelompokkan menjadi lima bagian. Yakni diantaranya, Huruf Perahu, Huruf Pancing, dan lain sebagainya. Disetiap pertemuan saya dikenalkan dengan satu kelompok huruf yang sudah dibagi-bagi tersebut, sampai dipertemuan keenam saya sudah menghafal 28 huruf hijaiyah dengan mudah.

Dipertemuan selanjutnya hanya empat kali pertemuan, saya sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan menggunakan rumus Shilah Qiroah (SQ). Itu artinya saya dapat membaca Al-Qur’an hanya dengan 10 kali pertemuan, yang saat itu pula sudah mulai membaca Juz Amma (Juz 30) sampai pertemuan ke 12.

Dan saat ini saya masih belajar membaca Al-Qur’an di Markas MTQ Bina Al-Qur’an, Curug, Bojongsari, Depok. Karena dari awal Abi Supriyono sudah menawarkan kepada saya untuk menginap di sini supaya lebih maksimal belajar membaca Al-Qur’an.
Hampir 3 minggu saya disini, insya Allah rencana sampai tiga bulan.  Banyak ilmu yang saya dapatkan dari para pembimbing, terutama Abi Surpiyono. Sehingga menjadikan saya cinta kepada Al-Qur’an.

Dari pengalaman saya, belajar memang perlu menggunakan suatu metode. Jadi tidak asal belajar yang akhirnya asal jadi, jadi salah. Tapi bagaimanapun proses belajar tidak bergantung kepada guru atau suatu metode, melainkan pada diri sendiri yang slalu telaten mengulang-ulang apa yang telah dipelajari. Intinya belajar, belajar dan belajar.

Mudah-mudahan Metode SQ ini juga bermanfaat untuk orang-orang yang mau belajar Al-Qur’an dengan tartil .

Terimakasih Abi Supriono dan para pembimbing yang dengan sabar mendampingi saya belajar. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan-kebaikan di akherat kelak. Aamiin.

Tartil Care Pamulang

26 Jan

 

MTQ Bina Alquran, hadir menyapa anda di Tangerang Selatan. Tartil Care hadir dengan layanan yang sesuai dengan diri anda. Dengan volume kelas yang kecil (maksimal 6 orang), kami akan lebih fokus membimbing anda untuk secepatnya biasa menguasai bacaan Alquran. Berikut ini adalah paket pelatihan yang bisa anda ikuti di Tartilic Pamulang:

  1. Bimbingan Membaca Alquran dari NOL – A, 8 pertemuan (2x sepekan), 1 bulan

  2. Bimbingan Membaca Alquran dari NOL – B, 8 pertemuan (2x sepekan), 1 bulan

  3. Bimbingan Terapi Tartil Teknik Ketukan, 8 pertemuan (2x sepekan), 1 bulan

  4. Bimbingan Terapi Tartil Teknik Outo Ketuk, 8 pertemuan (2x sepekan), 1 bulan

  5. Bimbingan Tahsin, 16 pertemuan (2x sepekan), 2 bulan

  6. Bimbingan Takhossus, 8 pertemuan (2x sepekan), 1 bulan

  7. Bimbingan Tahfizh, sesuai kebutuhan anda

 

Cara Pendaftaran:

Hadir langsung ke TARTILIC Pamulang

  • Alamat: Kios T.1 nomor 6 komplek pertokoan modern Pasar Kita Pamulang.   Kios dibuka dengan perjanjian (anda hubungi kami lebih dulu melalui WA nomor 083 807 347 267)

Melalui email  bina.alquran@gmail.com

  • Kirimkan fotokopi KTP anda yang masih berlaku sebagai pengganti formulir pendaftaran.

 

 

Fasilitas:

  • Guru pembimbing yang ahli dan profesional

  • Tempat belajar yang nyaman, ruangan AC

  • Tersedia modul/buku

  • Parkir nyaman

  • Kelas terpisah antara pria dan wanita

  • Banyak alternatif pilihan waktu yang sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Informasi lengkap tentang layanan Tartilic Pamulang dapat anda konsultasikan kepada kami melalui WA 083 807 347 267  atau melalui email   bina.alquran@gmail.com

Bimtek SOP Tartil Alquran Metode SQ

2 Dec

Merasa SULIT Belajar Alqur’an ?

Bongkar MENTAL BLOK di otak anda  !

 

SEGERA IKUTI…. !!!

BIMBINGAN TEKNIS STANDAR OPERATING PROCEDUR (SOP)  TARTIL  ALQUR’AN

Tanpa Menghafal Ilmu Tajwid  !!

(Khusus DEWASA)

 

 

Dibimbing langsung oleh Abi Supriyono

Penyusun SOP Tartil Metode SQ

Abi Supriyono

Abi Supriyono

Deskripsi Bimtek:

 Supriyono, “Mewujudkan bacaan tartil itu ternyata mudah. Tartil ternyata ada rumusnya. Mudah… Sangaat Mudah !  Anda tinggal ikuti saja manualnya, maka bacaan anda pun mendadak berubah tartil. Ikuti Standar Operating Tartilnya, maka anda pun bisa mandiri, membaca seluruh teks Alqur’an dengan tartil, tanpa kecuali !”

 

 

Lama Pertemuan :

12 kali tatap muka @ 2 jam

 

 

Jadwal Kelas Baru:

cipulir

pamulang

 

 

KURSUS KIT

Selain bimbingan teknis langsung dari Penyusun SOP Tartil Metode SQ, Peserta mendapatkan perlengkapan belajar sbb:

SQ

Buku SQ Methode, Cara Mudah Cepat Lancar Tartil Membaca Alqur’an (4 jilid)

juz 30

Buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30

juz amma yatasaa alun

Tampilan Isi buku Alqur’an Rasm Utsmani Juz 30, untuk pemula, dengan panduan simbol bacaan dengung 4 ketukan berarsiran warna merah

sampul tajwid

Buku Panduan Tajwid Aplikatif, Kajian Dengan Pendekatan SOP Teknik Ketukan (232 halaman)

Mushafrasmutsmani

Mushaf Alquran 30 juz Rasm Utsmani (rupa sampul tidak mengikat, bisa berubah-ubah sesuai ketersediaan stok)

Peserta dibimbing untuk mengenali bacaan dengung dengan teknik mewarnai bacaan dengung pada juz 29, 28, 27 dan 26  sehingga mahir. Peserta dibekali dengan materi yang komprehensif

 

 

APA ITU SOP TARTIL  ?

SOP Tartil Metode SQ adalah studi tartil dengan cara mengetuk simbol sebagai aplikasi dari hukum-hukum tajwid. Suatu simbol memiliki hak ketukan tertentu. Kemudian ditentukan cara mengetuknya. Kemudian menjadi SOP karena sudah sangat jelas harga tiap simbol dan kepastian cara mengetuknya. Outpun dari aplikasi SOP ini akan menghasilkan bacaan yang otomatis sesuai hukum tajwid, TARTIL. Sekalipun anda tidak tahu nama hukum tajwidnya.

Gambaran tentang bimbingan mengetuk simbol yang akan anda pelajari nanti adalah sebagai berikut:

Simbol bernilai 1 ketukan dan SOP pengetukannya

  k1 gabung

Simbol bernilai 2 ketukan dan SOP pengetukannya

k2-tanwin dan tasydid

Simbol bernilai 3 ketukan dan SOP pengetukannya

k3-gabung

Simbol bernilai 4 ketukan dan SOP pengetukannya

k4 gabung

Simbol bernilai 5 ketukan dan SOP pengetukannya

k5 gabung

 

Bergabung dalam bimbingan teknis ini akan menjadi pengalaman menarik tersendiri bagi anda. Tartil, tanpa ribed menghafal teori ilmu tajwid.  Daftar Yuk !!

 

PENDAFTARAN

Pendaftaran hanya dilayani melalui email :

bina.alquran@gmail.com

Mereka yang telah lebih dahulu mencoba Metode SQ

tesqmoni

Inilah Suasana Kelas BIMTEK/Kursus SOP Tartil Metode SQ, di Gedung Ayam, Bulungan, Jakarta Selatan

Bimtek SQ 9 Blok M Bimtek SQ 9 Bl0k M

sq8C

sq8b

sq angkt 7

OUTPUT BIMTEK

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

Program menarik ini hanya  ada di MTQ Bina Alqur’an !

Metode SQ, metode mutaakhir, metode tercepat untuk bisa lancar tartil membaca alquran.

Jangan salah bandingin ya…

Kami menginginkan anda mahir baca qur’an. Bacanya lancar dan tartil.

Emang ada si… yang nawarin 3 jam bisa baca qur’an.

Kami tidak jual iklan 3 jam bisa baca qur’an, karena nyatanya kemampuan mahir lancar tartil baca quran itu ketrampilan. Mustahil hanya dengan 3 jam belajar hal itu bisa dicapai. Kalo cuma ngerti, itu mungkin, tapi ya tetep aja bacaanya terbata-bata, gradal-grudul, apalagi bisa tartil !

Penawaran kami sangat realistis. Cukup sehari, 24 jam tatap muka, anda bisa mampu lancar tartil membaca alqur’an.

BUKTIKAN !

Standard Operating Procedure (SOP) Tartil Alquran

11 Nov

Selamat datang di laman rumahku, MTQ Bina Alqur’an. Kamu beruntung karena anugerah yang agung ini. SOP Tartil Alquran ini ilmu baru. Baru ada di kolong dunia ini. Dan Alhamdulillaah, ilmu ini lahir di kolong madrasah MTQ Bina Alquran. Kalau kamu mau, kamu bisa pelajari ilmu ini dengan mudah. Tapi… hanya di Bina Alquran ya…. kamu tidak akan temukan ilmu ini di tempat lain.

Ilmu ini lahir, bermula dari kerisauanku yang mendalam. Risau gimana ? Gini.  Sama-sama ngaji quran, tapi hasil bacaannya ngga sama. Kamu rasain itu ga ? Kalau ga percaya, coba duduk 5 orang, baca quran bareng. Suratnya sama, ayatnya sama, mulainya bareng. Coba baca bareng-bareng. 1, 2, 3….. mulai !!  Jreeeng… !!  Hasilnya, suaranya beda-beda bukan ? Kudune, nek qurane siji, hasil bacaanya ya satu macam ya to ? Tapi kenapa bisa beda-beda ngono ? Berarti ada sesuatu di situ, ada miss, sehigga bacaannya ra podo.

Itulah mengapa aku risau. Aku udah ngaji di kampung sono. Di Jakarta, ternyata bacaanku ngga laku. Ngga kepake. Dikoreksi mulu. Ternyata, aku masih harus belajar tahsin supaya bacaanku menjadi bagus.

Alhamdulillaah, sejak tahun 1995 sampai kisaran tahun 2011, Allah SWT mempertemukanku dengan beberapa guru tahsin/tahfizh. Ngaji tahsin berganti ganti dari satu guru ke guru yang lain. Selama rentang waktu 1995 – 2011 itu, aku ngaji talaqqi bacaan dengan beberapa ustadz, diantaranya : Ust. Afandi Anwar (LTQ Kharisma Risalah), Ust. Nurkholis (Masjid Alfalah, Benhil), Ust. Abdus Somad (LTQ Alhikmah), Ust. Choirul Anwar (Masjid Attaqwa, Bangka 3), Ust. Ismail Tanjung (FHQ Almujahidin,Pamulang) dan lain-lain.

Setelah menggali dari guru-guru itu, diperoleh satu kesimpulan, bahwa bacaan tartil itu ada bentuknya. Ada polanya. Bisa diwujudkan. Cling ! muncullah ide kecil ini. Sebuah ide untuk membuat ukuran-ukuran (ketukan) bacaan alquran sehingga  bacaan bisa langsung terstruktur tartil. Beruntung, para ustadz tahsin selalu mengenalkanku dengan alquran tartil rasm utsmani.

Berikut ini akan kujelaskan kronologis tentang penyusunan metode ini, sehingga akhirnya menjadi SOP Tartil. Aku pake bagan untuk menjelaskan.

siklus sop

Pertama, tahap Planning. Di bagan atas, huruf P abang iku, maksude yo Planning iki. Tahap perencanaan. Di tahap ini, aku ngaji tahsin dengan para ustadz. Proses ini berlangsung sejak tahun 1995 – 2009. Selama itulah aku menggali miniatur tartil dari para ustadz.

Gambaran tentang proses talaqqi tartil adalah sebagai berikut:

talaqqi

Kedua, tahap Organizing. Di bagan atas, huruf O abang iku, maksude yo Organizing iki. Tahap pembuatan formula/rumus tartil dengan bahan teks alquran rasm utsmani.  Melalui pendekatan teks alquran rasm utsmani, kemudian dibandingkan dengan formasi bunyi bacaan tartil yang diperoleh dari proses talaqqi dengan para asaatidz, dipelajarilah ukuran-ukurannya, kemudian jadilah formula tartil metode ketukan.

formula SOP

Ketiga, tahap Actuating. Di bagan atas, huruf A abang iku, maksude yo Actuating iki. Tahap menguji formula ketukan yang sudah dibuat, yaitu dengan membaca alquran rasm utsmani dengan menggunakan teknik ketukan ini. Yang mencoba teknik ini ya orang lain tentunya. Aku mengajarkan tartil kepada beberapa orang, kemudian mereka mempraktekkan teknik ini, untuk membaca Alquran rasm utsmani.

tartil

Keempat, tahap Controlling. Di bagan atas, huruf C abang iku, maksude yo Controlling iki. Yaitu tahap pengawasan/penilaian. Betul ngga presisinya, teknik ketukan ini menghasilkan bunyi quran tartil.  Kalau presisi tartilnya kurang, insya Allaah akan digenapkan dengan proses talaqqi yang sesungguhnya.

Sambil menggali ilmu tartil, mulai tahun 2010, aku mencoba menulis pelajaran tajwid di internet. Untuk belajar sendiri maksudnya. Saat itu, aku minta arahan beberapa temen untuk membimbingku belajar membuat blog, sekalian latihan menulis. Maka dari itu, lahirlah blog https://binaalquran.wordpress.com ini.  Kemudian, pada tahun 2012, isi tulisan di blog ini aku kumpulin menjadi sebuah buku seperti ini. Lumayan juga, setebal 232 halaman. Semoga karya ini menambah khazanah keilmuan kreatif di bidang ilmu alquran.

sampul buku depan  sampul buku blkng

Buku tajwid ketukan di atas, itu buku teori ketukan. Setelah aku minta tolong beberapa orang untuk membacanya, responnya positif. Namun, beda teori beda pula aplikasi pengajarannya. Teorinya sudah ditulis, tapi untuk diajarkan ribed juga ya ? He he he…

Nah.. muncul ide lagi. Karena di tahapan pengajaran terasa sulit, maka aku buat buku khusus, semacam aplikasi untuk para pemula. Maka, lahirlah buku turunan, khusus untuk mengajarkan metode ketukan ini kepada para pemula. Buku ini kemudian aku beri nama sbb:

sq

Frasa ‘SQ Methode’ atau ‘Metode SQ’ itu nama, bukan singkatan. Namun, karekteristik Metode SQ ini dapat dijelaskan melalui beberapa idiom yang mirip singkatan SQ.

Pertama, SQ itu adalah sifat dari metode ini. Yaitu Sahlul Qiro’ah (SQ). Sahlu artinya mudah, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Jadi, Sahlul Qiro’ah itu berarti mudah dalam membacanya. Bentuk kemudahan dari metode ini, kamu tidak harus menghafal kaidah/teori ilmu tajwid karena ilmu tajwid sudah digantikan dengan Standard Operating Prosedur (SOP). SOP didapatkan dengan mengunci simbol-simbol dengan teknik ketukan dan diperjelas lagi dengan prosedur mengetuk secara pasti dan jelas. Hal ini membawa pesan kepadamu, bahwa belajar alqur’an itu sebenarnya mudah, tidak sulit. Metode ini dirancang dengan tahapan-tahapan teori yang mudah difahami. Untuk mendukung penguasaan teori, disuguhkan contoh yang cukup banyak dan variatif.

Kedua, SQ itu menunjukan cara pengajarannya. Yaitu melalui Shilah Qiro’ah (SQ). Shilah artinya penghubung, sedangkan Qiro’ah artinya bacaan. Shilah Qiro’ah ini berbentuk kumpulan rumus yang tersusun menjadi 6 tingkatan rumus atau 6 kunci bacaan secara hierarki, masing-masing tingkatan rumus berhubungan dengan tingkatan rumus selanjutnya. Tidak banyak, hanya 6 rumus hierarkis yang sangat mudah difahami. Shilah Qiroah ini sebenarnya adalah simulator untuk mempelajari simbol, harga ketukan dan teknik mengetuknya. Dalam simulator ini, kamu sebenarnya hanya belajar simulasi ketukan tanwin, sukun dan tasydid. Simpel banget.

Untuk memudahkan memori otak menangkap dan mengingat Shilah Qiro’ah ini, disiapkan Senandung Qiro’ah (SQ) yang imut dan menggemaskan. Iramanya yang tergolong ‘mars dan haroki’ menyokong semangat tersendiri bagi yang mempelajarinya. Iiiih…. !!

Selain Senandung Qiro’ah, Shilah Qiro’ah ini didoktrinasikan dengan Sistem (Q)Ketukan (SQ), sehingga bacaannya terkunci, terukur dan terstruktur. Sistem (Q)Ketuk ini sangat penting dan berperan untuk membentuk pondasi bacaan tartil. Ibarat sedang mengikuti baris-berbaris, cara anda berjalan diatur sedemikian rupa sehingga tidak asal jalan. Seperti baris-berbaris yang enak ditonton, Sistem (Q)Ketuk dalam metode ini menata bacaan sehingga menjadi indah didengarkan. Amazing !

Ketiga, SQ itu adalah goal yang ditargetkan metode ini. Yaitu Standar Qur’an (SQ) dan Standar Qiro’ah (SQ). Standar Qur’an yang dimaksud di sini adalah alqur’an rasmul utsmani yang diterbitkan penerbit timur tengah. Jadi, metode ini memang dirancang supaya anda dapat membaca alqur’an rasmul utsmani. Standar Qiro’ah yang dimaksud di sini adalah bacaan standar yaitu tartil. Metode ini menuntun anda menguasai patokan baku sehingga output bacaannya tartil, terukur, terstruktur. Bimbingan bacaan tartil diberikan dengan teknik SOP tartil, yaitu dengan mempelajari simbol, harga ketukan dan cara/teknik mengetuknya.

Di buku inilah palajaran tentang SOP tartil diajarkan secara teknis. Harga sebuah simbol ditentukan ketukannya secara pasti, dan ditentukan cara mengetuknya. Bisa menjadi SOP, karena harga sebuh simbol itu sudah jelas dan cara mengetuknya pun sudah jelas dan pasti. Inilah harga simbolnya:

harga simbol

Bila kamu belajar SOP tartil ini, kamu akan dikenalkan dengan simulator ketukan (harga ketukan dan cara mengetuknya) secara detil. Inilah simulatornya:

update shilah qiroah

Langkahnya dituntun satu demi satu sehingga dapat diperoleh manual ketukan seperti ini:

manual ketukan manual ketukan1

 

APA ITU SOP TARTIL  ?

SOP Tartil Metode SQ adalah studi tartil dengan cara mengetuk simbol sebagai aplikasi dari hukum-hukum tajwid. Suatu simbol memiliki hak ketukan tertentu. Kemudian ditentukan cara mengetuknya. Kemudian menjadi SOP karena sudah sangat jelas harga tiap simbol dan kepastian cara mengetuknya. Outpun dari aplikasi SOP ini akan menghasilkan bacaan yang otomatis sesuai hukum tajwid, TARTIL. Sekalipun anda tidak tahu nama hukum tajwidnya.

Gambaran tentang bimbingan mengetuk simbol yang akan anda pelajari nanti adalah sebagai berikut:

Simbol bernilai 1 ketukan dan SOP pengetukannya

  k1 gabung

Simbol bernilai 2 ketukan dan SOP pengetukannya

k2-tanwin dan tasydid

Simbol bernilai 3 ketukan dan SOP pengetukannya

k3-gabung

Simbol bernilai 4 ketukan dan SOP pengetukannya

k4 gabung

Simbol bernilai 5 ketukan dan SOP pengetukannya

k5 gabung

 

Bergabung dalam bimbingan teknis ini akan menjadi pengalaman menarik tersendiri bagi anda. Tartil, tanpa ribed menghafal teori ilmu tajwid.

 

Untuk menjembatani keinginan kamu yang ingin belajar SOP tartil ini, aku adain pelatihan-pelatihan SOP Tartil di beberapa tempat. Di Gedung Ayam Bulungan (sudah 13 angkatan), di Sanggar Quran Asysyifa Cipulir (sudah 5 angkatan), di Gerai Tartilic Pasar Modern Pamulang, dan di markaz MTQ Bina Alquran.

 

 

Berikut ini adalah arsip foto kegiatan bimtek SOP Tartil di Bulungan.

Bimtek SQ 9 Blok M

Bimtek SQ 9 Bl0k Msq8a

 

GOAL yang akan dicapai melalui bimbingan teknis SOP Tartil ini, akan terlihat sebagaimana ilustrasi berikut ini:

langkah tegap

Gambar ilustrasi bacaan yang tartil sebagaimana langkah baris berbaris yang teratur, indah dan enak dipandang

Sebagaimana jalan baris berbaris yang enak dipandang, bacaan anda akan diatur sedemikian rupa dengan SOP teknik ketukan, sehingga akan indah untuk didengarkan. Membaca alquran jadi menyenangkan dan tidak cepat bosan.

Karena bacaan sudah distandarkan, maka 100 orang yang membaca bersama akan menghasilkan satu bacaan terukur sama dan standard. Bagus bukan ?

 

Lihat Testimoni mereka yang sudah duluan mencoba SOP Tartil ini

tesqmoni

Kamu mau coba ? Call aku ya… ?! Ini nomor WA-ku   083 807 347 267 (SUPRIYONO)

Tartilic, Solusi Percaya Diri Anda

15 Sep

Ada kesan, bahwa ngaji itu ga penting. Ngga ngaruh ke karier.  Ngaji itu itu buang-buang waktu. Orang yang ngaji itu orang yang ga punya kerjaan. Ortodoks, ketinggalan jaman.

Anda sependapat ?

supriyono

Your Tartil Consultant

Aku tidak sependapat !!

Karena selalu ada orang seperti anda. Anda orang penting, punya tugas khusus dan istimewa, semua kegiatan terjadwal. Sedikit saja jadwal molor, akibatnya bisa sangat fatal dan mengakibatkan grand design misi/karier anda gagal. Betapa tersiksanya hati, karena sebenarnya anda ingin bisa ngaji, tapi semua tawaran program ngaji di luar sana sangat tidak cocok dengan opsi waktu anda. Jadi keinginan ngaji belum terealisasi.

Aku tahu betul, anda paham tentang investasi akhirat. Karena untuk masuk surga harus ada tiket yang harus didapatkan dengan investasi akhirat. Ngaji adalah salah satu upaya untuk meraih tiket itu.

Aku pun tahu betul, anda sangat supel dan suka bergaul. Namun, belajar secara pribadi lebih menjadi pilihan, karena bisa lebih fokus dan efisien waktunya. Bisa konsultasi apa pun juga tanpa harus risih dengan teman sebelah.

Aku juga paham banget diri anda. Anda pasti akan pensiun.  Harapan ketika purna bhakti, anda akan punya waktu lebih banyak untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Pribadi sekaliber anda, haruslah menjadi leader juga di masyarakat. Anda pasti ingin bisa tampil menjadi imam shalat dan mampu memanjatkan doa untuk jamaah kelak. Minimal dapat menjadi rujukan bagi keluarga besar tercinta.

Sobat bina alquran, mungkin aku bisa memasuki relung waktu anda. Konsultasikan cita-cita ngaji anda padaku. Semoga aku bisa bantu realisasikan cita-cita ngaji anda. Karena aku memahami anda.

Logo TARTILIC - transparant background

Karena aku memahami keinginanmu

Inilah cara TARTILIC  membantu  anda:

  1. Anda bisa mulai belajar ngaji dari nol sekalipun. Aku punya solusi jitu untuk mengantarkan anda cepet bisa ngaji. Bimbinganku sangat teknis, sangat detil, insya Allah anda mudah memahami sepaham-pahamnya. Bila anda seorang muallaf, jangan takut, aku akan bantu anda dengan cara tercepat lancar tartil baca alquran,

  2. Bila anda sudah bisa ngaji, tapi masih gradal grudul bacanya, belum lancar, jadikan aku sebagai dokter tartilmu. Aku dampingi anda dan bantu menghilangkan hal menjenuhkan itu.

  3. Bila anda belum tahu apa itu tartil, sudah lancar baca, tapi ko’ ngga enak di dengar, aku bantu anda mentartilkan bacaanmu, sehingga anda dapat mengikuti bacaan para imam masjid nabawi.

Logo TARTILIC - transparant background

Karena aku memahami keinginanmu

 TARTILIC mempunyai resep unik spesial buat anda:

  1. Belajarnya dengan Metode SQ, ini hasil riset baru, temuan sendiri.

  2. Metode SQ memungkinkan anda belajar secara cepat, mudah, terstruktur tartil.

  3. Panduan tartil langsung dipahamkan sejak awal. Pendekatan belajar melalui 6 kunci/rumus SQ, diramu dengan cara yang cukup mudah diaplikasikan. Rumus tersebut digerakkan dengan Standar Operating Prosedur (SOP) Manual Tartil sehingga memandu bacaan anda menjadi tertib, terstruktur, tartil sejak awal belajar. Dengan SOP manual tartil tersebut, anda ngga perlu lagi menghafal teori nama-nama hukum tajwid.

  4. Metode SQ mengarahkan anda untuk dapat membaca alquran internasional yang diterbitkan penerbit luar negeri (alquran rasm utsmani), disamping anda juga akan semakin mudah memahami alquran versi Indonesia.

Logo TARTILIC - transparant background

Karena aku memahami keinginanmu

 TARTILIC akan mengubah diri  anda:

  1. Anda makin PD ketika berkomunitas, tanpa harus takut ditunjuk menjadi imam ketika shalat berjamaah. Anda pun tidak harus mojok di shaf paling belakang ketika ke masjid.

  2. Anda tidak perlu lagi mengakhirkan kehadiran anda di kenduren warga komplek, hanya karena takut disodori buku Yasin atau diminta membaca doa.

  3. Anda akan bangga menjadi kepala keluarga yang mampu membimbing anggota keluarga belajar ngaji.

  4. Anda akan makin percaya diri menjadi profesional penting, sukses dan berilmu alquran.

  5. Bila anda seorang leader, anda akan percaya diri disekitar staf dan anda akan lebih mampu memotivasi staf anda untuk menjadi seperti anda.

Sobat, coba turuti apa kata hatimu itu

Anda ingin bisa ngaji kaaan ?

daan…

Jangan segen hubungi aku ya ?

klik untuk baca dataku

Your Tartil Consultant

Abi Supriyono

Maaf, bila anda harus menunggu kesempatan layanan Tartilic.