Membuat ‘file gambar’ teks hadits dengan komputer

5 Oct

Saudaraku…

Untuk membuat teks hadits atau tulisan arab lainnya, anda masih membutuhkan satu aplikasi tambahan. Untuk hasil tampilan yang bagus, saya memilih aplikasi NonoSoft Khot V2.1.  Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, anda bisa membelinya melalui internet. Bukan promosi lho… semata-mata hanya ingin menyebarkan kebaikan.  Saya sendiri merasa sangat terbantu dengan aplikasi itu.

Saudaraku…

Berbeda dengan tulisan ayat Alqur’an, yang untuk mendapatkannya, anda tinggal klik… klik.. klik…   Untuk teks arab selain Alqur’an, anda harus mengetik sendiri dengan teliti. Bagi yang baru berinteraksi dengan huruf arab, hal ini akan sedikit menyulitkan dan menyita waktu cukup lama.

Namun… saya tetap ingin berbagi pengalaman, dengan anda yang ingin sungguh-sungguh dapat menulis teks arab sendiri. Berikut ini adalah urutan membuat ‘file gambar’ teks arab (untuk menulis hadits dan lainnya), dari proses penulisan awal hingga menjadi ‘file gambar’.

Pertama, untuk menulis teks arab, saya harus membuka aplikasi NonoSoft Khot V2.1. yang telah terinstall di komputer. Wajah layar untuk mengetik arab di aplikasi adalah seperti ini:

Saudaraku…

Untuk sekedar contoh, saya menuliskan teks salam sebagaimana tampilan berikut:

Setelah tulisan salam terbentuk, anda bisa memilih, mau langsung menjadikan tampilan layar di atas menjadi file gambar ? Atau mau menambahkannya dengan teks bahasa Indonesia ?

Bila anda mau langsung  menjadikan tampilan layar di atas menjadi file gambar, maka anda tinggal ‘Print Screen’ untuk kemudian di paste di Microsoft Paint. Selanjutnya, anda tinggal menjadikannya menjadi file .JPG sebagaimana proses membuat ‘file gambar’ teks ayat Alqur’an dengan komputer.

Saudaraku…

Teks arab yang tertulis di aplikasi NonoSoft Khot V2.1 bisa dicopy paste ke Microsoft word, dengan hasil tulisan yang sama persis. Dengan demikian, anda dapat menulis terjemahan teks hadits, sehingga pembaca akan lebih memahami maksud teks arab yang anda tulis.

Saudaraku…

Dengan mempraktekkan langkah tersebut di atas, anda dapat memiliki ‘file gambar’ teks arab dengan nama salam.JPG sebagai mana berikut:

Tampilan file salam.JPG di atas berlatar belakang buram, karena gambar tersebut langsung di-print screen dari aplikasi NonoSoft Khot V2.1 yang memang berlatar buram.  Anda akan melihat contoh tampilan file tersebut di salah satu laman blog ini.

Bila anda menginginkan teks tersebut berlatar belakang putih, anda dapat mengambil print screen dari tampilan layar Microsoft Word dari komputer anda. Tentunya… sebelumnya anda harus meng-copy paste tulisan yang anda tulis di aplikasi NonoSoft Khot V2.1  ke dalam Microsoft Word. Inilah bedanya, bila diambil dari tampilan layar Microsoft Word:

Naaah….

Kalau saya bisa, kenapa anda tidak ?  Yu’… kita coba terus ! Percantik blog anda dengan tampilan gambar teks arab !! Mari hiasi wajah internet dunia dengan tampilan teks arab sebanyak mungkin ! Asyik juga lho !!

Tapi… jangan lupa untuk beriman sesaat, sempatkan waktu untuk belajar Alqur’an !!

Selamat mencoba !!

 

 

 

 

About these ads

4 Responses to “Membuat ‘file gambar’ teks hadits dengan komputer”

  1. Mahmud 04/06/2011 at 3:37 pm #

    شكرا. جزاك الله احسن الجزاء . Blog ini sangat bermanfaat bagi kami dan hampir setiap hari kami mengunjungi blog ini terutama di halaman تجويد وغرائب القرآن.

  2. binaalquran 04/07/2011 at 12:26 am #

    Alhamdulillah. Terima kasih atas kunjungan anda.

  3. Abdullah Umiy 07/26/2012 at 9:36 pm #

    Trims penjelasanya sangat bermanfaat.
    tambahan bagi ikhwan sekalian, skrg ada software free tidak berbayar “Arabic Pad” yang dapt di donlot gratis, silakan do googling.

    Arabic pad dapat menulis kan huruf arab menggunakan keyboard biasa dengan menggunakan huruf keyboard alpabhet. Misalnya Bismillah…… ( cukup diketik “bsmallh”……) maka tinggal dilengkapi harakat nya. silakan coba..

    salam,

  4. binaalquran 07/27/2012 at 2:35 am #

    Baarokallohu Fikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: